Inilah!! 4 Poin Utama Perbedaan Britama dan Simpedes BRI

perbedaan simpedes dan britama

Perbedaan BRI BritAma dan Simpedes - Dari sekian banyak produk Tabungan BRI, ada 2 produk tabungan yang paling banyak nasabahnya yakni Britama dan Simpedes. Diantara keduanya tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Tak heran bila banyak calon nasabah yang bingung menentukan pilihan.

Pilih Tabungan BRI Britama atau Simpedes?

Sebelum memilih jenis Tabungan sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda. Entah itu untuk tabungan saja atau digunakan untuk berbisnis. Mislnya saja Jualan Online, tentu anda diharuskan memiliki jenis tabungan dengan limit transaksi lebih besar bukan?

Baca Juga : Inilah!! 3 Jenis Tabungan Bank BRI yang Paling DiMinati

Pemilihan rekening akan menentukan jenis Kartu Debit / ATM apa yang kita dapat. Masing masing kartu ATM memiliki fitur dan limit transaksi yang berbeda. Biasanya Kartu trrsebut dibedakan dari warna dan jenisnya (Classic, Gold atau Premium).

Meski demikian kalian tidak perlu bingung, Bila anda sudah terlanjur membuat rekening Britama tetap bisa pindah ke Simpedes. Begitu pula sebaliknya, Bila anda telah membuat Rekening Simpedes tetap bisa pindah ke Britama.

Tapi, bila tidak ingin diribetkan dan bolak balik ke kantor cabang sebaiknya pilih salah satu sesuai kebutuhan. Untuk itu ketahuilah perbedaaan keduanya Ya!!

Perbedaan Tabungan Bank BRI BritAma dan Simpedes


Apa itu Tabungan Simpedes?

Simpedes memiliki kepanjangan Simpanan Pedesaan. Sesuai namanya, tabungan jenis ini ditujukan hanya untuk masyarakat pedesaan. Namun saat ini Tabungan Simpedes juga sudah ada di perkotaan.

Apa itu Tabungan Britama?

Dahulu sebelum berganti nama menjadi BritAma, produk ini bernama Simaskot. Simaskot merupakan kependekan dari Simpanan Masyarakat Perkotaan. Sama seperti Simpedes, nyatanya Britama juga ada di pedesaan.

4 Poin Utama Perbedaan Tabungan BRI Simpedes dan BritAma


Ada beberapa perbedaan antara Simpedes dengan BritAma yang mencakup kelebihan dan kekurangan keduanya. Dari beberapa perbedaan ada 4 Poin Penting yang paling jelas membedakan keduanya. Apa saja itu?

1. Setoran Awal Tabungan Simpedes dan BritAma

Perbedaan pertama yang paling jelas adalah jumlah minimal Setoran Awal saat membuka tabungan. Untuk Simpedes hanya diperlukan Rp. 100.000 saja, sedangkan Britama dengan Kartu ATM Classic senilai Rp. 250.000 dan Kartu ATM Gold senilai Rp. 10 Juta.

Sebenarnya saya juga bingung, kenapa harus ada perbedaan yang drastis padahal setoran awal sama sama masuk ke saldo tabungan. Tapi kembali lagi karena itulah syarat dan ketentuan dari pihak Bank.

2. Biaya Administrasi Bulanan Simpedes dan BritAma

Perbedaan kedua yang paling jelas adalah Biaya Administrasi. Untuk tanungan BRI Simpedes dikenai biaya administrasi bulanan sebesar Rp. 5.500, sedangkan BRI Britama membebankan biaya administrasi bulanan sebesar Rp. 12.000. Apa sih yang membuat keduanya memiliki biaya yang berbeda?

Wajar saja bila Bank BRI membebankan biaya bulanan karena fasilitas, fitur serta layanan yang sebanding. Adanya fasilitas seperti E Banking (Internet Banking, Mobile Banking, Mesin ATM dan SMS Banking) sehingga tidak perlu ribet saat bertransaksi.

