[Panduan] Cara Membuat Umpan Tiruan dari Tutup Botol

umpan tiruan dari tutup botol
" Suka Casting Hampala? Suka Ultralight Fishing? Umpan Apa yang Ampuh Buat Casting Ikan Hampala? Yuks, buat Umpan Tiruan sendiri untuk Casting Ikan Hampala!! "

Cara Membuat Umpan Tiruan dari Tutup Botol - Ada beberapa Jenis Umpan Tiruan yang bisa sobat gunakan saat Casting Ikan Hampala, seperti Spoon, Mini Popper atau WTD. Umpan jenis Spoon tergolong cukup ampuh diantara ketiganya.

Mau Buat Umpan Spoon sendiri? Yuks, lihat Cara Membuat Umpan Tiruan dari Tutup Botol!! 


Cara Membuat Umpan Tiruan dari Tutup Botol


Entah siapa yang pertama menemukan dan membuat umpan tiruan seperti ini. Memang umpan tiruan yang satu ini terlihat cukup unik kawan. Terlebih lagi sangat mudah dibuat serta tentunya murah meriah. Untuk bahan bakunyapun cukup mudah didapat.

Baca Juga :

Cara Membuat Froggy (Tiruan Kodok) dari Sandal Bekas
[Panduan] Cara Membuat Soft Frog dari Lem Kaca / Silicon
Cara Membuat Soft Frog dari Lateks untuk Pemula


Tutup botol bisa kalian dapatkan disekitaran warung klontongan atau membelinya. Umpan tiruan seperti ini bisa dikatagorikan kedalam jump frog, metal jig ataupun micro jig. Jadi penggunaan yang bisa di pinggiran laut, muara, sungai ataupun rawa. Bicara soal jitu tidaknya, tidak usah diragukan lagi gan.

Meskipun dari bahan yang sederhana namun tetap dapat bersaing dengan umpan tiruan buatan pabrik sekalipun. Sebenarnya pada artikel mimin sebelumnya sudah di bahas cara membuat umpan buatan namun dari bahan yang berbeda seperti lateks, kayu, lem kaca dan karet pentil.

Dan kali ini mimin akan berbagi cara membuat umpan tiruan/lure/lures dari tutup botol.

Bahan-bahan dan Alat untuk Membuat Umpan Tiruan dari Tutup Botol :

  1. 1 pcs Tutup Botol bekas
  2. 4 buah Timbel/Pemberat
  3. 2 pcs Ring Besi Kecil
  4. Mata Kail (ukuran bisa disesuaikan)
  5. Paku (untuk melubangi tutup botol)
  6. Tang

Setelah Bahan dan Alat terkumpul saatnya pembuatan. Ikuti Langkahnya gan. !!

Cara Membuat Umpan Buatan/lure dari Tutup Botol :

1. Langkah pertama lubangi tutup botol pada sisi atas dan bawah menggunakan paku. Dengan catatan posisi lubang harus lurus vertikal dengan lubang yang lain.

2. Ambil Ring besi lalu masukan ke lubang pertama dan jepit serta Kencangkan ring dengan tang. Masukan lagi ring kedua kelubang lainnya dan jepit kembali sehingga kedua ring menggantung pada kedua lubang.

3. Tekuk tutup botol sedikit lalu masukan pemberat kedalamnya. Kemudian tekuk kembali tutup botol sampai kedua sisi bertemu.
Catatan : Tekuk tutup botol secara diagonal atau searah dengan dua lubang tadi. Sehingga lubang berada di sisi atas dan bawah. Dan pemberat ada di dalam tutup botol. 
4. Terakhir kaitkan mata kail atau doble hook ke ring besi kecil dibagian bawah. Sedangkan ring besi bagain atas bisa langsung kalian kaitkan ke senar pancing.

5. Kalian bisa menambahkan rumbai atau semrawut (dalam bahasa jawa) pada bagian bawah diatas kail. Rumbai bisa dibuat dari kain atau bahan lainnya.

umpan tiruan dari tutup botol

6. Selamat umpan tiruan dari tutup botol sudah jadi dan siap digunakan untuk memancing predator.

Gimana ?? Mudah bukan ??

Lumayan gan buat menghemat Buget saat memancing. Selain itu kelebihan dari umpan tiruan dari tutup botol, karena warnanya yang mencolok. Sehingga membuat sang predator penasaran dan tergoda.

Bila ada masukan, kritik, saran atau pertanyaan silakan tulis dikolom komentar dibawah. Selamat mencoba.