Inilah Syarat & Cara Mengajukan Pinjaman Kredit di BRI Syariah

pinjaman bri syariah

" Butuh Dana Capat? Mau Beli Rumah, Kendaraan Bermotor, Renovasi Rumah, Modal Usaha, Tapi!?? Tidak Ada Dana? KTA BRI Syariah bisa jadi Pilihan. "

KTA BRI Syariah - Tahukah anda apa itu Kredit Tanpa Agunan BRI Syariah? Bagaimana Cara Meminjam Uang di BRI Syariah? Apa Kegunaan KTA Syariah Bank BRI? Apa Kelebihan Pinjaman Tanpa Agunan BRI Syariah?

Jika belum tahu. Yuks Mengenal Pinjaman BRI Syariah?

Apa itu Kredit Tanpa Agunan (KTA) BRI Syariah?

Hampir semua Bank Konvensional maupun Syariah yang menyediakan program pinjaman dan ditujukan kepada nasabah. Salah satunya adalah program Kredit Tanpa Agunan dari Bank BRI Syariah. Dan perlu anda ketahui, BRI Syariah merupakan salah satu Bank berbasis Syariah yang masih exis hingga saat ini.

Baca Juga : Tabel Angsuran Pinjaman Tanpa Agunan BRI (KTA) BRIGuna

KTA sendiri berarti Pinjaman Tanpa Agunan atau Jaminan, jadi anda tidak perlu memberikan jaminan saat mengajukan kredit. Biasanya lembaga pinjaman lain mengharuskan menyerahkan jaminan sebagai penguat mereka. Seperti Surat Berharga (entah itu sertifikat rumah maupun tanah).

Namun berbeda dengan BRI Syariah, anda dapat mengajukan pinjaman tanpa jaminan apapun. Selain itu Pinjaman BRI Syariah  diklaim tanpa riba karena menggunakan akad Murabahah dan Ijarah sehingga dapat menghindari riba selama proses angsuran berjalan. Bank satu ini juga memakai hukum syariah, berbeda dengan Bank Konvensional yang mempunyai syarat bunga atau riba.

Jenis-Jenis Pinjaman (Kredit) BRI Syariah 

Untuk meningkatkan pelayanannya, Bank BRI Syariah menawarkan layanan berupa tabungan dan pinjaman. Untuk layanan pinjaman sendiri hadir dengan beberapa pilihan. Apa saja itu? Yuks Simak!!
  1. KPR BRISyariah iB
  2. KPR Sejahtera BRISyariah iB
  3. KKB BRISyariah iB
  4. KMF BRISyariah iB

Dari ke emapat Jenis pinjaman diatas memiliki fungsi yang berbeda beda. Misalnya pinjaman untuk pembiayaan properti (rumah, apartemen, ruko dan lain lain).

Apa Kegunaan KTA Syariah Bank BRI? 


Kpr bri syariah.jpg

Ada banyak manfaat yang akan kita dapat dengan mengajukan pinjaman KTA Syariah BRI. Misalnya untuk membeli Rumah, Apartemen, Tanah Kavling, Ruko, Rukan, Renovasi Rumah maupun Take Over.

Pembiayaan diatas juga dikenal dengan istilah KPR BRI Syariah dan berpedoman pada prinsip Murabahah (Jual Beli) dan Ijarah (Sewa Menyewa). Plafon yang disediakan BRI Syariah minimal Rp. 25 juta dan maksimal Rp. 3,5 milyar dengan uang muka minimal 10 %.

Jumlah dana diatas dapat anda cicil minimal 12 bulan dan maksimal 15 tahun. Sedangkan untuk pembiayaan tanah kavling maksimal 5 tahun.

Selain untuk pembiayaan properti, BRI Syariah juga hadir untuk membiayai pembelian Mobil, entah itu mobil baru maupun mobil bekas.

Tentu saja dengan sistem Syariah, dan diklaim tanpa riba kerena berpedoman pada prinsip Murabahah (Jual Beli). Pinjaman tersebut dikenal dengan nama KKB BRI Syariah iB. Adapun plafon kreditnya mulai dari Rp. 50 juta hingga Rp. 1 Miliar.

Sedangkan uang muka yang harus anda siapkan sebesar 30 % dengan tenor minimal 1 tahun hingga 5 tahun. Usia kendaraan maksimal 8 tahun saat jatuh tempo, dihitung dari bulan penerbitan BPKB .

Lalu Apa Saja Persyaratan untuk Melakukan Pinjaman di BRISyariah iB?

Sebelum mengajukan pinjaman sebaiknya persiapkan terlebih dahulu beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Baru kemudian melanjutkan keproses selanjutnya, Apa saja itu?

Berikut Syarat Mengajukan Pinjaman Syariah di BRI syariah :
  1. WNI (Warga Negara Indonesia)
  2. Pegawai atau Karyawan Tetap (masa kerja minimal 2 tahun)
  3. Profesional terbatas hanya untuk profesi kesehatan (dokter, dokter spesialis dan bidan)
  4. Usia minimal 21 tahun dan maksimal berusia 65 tahun saat jatuh tempo
  5. Tidak memiliki riwayat kredit buruk (Record BI Checking Baik)
  6. Diwajibkan membuka Rekening Tabungan di Bank BRISyariah

Kelengkapan Dokumen yang harus dipenuhi,
  1. Foto Copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. Foto Copy KK (Kartu Keluarga)
  3. Foto Copy Surat Nikah
  4. Foto Copy NPWP (berlaku untuk pinjaman diatas Rp50juta)
  5. Surat Keterangan Aktif Bekerja (Asli)
  6. Foto Copy SK Pengangkatan
  7. Rekening Koran Tabungan/Giro 3 bulan terakhir

Untuk kelengkapan Dokumen lainnya menyesuakan dengan jenis pinjaman anda.

Bagaimana Prosedur Pengajuan Pinjaman di Bank BRI Syariah?

Setelah semua persyaratan dipenuhi, langsung saja ajukan proposal pinjaman tanpa agunana BRI Syariah melalui kantor cabang terdekat. Baru kemudian pihak bank meneliti berkas pengajuan anda, proses ini bisa berlangsung dalam beberapa hari.

Tidak menutup kemungkinan pihak bank bakal mengunjungi rumah anda untuk bertanya tanya. Tapi, tidak perlu risau karena ini memang sebagian dari prosedur pengajuan pinjaman.

Setelah beberapa waktu yang tidak bisa ditentukan, pihak bank BRI Syariah akan menghubungi anda untuk memberi keputusan apakah pengajuan anda diTerima atau diTolak.

" Bank BRI Syariah tidak akan memberi tahu alasan penolakan pinjaman. Jadi bila pengajuan ditolak, anda tetap bisa mengajukan kembali, namun terlebih dahulu revisi berkas atau persyaratan lain yang kira-kira menjadi penyebab penolakan. "