Yuks, Mengenal Senar PE!! Ukuran, Kelebihan dan Kekurangan

Senar pancing pe

Senar Pancing PE - Guna memenuhi kebutuhan para pemancing, para produsen senar berlomba-lomba menciptakan produk terbaik mereka. Dan salah satu yang terbaru adalah senar (kenur) PE.

Apa itu Senar Pancing PE?

Senar PE atau juga dikenal dengan kenur Braided adalah jenis senar multifilament. Karakteristik utama dari senar PE adalah dimana diameter yang amat kecil dan  hampir tidak mulur sama sekali saat fight dengan ikan.

Apa Perbedaan Senar PE dengan Senar Mono?

Dibandingkan senar monofilament, kenur PE terkenal lebih kuat meski ukurannya sama. Dimana senar Braided (PE) dibuat dengan cara menganyam puluhan helai fiber menjadi 1 jalinan menghasilkan kenur yang kuat.

Sejarah Ditemukannya Senar PE

Dahulu sebelum senar nylon ditemukan ada senar braided yang sangat terkenal yakni buatan Dacron. Saat itu Senar braided buatan dacron menjadi yang paling banyak digunakan.

Adapun karakteristik Braid Dacron kala itu adalah tidak tahan gesek, kekuatan simpul lemah, diameter besar serta tidak mulur.

Seiring berjalannya waktu para angler mulai meninggalkan jenis kenur satu ini karena rendahnya kualitas simpul serta warna yang buruk.

Kekurangan tersebut mulai diperbaiki dengan adanya teknologi yang semakin maju. Saat ini anda bisa mendapatkan senar warna warni yang berfungsi sebagai patokan berapa meter senar terulur. Braided saat ini juga telah memiliki simpul yang jauh kuat.

Baru pada tahun 90-an, Spectra, Kevlar dan Dyneema memasuki pasar senar dunia dengan menciptakan senar braided yang kita kenal saat ini dengan sebutan PE.

Kenur satu ini mengambang diatas air karena berat jenisnya yang hanya 0.93, sedangkan air 1.0. Menurut uji coba yang pernah dilakukan,  menyatakan bahwa senar PE memiliki kekuatan mencapai 10x kekuatan (tarik) baja.

Senar PE dibuat dari serabut-serabut fiber yang dianyam dengan pola tertentu yang cukup memakan waktu. Namun hasilnya jelas, segulung senar yang sangat tipis jika dibandingkan senar monofilamnet dengan kekuatan yang sama. Kenur PE juga sangat sensitif dan tidak bisa melar sama sekali.

Ada berapa Macam Jenis-jenis Braided / PE?
Senar pancing pe

Saat ini senar braid yang ada dipasaran dapat dibedakan menjadi beberapa jenis bedasarkan perajutan, pewarnaan dan pelapisan.

Kebanyakan senar braid yang beredar dirajut dengan 4 rajutan. Setiap rajutan terdiri dari beberapa puluh helai fiber yang sangat halus.

Namun ada pula beberapa merk yang menggunakan 8 bahkan 16 rajutan. Pastinya  8 dan 16 rajutan dibandrol dengan harga yang lebih mahal dari 4 rajutan saja.

Sedangkan Pewarnaan juga bermacam macam, ada yang hanya 1 warna saja, ada pula yang memiliki 5 hingga 6 warna. Pewarnaan tersebut berguna untuk mengetahui berapa meter senar keluar dari reel, biasanya dibedakan setiap 10 - 20 meter.

Apa Arti Senar Pancing PE 1, PE 2, PE 3, PE 4, PE 5, PE 6, PE 7, PE 8, PE x10 atau PE x12 ?

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa PE sama halnya dengan LB (kekuatan). Misalnya PE 1.0 sama dengan 10 LBS, kenyataannya itu salah besar.

Faktanya :

  • PE bukan LB
  • PE 1.0 bukan 10 LBS
  • PE 4.0 bukan 40 LBS
  • PE adalah Diameter Tali bukan Kekuatan Tali

Untuk lebih jelasnya bisa lihat Tabel Ukuran Senar Pancing PE dibawah ini :

TABEL ukuran senar pancing PE


Apa Kelebihan dari Senar Braided PE?


Seperti yang dijelaskan diatas, karakter senar braid satu ini nyaris tidak mulur sama sekali. Tentu sifat ini memberikan keuntungan bagi pemancing karena dapat mendeteksi getaran halus disenarnya sehingga presentase umpan terkait lebih besar.

Keunggulan lain adalah ikatan simpulnya yang sangat kuat. Efek superlines kenur ini juga lebih kecil dibendingkan kenur jenis biasa (mono).

Lalu Apa Kekurangan (Kelemahan) dari Senar Braided PE?

Selain keunggulan yang sudah jelas, kenur braid satu ini juga memiliki kelemahan. Senar PE memiliki sifat menyerapa air dan tidak mudah tenggelam karena berat jenisnya yang hanya 0.93 sedangkan berat jenis air 1.0.

Senar satu ini juga memiliki harga yang sangat mahal, berkali kali lipat lebih mahal dari monofilament.

Hal apa saja yang harus diperhatikan Saat Menggunakan Senar PE?

Apa saja Itu?

  • Karena diameternya yang sangat kecil, reel bisa diisi dengan kenur yang lebih panjang. Tentu saja hal ini menguntungkan anda yang menggunkan reel ukuran lebih kecil (reel mini).
  • Bila anda sering mengalami senar cacat karena tergesek karang atau lainnya, maka senar PE hadir mengatasi semua hal itu.
  • Sifatnya yang nyaris tidak mulur, maka sentuhan ringan pada umpan akan terasa di joran. Namun hal ini justru bisa menyulitkan anda bila di spot tersebut banyak ikan-ikan kecil.


Ada beberapa hal yang perlu diingat jika kita menggunakan Braid PE?


  • Sebaiknya gunakan Joran yang menggunakan kolongan (guide) minimal Fuji.
  • Jangan pernah menarik kenur saat tersangkut, karena hal itu akan sia sia saja.
  • Gunakan kain saat mengikatkan kenur ketangan yang dimaksudkan agar ikan tidak lepas.