Yuks! Mengenal Kode CVV / CVC Kartu Kredit & Debit CIMB Niaga

letak kode cvv cvc cimb niaga
" Apa Itu Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit / Kartu Debit CIMB Niaga? Dimana Letak Kode CVC / CVC pada Kartu Kredit / Kartu Debit CIMB Niaga? Apa Fungsi Kode CVC / CVV? "

Kode CVC / CVV CIMB Niaga - Belanja memang kegiatan yang sangat mengasikan, membeli barang / produk yang diinginkan tentu sangat memuaskan. Terlebih lagi, saat ini belanja dapat dilakukan dengan mudah secara online tanpa harus mengunjungi gerai atau toko tertentu.

Hanya melalui online, kamu dapat belanja sesuka hati. Salah satu layanan Bank CIMB Niaga yang akan mempermudah pembayaran adalah Kartu Kredit dan Kartu Debit (ATM). Namun untuk memverifikasi pembayaran diperlukan Nomor / Kode CVV / CVC.

Baca Juga :

Mengenal 16 Jenis Kartu Kredit CIMB Niaga |Credit Card
Berapa Limit Transfer CIMB Niaga X-Tra? Yuks, Cek Disini!!
Berapa Limit Transfer CIMB Niaga TabunganKu? Cek Disini!!


Apa Itu Kode CVC & CVV Kartu Kredit dan Debit CIMB Niaga?

Kode CVV merupakan kependekan dari  Card Verification Value, sedangkan Kode CVC adalah singkatan dari Card Verification Code. Kode CVV dan CVC terdapat dibelakang Kartu Kredit atau Kartu Debit  dengan 3 digit angka dan biasanya ada disebelah tempat tanda tangan.

Antara Kode CVV dan CVC sebenarnya tidak ada perbedaan, hanya saja CVV digunakan oleh Master Card dan CVC dipakai oleh Visa.

Apa Fungsi Kode CVV / CVC Kartu Debit dan Kartu Kredit CIMB Niaga? 

Sebenarnya fungsi utama Nomor CVV / CVC adalah sebagai fitur proteksi (keamanan) Kartu Debit / Kartu Kredit saat Transaksi Online. Saat melakukan pembayaran, anda akan diminta menyertakan Kode CVV / CVC untuk verifikasi.

Tanpa menyertakan Kode CVV / CVC transaksi anda tidak dapat dilanjutkan, bahkan Kartu Kredit akan Otomatis diblokir bila kamu salah memasukan Kode CVV / CVC.

Dimana Letak Kode CVV / CVC pada Kartu Debit dan Kartu  Kredit CIMB Niaga? 

Pada umumnya, Kartu Kredit dan Kartu Debit memiliki ciri ciri yang serupa. Yakni memiliki dua sisi, yaitu sisi Depan dan sisi Belakang. Pada setiap sisi terdapat informasi mengenai Kartu Kredit atau Debit, Apa saja informasi yang ada pada Kartu Kredit dan Kartu Debit CIMB Niaga?

1. Kartu Kredit / Debit CIMB Niaga Sisi Depan

letak kode cvv cvc cimb niaga

Ada beberapa informasi yang ada pada Kartu Kredit / Kartu Debit CIMB Niaga pada sisi depan, diantaranya :

  • Logo Bank (Bank Penerbit) Logo Bank ada pada bagian kana atas berupa logo dan nama Bank penerbit Kartu.
  • Card Number (Nomor Kartu) Antara Kartu Kredit dan Kartu Debit sama - sama memiliki nomor Kartu. Hanya saja Kartu Debit CIMB Niaga terdiri dari 13 digit nomor, sedangkan Kartu Kredit CIMB Niaga terdiri dari 16 digit nomor. Nomor tersebut digunakan untuk transaksi dan registrasi tertentu.
  • Jenis Kartu Sebagai penyedia Layanan, Bank CIMB Niaga berhak mengeluarkan berbagai jenis Kartu Kredit sesuai kebijakan, misalnya Reguler, Gold dan Platinum, ada pula Kartu Limited (Spesial).
  • Chip Sama dengan Kartu Debit, Kartu Kredit juga memiliki Chip pada bagian depan. Chip berfungai untuk menyimpan data yang nantinya dibaca mesin EDC atau ATM saat transaksi non tunai.
  • Valid Data (Tanggal Kardaluarsa) Tidak hanya makanan, Kartu Kredit dan Debit juga memiliki Tanggal Kadaluarsa. Masa berlaku tersebut tertulis di Kartu bagian Dapan. 
  • Card Holder Name (Pemegang Kartu Kredit) Tiap Kartu Kredit atau Kartu Debit tertera nama sebagai pemegang kartu yang sah.
  • Card Network Name (Jenis kartu) Ada dua jenis Jaringan Kartu yang biasa digunakan di Dunia, yakni Visa dan Master Card.


2. Kartu Kredit / Debit CIMB Niaga Sisi Belakang

letak kode cvv cvc cimb niaga

Ada beberapa informasi yang ada pada Kartu Kredit / Kartu Debit CIMB Niaga pada bagian belakang, diantaranya :

  • Magnetic Stripe Pada bagian belakang ada bagian hitam memanjang dari ujung ke ujung. Bagian ini menyimpan data dan akan terbaca bila digesek saat pembayaran.
  • Signature Panel Pada Magnetic Stripe ada kolom berwarna putih memnajang, kolom ini disediakan untuk tempat tanda tangan Pemilik Kartu.
  • 3 angka khusus (kode CVV / CVC) Kode ini merupakan Kode CVV / CVC, kode tersebut berfungsi untuk verifikasi pembayaran saat transaksi online. 
  • Logo Bank (Bank Penerbit) Logo Bank ada pada bagian kana atas berupa logo dan nama Bank penerbit Kartu.


Apa Kelebihan Kartu Kredit CIMB Niaga dibandingakan Kartu Kredit Bank lain?

Tiap jenis Kartu Kredit tentu memiliki Kelebihan dan Kekurangan masing masing. Apa saja Keunggulan Kartu Kredit CIMB Niaga?

  1. Gratis iuran tahunan selamanya, misalnya Kartu Kredit Master Card Platinum.
  2. Cepat mengumpulkan Point Reword
  3. Dapat mengajukan Kartu Kredit secara Online
  4. Pelayanan Custumer Service yang memuaskan
  5. Banyak Promo menarik yang ditawarkan.