Apa Itu Kode CVV / CVC2 pada Kartu Kredit & Debit BCA? Dimana Letaknya?

letak kode CVV & CVC kartu kredit BCA
" Apa itu Kode CVV / CVC2 pada Kartu Kredit BCA? Apa itu Kode CVV pada Kartu Debit BCA? Dimana Letak Kode tersebut? Apa pula Fungsinya? "

Kode CVV / CVC BCA - Untuk meningkatkan layanannya, PT Bank Central Asia atau lebih dikenal dengan BCA merilis produk terbarunya. Diantaranya Fasilitas berupa Kartu Kredit dan Kartu Debit BCA.

Setiap jenis Kartu Debit atau Kartu Kredit BCA tentu memiliki kelebihan tersendiri. Entah itu limit ataupun fasilitas yang diberikan. Diantara jenis Credit Card BCA, ada kode rahasia yang tercantum pada setiap kartu yang dikenal sebagai Kode CVV / CVC dan biasanya digunakan sebagai verifikasi transaksi Pembayaran.

Baca Juga :

Berapa Biaya & Limit Kartu Kredit BCA Visa Batman? Cek Disini
Berapa Limit Transfer BCA ke Bank Lain? Yuks, Cek Disini!!
Berapa Limit Transfer BCA Gold, Xpresi, Platinum, Silver?
Yuks!! Mengenal Kelebihan dan Kekurangan BCA TabunganKu


Apa Itu Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit dan Kartu Debit BCA?

Kode CVV adalah Card Verification Value dan Kode CVC adalah Card Verification Code. Keduanya terdapat pada bagian belakang Kartu Kredit dan biasanya berada ditempat tanda tangan dengan 3 digit angka.

Diantara keduanya sebenarnya tidak ada perbedaan yang mencolok, bedanya Kode CVV merupakan sebutan yang dipakai Master Card sedangkan CVC digunakan oleh Visa.

Pada tanggal 1 Januari 1997 Master Card memperkan fitur keamanan satu ini, baru pada tahun 2001 Visa menggunakan Kode CVV / CVC sebagai fungsi yang sama. Baru kemudian bulan Oktober 2003 penggunaan Kode CVV / CVC dijadikan Standar pembayaran Online (elektronik).

Apa Fungsi Kode CVV / CVC Kartu Debit dan Kartu Kredit BCA? 

Kode CVV digunakan sebagai fitur keamanan guna melindungi Kartu Debit atau Kartu Kredit dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dimana saat melakukan transaksi online, kamu akan diminta mencantumkan kode CVV / CVC sebagai verifikasi pembayaran.

Dengan mencantumkan Kode CVV / CVC, pihak Bank BCA akan lebih transaksi online anda. Jadi jangan kaget bila transaksi anda dibatalkan atau parahnya Kartu Kredit diblokir bila tidak menyertakan kode CVV / CVC.

Dimana Letak Kode CVV / CVC pada Kartu Debit dan Kartu  Kredit BCA? 

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Kode CVV / CVC merupakan tiga digit angka pada belakang Kartu Debit atau Kartu Kredit BCA. Biasanya terletak di samping tanda tangan pemilik Kartu.

Berikut ini, Contoh tampilan Kartu Kredit BCA bagian Depan dan Belakang :

1. Credit Card Tampak Depan

kartu kredit BCA tampak depan

Pada bagian depan, ada beberapa informasi yang tertera, misalnya :

  • Logo Bank (Penerbit Kartu)
  • Card Number (Nomor Kartu Kredit)
  • Valid Data (Tanggal Kardaluarsa Kartu Kredit)
  • Card Holder Name (Pemegang Kartu Kredit)
  • Credit Card Network Name / Jenis kartu (Visa atau Mastercard)


2. Credit Card Tampak Belakang

letak kode CVV & CVC kartu kredit BCA

Pada bagian belakang, ada beberapa informasi yang tertera, misalnya :

  • Nomor kartu (tampak belakang)
  • Signature (Tanda tangan Pemegang Kartu)
  • 3 angka khusus (kode CVV / CVC)
  • Logo Bank (Penerbit Kartu)


Apakah Aman Menyertakan Kode CVV / CVC saat Transaksi Online?

Sangat Aman. Kamu tidak perlu khawatir menyertakan tiga digit Kode CVC / CVV saat transaksi secara online. Justru dengan adanya verifikasi dengan Kode CVV / CVC, transaksi online akan lebih terjaga keamanannya. Karena setiap transaksi online wajib menyertakan kode CVV / CVC Kartu Kredit / Kartu Debit anda.