Cari Kail Pancing?? Ketahui Cara Memilih Ukuran Nomor Mata Kail

kail pancing

Kail pancing - Setiap pemancing pasti tahu piranti mancing satu ini?? Dalam dunia memancing, kail pancing memang sangat penting fungsinya. Salah memilih alat pancing satu ini tentu akan menyulitkan kita saat memancing.

Saat memilih kail pancing juga tidak boleh sembarangan. Tiap mata kail tentu mempunyai jenis serta ukuran yang berbeda dan tentunya mempunyai fungsi yang berbeda pula.

Misalnya, kail untuk memancing ikan patin tentu berbeda dengan kail pancing ikan weder bukan? Dan tentu saja tak mungkin kita menggunakan kail patin untuk mancing ikan wader bukan?

Itulah salah satu fungsi pentingnya kita mengetahui jenis serta ukuran kail pancing. Dengan mengetahui ukuran / nomor kail pancing tentu akan mempermudah anda untuk menentukan ukuran kail yang pas untuk memancing.

Baiklah kita bahas lebih lengkap ya sob!


Metode Penomoran Mata Kail Pancing


ukuran kail pancing

Dalam melakukan penomoran mata kail harus didasarkan pada lebar serta diameter kail pancing. Ukuran 0 dan 1 adalah ukuran terbesar pada penomoran mata kail. Jadi intinya semakin besar ukurannya maka semakin kecil penomorannya.

Baca Juga : 10 Reel Pancing Mini Berkualitas yang WAJIB!! Anda Koleksi

Dibawah ini Metode Penomoran Kail Pancing

Nomor Kail Celah (mm) Diameter (mm)
12 9.5 1
11 10 1
10 11 1
9 12.5 1.5
8 14 1.5
7 15 2
6 16 2
5 18 2.5
4 20 3
3 23 3
2 26.5 3.5
1 31 4
1/0 35 4



Cara Memilih Nomor Ukuran Kail Pancing dengan Ikan Target


kail pancing

Dalam memancing memang kita diharuskan menguasi teknik - tekniknya, dimana kita harus jago untuk menaklukan ikan. Tapi tidak hanya sampai disitu sob!!

Kita juga diharuskan menguasai teknik dasar lainnya seperti membuat umpan jitu, memilih spot potensial atau mempertimbangkan cuaca yang tepat saat akan memancing.

Baca Juga : √ 30+ Daftar Harga Reel Pancing Ryobi Murah Terbaru

Dan yang paling sederhana adalah memilih kail pancing yang tepat untuk ikan target.

Coba bayangkan bila anda memancing menggunakan kail yang ukurannya sangat kecil, tentu tidak akan efektif menancap pada ikan target bukan?

Memang tidak ada teori yang mengharuskan menggunakan ukuran mata kail tertentu untuk jenis ikan buruan. Namun dengan mempertimbangkan ukuran kail pancing (fishing hook) setidaknya akan memperkecil potensi ikan mocel dari kail. Entah itu karena patah (kail kekecilan atau bahkan terlalu besar).

Berikut contoh Tips memilih Mata Kail untuk Memancing :

  1. Ikan Mas, Sebaiknya gunakan kail pancing ukuran 6/0 atau 7/0 untuk memancing ikan mas pada Kolam Harian.  Namun bila anda sedang mengikuti lomba Galatama dapat menggunakan mata kail ukuran 8/0, hal ini dikarenakan ikan yang ada pada Kolam Galatama pasti lebih besar dibandingkan Kolam Harian.
  2. Ikan Bawal, Sebaiknya gunakan kail pancing ukuran 4/0 hingga 6/0 saja. Ukuran mulut ikan bawal tergolong cukup kecil, namun perlu diperhatikan bahwa ikan ini mempunyai gigi yang kuat serta tenaga yang besar. Untuk itu sebaiknya gunakan mata kail berbahan Stainlles Steel dengan kawat nekelin.
  3. Ikan Patin, Sebaiknya gunakan kail pancing ukuran 5/0 6/0 atau 7/0. Namun perlu di ingat dalam memilih ukuran mata kail patin tetap harus disesuaikan dengan ukuran ikan. Semakin besar ikan patin berarti anda diharuskan menggukan mata kail dengan nomor yang lebih kecil.
  4. Ikan Nilem, Sebaiknya gunakan kail pancing ukuran 3/0 atau 4/0 saja. Ukuran tersebut paling cocok untuk ikan nilem yang mempunyai mulut cukup kecil.
  5. Ikan Nila / Mujair, Sebaiknya gunakan kail pancing ukuran 3/0 4/0 atau 5/0. Mengingat ikan nila rata rata hanya sebesar telapak tangan orang dewasa.
  6. Ikan Wader, Tentu anda tahu seberapa ukuran ikan wader, ukuran ikan wader sangatlah kecil untuk itu sebainya gunakan mata kail ukuran 0.05 mm hingga 0.08 mm.
  7. Ikan Gabus, Sebaiknya gunakan mata kail ukuran 6/0 hingga nomor terbesar 12/0. Meski ukuran ikan gabus tidak lebih besar dari patin, namun perlu anda ketahui mulut ikan gabus cukup besar.

