Apa Itu Kode CVV/CVC Kartu Kredit/Debit Mandiri? Dimana Letaknya

kode cvv cvc kartu kredit mandiri
" Apa itu nomor CVV / CVC pada Kartu ATM Mandiri? Apa Fungsi kode CVV / CVC Mandiri? Dimana Letak nomor CVV / CVC Kartu Kredit / Debit Mandiri? Yuks, Simak penjelasan Lengkapnya!! "

Kode CVV / CVC Mandiri - Mau Melakukan pembayaran (transaksi online), namun anda diminta memasukan kode CVV / CVC? Tapi bingung? Apa itu Kode CVV? Dimana sih, Letak Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit / Debit Mandiri?

Tenang Sob, Kali ini JejakSemut akan membahas Tentang Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit / Debit Mandiri. Jadi Jangan sampai kamu membatalkan transaksi hanya karena tidak tahu Apa dan Dimana Letak Kode CVV / CVC Ya!!



Baca Juga :

Berapa Biaya & Limit Kartu Kredit BCA Visa Batman? Cek Disini
Berapa Limit transfer Mandiri Online ke Bank lain? Cek Disini
Berapa Limit Transfer Mandiri Syariah (BSM)? Cek Disini!!


Apa Itu Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit / Debit Mandiri?

Kode CVV / CVC Mandiri adalah 3 digit terakhir pada bagian belakang kartu kredit / debit. Tiga digit angka tersebut merupakan nomor otoritasi manual untuk transaksi online. Antara Nomor CVV dan CVC sebenarnya tidak berbeda, yang membedakan hanya jenis kartunya saja. Dimana Kode CVC digunakan oleh Master Card sedangkan CVV dipakai oleh Visa.

Dimana Letak Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit / Debit Mandiri?

Setiap jenis Kartu Kredit dilengkapi dengan 3 atau 4 kode angka rahasia, yang dikenal dengan sebutan CVV atau CVC. Misalnya MasterCard dan Visa menggunakan 3 kode angka, sedangkan American Express jumlah kode CVV pada kartu kreditnya sebanyak 4 angka.

Biasanya Kode CVV / CVC terletak pada bagian belakang Kartu Kredit atau Debit (ATM). Tapatnya pada bagian Signature Panel atau disebelah tempat tanda tangan. Kode tersebut berupa 3 atau 4 digit angka. Di Indonesia sendiri, Kebanyakan menggunakan Jaringan Master Card atau Visa, jadi ada 3 kode angka pada Kartu Kredit / Debit anda. Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar dibawah!!

1. Kartu Kredit / Debit Mandiri Sisi Depan

kode cvv cvc kartu kredit mandiri
Pada bagian depan Kartu Kredit / Kartu Debit Mandiri, ada beberapa informasi yang tertera, seperti :

  • Logo Bank Penerbit Pada bagian samping kiri terdapat logo bank (bank penerbit).
  • Nomor Kartu (Card Number) Pada bagian depan tertera nomor kartu kartu yang terdiri dari 16 digit nomor, baik itu Kartu Debit maupun Kartu Kredit.
  • Kelas Kartu Sesuai kebijakan Bank Mandiri, ada beberapa jenis kartu yang diberikan sebagai fasilitas buat nasabahnya. Misalnya Kartu Silver, Kartu Gold dan Kartu Platinum.
  • Chip Tidak hanya Credit Card, Kartu Debit Mandiri juga memiliki Chip pada bagian depan. Chip ini berfungsi sebagai penyimpan data nasabah yang nantinya dibaca pada mesin ATM atau mesin EDC.
  • Expired Date (Tanggal Kardaluarsa) Baik itu Kartu Debit atau Credit Card Mandiri sama - sama memiliki Tanggal Kadaluarsa Loh!! Tanggal tersebut tertera dibawah nomor kartu.
  • Nama Pemilik Kartu  (Card Owner Name) Sebagai bukti kepemilikan Kartu yang sah, pada bagian depan tertulis nama pemilik kartu.
  • Card Network Name (Jenis kartu) Di Indonesia ada 2 jenis jaringan kartu yang digunakan, begitu pula dengan Bank Mandiri, yakni Master Card dan Visa.


2. Kartu Kredit / Debit Mandiri Sisi Belakang

kode cvv cvc kartu kredit mandiri


Ada beberapa informasi yang ada pada Kartu Kredit / Kartu Debit CIMB Niaga pada bagian belakang, diantaranya :

  • Magnetic Stripe Bagian ini berfungsi untuk menyimpan data dan akan terbaca bila digesek saat pembayaran.
  • Signature Panel Bagian ini disediakan untuk tempat tanda tangan sebagai tanda pemilik yang sah. Kolom ini biasanya berwarna putih memanjang.
  • Kode CVV / CVC kode ini berupa 3 angka khusus yang letaknya tepat disamping tempat tanda tangan. Kode CVV / CVC digunakan untuk verifikasi pembayaran saat transaksi online.
  • Logo Bank Penerbit Berada di pojok kiri bawah dengan gambar Logo Bank penerbit Kartu.


Apa Kelebihan / Keunggulan Kartu Kredit Mandiri?

Guna meningkatkan layanannya, Bank Mandiri juga memberikan fasilitas berupa Kartu Kredit. Ada banyak jenis Kartu Kredit Mandiri yang bisa anda pilih, diantaranya  Visa, Mastercard, Gold, Platinum, Syariah, Golf, Corporate, Hypermart, Fengshui, Skyz, Everyday, Silver, Distribution Card,  dan IBI.

Dengan Kartu Kredit Mandiri, anda dapat melakukan berbagai transaksi. Selain itu masih banyak manfaat yang menjadi kelebihan / keunggulan Kartu Debit / Kredit Mandiri. Apa saja Itu?

  1. Dapatkan promo menarik dari merchant yang telah bekerja sama dengan Bank Mandiri. Kamu juga akan memperoleh promo dan diskon sesuai dengan program.
  2. Bungan yang diberikan pada semua kelas kartu kredit sama, yakni 2,25 %. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan nasabah pengguna Credit Card.
  3. Nikamti gratis iuran tahunan selama 3 tahun pertama, kecuali Mandiri Visa IBI dan Mandiri Visa Golf Gold.
  4. Nikmati pinjaman dana tunai buat kamu pengguna Kartu Kredit Mandiri. Pinjaman tersebut dapat anda cicil hingga 24 bulan. Dengan bunga sebesar 0,9% dan biaya admin maksimal 2,25% atau minimal Rp100.000 hingga Rp175.000.
  5. Nikmati fasilitas tarik tunai Kartu Kredit Mandiri hingga 60 %. Dimana kebanyakan bank hanya memiliki limit tarik tunai kartu kredit dibawah 50 % bahkan 40 % saja. Tarik tunai akan dikenai biaya sebesar 4% dan bunga sebesar 2,95% per bulannya. Selain itu anda juga dapat mencicilnya tiap bulannya.