3. Kartu ATM Simpedes dan Kartu ATM BritAma

Salah satu Keunggulan dari Keduanya adalah adanya fasilitas Kartu Debit / ATM. Dengan ATM bisa lebih mudah melakukakan transaksi kapanpun dimanapun. Jadi wajar bila kita dibebankan biaya ATM perbulannya, untuk Kartu ATM Britama Classic dibebani biaya bulanan sebesar Rp. 1.000 sedangkan Kartu Gold dibebani biaya Rp. 4.500. Namun untuk Tabungan Simpedes tidak membebankan biaya bulanan untuk Kartu ATM alias Gratis.

4. Limit Transaksi Kartu ATM Simpedes dan Britama
perbedaan simpedes dan britama

Seperti yang kita tahu Kartu ATM bisa digunakan untuk Tarik Tunai, Transfer, Pembelian, Pembayaran dan lain lain. Meski sebanyak apapun saldo anda tetap saja limit transaksi perhari dibatasi jumlahnya.

Tiap jenis Kartu Debit / ATM memiliki limit transaksi yang berbeda beda. Antara keduanya, limit transaksi Britama lebih besar dibandingkan Simpedes.  Jenis kartu ATM juga mempengaruhi tempat penggunaan, misalnya saja kartu dengan label yang lengkap dapat digunakan di semua negara.

Berikut rincian Limit Transaksi yang berlaku :

¤ Limit Tarik Tunai perhari

  • Untuk jenis kartu ATM Simpedes memiliki Limit Penarikan Tunai maksimal Rp. 5 Juta perhari. Sedangkan ATM Britama mempunyai Limit Penarikan Tunai maksimal Rp. 5 Juta perhari untuk Kartu Classic, sedangkan Kartu Britama Gold mempunyai Limit maksimal Rp. 10 Juta perhari.

¤ Limit Transfer Antar Rekening Bank BRI

  • Bagi pemegang kartu ATM Simpedes dapat melakukan transfer melalui mesin ATM dengan jumlah maksimum Rp. 20 Juta. Sedangkan pemegang Kartu ATM Britama Classic memiliki jumlah limit transfer Rp. 20 Juta dan Kartu Britama Gold maksimal Rp. 50 Juta.

¤ Limit Transfer Antar Bank Lain

  • Untuk limit transfer tabungan Simpedes ke bank lain maksimal Rp. 10 Juta perhari. Sedangkan pemegang kartu ATM Britama Classic maksimal Rp. 10 Juta dan Kartu ATM Britama Gold memiliki limit transfer maksimal Rp. 15 Juta.


Itulah beberapa perbedaan Tabungan BRI Simpedes dan Britama. Bila anda masih bingung untuk memilih diantara keduanya, dibawah ini JejakSemut buatin rangkuman dari artikel diatas.

Rangkuman Kelebihan Tabungan BRI BritAma dan Simpedes

BRI Britama :

  • Bunga Kompetitif
  • Maksimal Transaksi Tabungan Britama Lebih Besar
  • Fasilitas Kartu Debit (ATM) BRI Britama Lebih Baik
  • Gratis Asuransi Kecelakaan Diri


BRI Simpedes :

  • Setoran Awal Lebih Murah
  • Biaya Administrasi Bulanan Simpedes Lebih Murah
  • Biaya Kartu ATM Bulanan Simpedes Rp. 0 (Gratis)
  • Denda jika Saldo dibawah Minimum Perbulan Lebih Kecil
  • Biaya Penutupan Rekening Lebih Murah
  • Biaya Pergantian Buku Tabungan Karena Rusak snagat Murah


Kesimpulan : 
Tabungan Simpedes merupakan Tabungan yang lebih terjangkau dibandingkan BritAma, sedangkan Tabungan BRI BritAma memiliki keunggulan dengan Layanan, Fitur serta Bunga yang kompetitif, namun kelebihan tersebut harus dibayar dengan biaya-biaya yang mahal.

Gimana? Sudah Ada Gambaran mau pilih Tabungan jenis apa bukan?