Catatan :

Teori diatas memang tidak diwajibkan, pasalnya dengan menggunakan kail pancing yang besar tentu potensi mendapatkan ikan kecil lebih susah.

Ada pula teori yang menyimpulkan bahwa untuk menentukan ukuran mata kail adalah nomor separu dari mulut ikan target.


Macam - Macam Kail Pancing Untuk Memancing

macam macam kail pancing

Saat ini banyak sekali jenis kail pancing yang dapat kita gunakan dan tentunya punya fungsi yang berbeda beda. Dibawah ini macam macam jenis kail pancing dan fungsinya.


1. Siwash Hooks

Mata kail yang memiliki bentuk shank dan mata yang panjang. Jenis ini tidak ada yang istimewa karena memang bentuknya standard saja.

 2. Bait hooks

Kail satu ini memiliki duri pada badannya dan biasanya ada 2 duri yang menempel. Duri tersebut difungsikan agar ikan tidak mudah terlepas karena adanya duri itu.

3. Aberdeen Hooks

Kail pancing ini memiliki shanknya yang cukup panjang dan ini memang ciri utamanya. Kail tersebut biasa digunakan untuk teknik mancing ngocer menggunakan umpan alami.

4. Circle Hooks

Bentuk kail satu ini memang terbilang aneh, namun keistimewaannya saat ikan terdeteksi makan umpan kita tidak perlu menghentakan joran, cukup dengan meneggangkan kenur kail dapat menancap sempurna pada mulut ikan.

5. Octopus Hooks

Mata kail yang mempunyai shanknya pendek dengan gap yang lebar. Itulah ciri khas dari mata kail yang sering digunakan untuk teknik mancing ngocer pakai umpan hidup.

6. Drop-shot hooks

Kail pancing yang didesain untuk menggunakan ikatan palomar, bentuk gapnya yang melebar membuat kail satu ini lebih mudah untuk memasang umpan umpan besar.

7. Worm Hook

Bila diperhatikan kail pancing satu ini sangatlah unik, dimana antara mata kail dengan tempat untuk mengikat kail berada pada satu garis lurus. Dengan desain seperti ini kail worm hook tidak akan mudah tersangkut dan sangat cocok untuk memancing di tempat yang banyak pohon tumbang. Biasanya kail seperti ini sering digunakan dengan umpan tiruan.

8. Jig Hooks

Mata kail yang didesain khusus untuk digunakan dengan jig moulds. Kail pancing satu ini umumnya digunakan untuk lure mancing teknik casting.

9. Topwater Jerkbait Hooks

Kail pancing satu ini serupa dengan worm hooks, namun jarak gapnya lebih lebar. Kail ini juga digunakan sebagai kail umpan tiruan / plastik.

10. Weedles hooks

Sama seperti jenis hooks lainnya, kail pancing satu ini juga sering kali digunakan untuk memancing dengan umpan tiruan.

11. Keeper hooks

Kail satu ini juga sering digunakan sebagai kail umpan buatan / tiruan dan hampir mirip debgan mata kail weedles hooks.

13. Double hook

Kail pancing satu ini mempunyai dua mata kail dan umumnya dipasang pada lure (umpan buatan). Misalnya soft frog yang biasa digunakan untuk mancing ikan gabus.

14. Treble Hooks

Kail satu ini tergolong mudah dikenali dari bentuknya. Adanya 3 mata kail akan memperbesar potensi ikan menancap pada kail. Namun jenis ini juga punya kekurangan tersendiri, adanya 3 mata kail akan membuat ikan curiga karena bentuk umpan tidak alami. Selain itu kail pancing ini juga gampang tersangkut.

15. Dressed / Feathered Trebles

Jenis ini merupakan kombinasi dari treble hook dengan tambahan bulu bulu halus atau benang yang bergungsi untuk mengelabuhi ikan. Saat digunakan, bulu tersebut akan bergerak memutar sehingga akan menarik perhatian ikan.

Itulah beberapa jenis, ukuran serta fungsi dari kail pancing yang perlu anda ketahui. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat. Salam Joran Melengkung.