Mengenal 4 Jenis Reel Pancing beserta Fungsi dan Kegunaannya

jenis jenis reel pancing

Jenis - jenis Reel Pancing - Dalam memancing, Reel memang sangat penting fungsinya. Dengan bantuan reel kamu bisa lebih mudah saat fight dengan ikan, meski predator sekalipun.

Di Dunia, sebenarnya banyak sekali jenis reel pancing dan memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda beda. Misalnya untuk memancing di Laut, Sungai,  Muara atau di Es sekalipun. Untuk memudahkan hal tersebut, tentunya diperlukan reel yang sesuai bukan?.

Sebelum mulai memancing alangkah baiknya kita kenali dulu Jenis - jenis Reel sesuai Fungsi dan kegunaan masing masing.

Baca Juga :

10 Reel Pancing Mini Berkualitas yang WAJIB!! Anda Koleksi
10 Reel Pancing Laut Murah dan Kuat Paling Laris
10 Reel Pancing Harga 200 Ribu-an Murah tapi Kuat


Tahukah anda apa itu Reel Pancing? Reel adalah piranti atau alat pancing yangdiguankan untuk menggulung senar atau tali pancing bagi para pemancing sekalian yang mana alat ini memberikan kemudahan bagi kitadlam menggulung senar, melempar umpan bahkan saatbertarung dengan ikan yang kita pancing.

Sebenarnya Banyak Jenis reel yang ada di dunia ini, namun yang sering kita jumpai ada 4 jenis Reel Untuk Mancing, apa saja itu? Yuks simak penjelasannya!!

  1. Reel Spincasting
  2. Reel Spinning
  3. Reel Baitcasting/troling
  4. Reel Fly Fishing 


Secara umum reel tersebut di peruntukan sesuai dengan fungsinya masing masing, apakah bisa reel satu digunakan untuk semua jenis mancing? memang bisa mas bro .... tapi apa efektif? tentu saja tidak. karena masing masing jenis reel punya kelebihan dan kekurangan masing masing. berikut adalah fungsi dari setiap jenis reel.

1. Reel Spincasting
jenis jenis reel pancing

Reel jenis ini sangat ideal untuk pemancing pemula, karena penggunaanya yang relatif mudah. Reel jenis ini biasanya digunakan untuk memancing ikan yang tidak terlalu besar. Reel ini memerlukan joran khusus spincasting yang memiliki guide line / pengatur senar diatas. Karena pemasangan ril ini juga berada diatas joran. Untuk menggunakan reel ini sangat mudah, di atas ril ini terdapat tombol, jadi ketika kita akan melempar umpan ke tengah perairan tombol itu ditekan, sehingga senar akan keluar pada saat kita melempar.

2. Reel Spinning
jenis jenis reel pancing

Reel Spinning atau Spinning Reel adalah ril yang biasa kita jumpai dan biasa digunakan oleh para pemancing pada umumnya. Ril ini juga sering di sebut ril open-face karena tidak ada penutup pada gulungan senar. Ril ini biasanya dipasang dibawah pegangan joran. Untuk menggunakan ril ini pertama kita buka dulu pengalaman gulungan / bail , setelah itu gunakan jari telunjuk untuk menahan senar sebelum melakukan lemparan. Setelah umpan dilempar, lepaskan jari telunjuk dan kembalikan pengaman ke posisi semula. Ril ini mungkin agak sulit digunakan bagi pemancing pemula.

3. Reel Baitcasting
jenis jenis reel pancing

Reel ini biasanya digunakan oleh para pemancing pro, karena ril ini memerlukan kontrol yang baik saat kita melempar umpan. Jika tidak, akan membuat senar kusut. Tidak semua pemancing memiliki kemapuan untuk mengontrol reel baitcasting (BC) ini, sehingga hanya pemancing pro saja yang sering menggunakan reel jenis ini.

4. Reel Fly Fishing
jenis jenis reel pancing

Reel ini jarang kita jumpai di negara kita, karena teknik fly fishing jarang digunakan disini. Reel ini lebih banyak berfungsi hanya untuk menggulung senar saja. Karena teknik fly fishing adalah teknik memancing dengan menggunakan umpan yang sangat ringan, perlu keahlian khusus untuk melakukan teknik ini.

Itulah ke 4 Jenis Reel Pancing dengan funsi dan kegunaan masing masing. Sekedar mengingatkan, sebaiknya gunakan reel yang sesuai dengan kondisi spot tujuan ya!! Semoga informasi diatas dapat bermanfaat. Salam satu Hobi!!