10 Jenis Ikan Hias Air Laut Tercantik yang Mudah Dipelihara

ikan hias air laut tercantik
" Mau pelihara ikan hias? Apa jenis ikan hias air laut tercantik? Apa Ikan Hias Air Laut yang Cantik dan Unik? Berapa Harga Ikan Hias Air Laut? Yuks, Simak Rekomendasi Ikan Hias Air Laut dari JejakSemut!! "

Ikan Hias Air Laut Tercantik - Laut memang surga bagi ikan, disana banyak sekali jenis ikan yang hidup didalamnya, Tak terkecuali ikan hias. Bentuknya yang unik dengan warna warni yang cantik tentu menjadi nilai tersendiri dibandingkan ikan hias air tawar.

Pada dasarnya memelihara ikan hias air laut terbilang lebih susah dibandingkan ikan air tawar, namun tentu saja tidak menyurutkan para penghobi ikan hias untuk memeliharanya.  Bila anda seorang pemula sebaiknya pilih jenis ikan yang mudah dipelihara.

Baca Juga :

Aquarium Cepat Kotor? Ini 5 Ikan Hias Pembersih Kaca Terbaik
√ 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Cocok buat Aquarium Mini
7 Rekomendasi Ikan Hias Kecil Murah tapi Penuh Warna


Secara logika ikan air laut tidak bisa dipelihara menggunakan air tawar. Untuk itu anda harus mengganti secar rutin air laut sebagai media untuk memelihara ikan. Tidak hanya itu, ikan hias air laut membutuhkan aquarium dengan ukuran yang lebih besar. Hal itu difungsikan agar ikan bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.


Ikan Hias Air Laut yang Cantik dan Mudah Dipelihara


1. Ikan Hias Blue Devil

ikan hias blue devil

Ikan dengan nama ilmiah Paraplesiops Bleekeri ini cukup populer dikalangan pecinta ikan hias. Bentuknya yang unik, ramping dengan ukuran tubuh yang tidak terlalu besar sangat cocok dipelihara di aquarium ukuran sedang.

Corak dengan warna kebiruan ditambah bintik-bintik pada tubuhnya pasti akan memukau orang yang melihatnya.

2. Ikan Hias Anglefish

ikan hias anglefish

Tidak hanya di air tawar, ternyata nama Anglefish juga ada untuk jenis ikan hias air laut. Ciri khas dari Anglefish adalah wajahnya yang lebih cerah dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Ditambah lagi corak berwarna biru dan kuning yang ada diwajahnya. Tidak hanya itu, keindahan tubuhnya juga menjadi daya tarik tersendiri dengan pola garis-garis  berwarna biru dan kuning.

3. Ikan Hias Botana Blue Tang

ikan botana blue tang

Ikan satu ini merupakan jenis yang sudah cukup terkenal dikalangan pecinta ikan hias. Di Indonesia ikan yang memiliki nama latin Paracanthurus Hepatus dikenal dengan sebutan Bontana. Ada beberapa jenis dari ikan bontana blue tang yaitu bontana kacamata, bontana biru dan juga bontana kasur.

Karena keindahannya Ikan ini juga pernah menggambarkan karakter ikan dalam sebuah film yang berjudul "Finding Nemo" dan bernama "Dory".

4. Ikan Hias Yellow Tang

ikan hias yellow tang

Yellow Tang merupakan ikan hias yang masih satu keluarga dengan Bontana Blue Tang. Buat anda seorang pemula, jenis ikan ini sangat cocok dipelihara karena mudah dalam perawatannya.

Selain itu pakan untuk Yellow Tang cukup mudah didapat dan banyak tersedia di toko-toko ikan hias. Ikan dengan nama latin Zebrasoma Flavenscens ini terkenal aktif dan agresif.

5. Ikan Hias Badut Clownfish

ikan Badut Clownfish (nemo)

Buat anda yang pernah menonton film "Finding Nemo" pasti tahu ikan satu ini. Karena pada film tersebut Ikan Badut Clownfish menjadi pemeran utama. Ikan ini memiliki nama ilmiah Amphiprioninae, sedangkan di Indonesia sendiri lebih sering dikenal dengan nama ikan badut.

Hal tersebut mungkin dikarenakan corak ikan ini mirip sekali dengan kostum yang dipakai badut. Clownfish sangat suka berenang diantara karang serta sebagai tempat persembunyian. Jadi bila anda memelihara ikan ini sebaiknya beri ormamen karang agar mereka bisa betah.

6. Ikan Hias Butterfly Fish

ikan hias butterflyfish

Satu lagi jenis ikan hias air laut yang mudah dipelihara, yakni Butterfly Fish. Karena alasan itulah butterfly fish cukup populer dikalangan pecinta ikan hias. Ikan ini banyak ditemukan di Samudera Hindia dan Samudera Pasific.

Ciri khas dari ikan ini adalah mulutnya yang moncong, tubuh pipih dengan garis-garis pada tubuhnya ditambah warna yang mempesona layaknya kupu-kupu.

7. Ikan Hias Lion Fish


ikan hias lionfish

Lion fish memang memiliki bentuk tubuh yang menyeramkan, tapi itulah keunikan dari ikan yang memiliki nama latin ilmiah Pterios. Uniknya ikan ini memiliki sirip yang bentunya mirip dengan duri.

Namun perlu diperhatiakan, saar memelihara ikan hias lion fish sebaiknya tidak dicampur dengan jenis lainnya. Karena ikan ini membutuhkan pakan yang berbeda dengan ikan lainnya.

8. Ikan Hias Dottyback

ikan hias dottyback

Ikan hias Dottyback merupakan jenis ikan laut yang tinggal diperairan tropis dan subtropis. Seperti yang kita ketahui iklim tropis dan subtropis terkenal memiliki keberagaman terumbu karang yang melimpah. Ikan dengan nama ilmiah Pseusochromidae ini juga banyak ditemukan di Indonesia.

9. Ikan Hias Watchman Gobies

Ikan hias Watchman Gobies

Watchman Gobies merupakan jenis ikan hias yang sangat cocok dipelihara oleh pemula. Ikan dengan nama ilmiah Cryptocentrus ini terkenal memiliki daya tahan yang kuat serta mudah beradaptasi dengan lingkungan baru sehingga tidak mudah mati.

Jenis ikan hias air laut satu terkenal sangat agresif dan suka memakan udang kecil, jadi tidak susah mencari pakan untuk Ikan Hias Watchman Gobies.

10. Ikan Hias Air Laut Banggai

ikan hias laut banggai

Sesuai dengan namanya, ikan hias satu ini memang berasal dari Banggai, Indonesia. Di Dunia pecinta ikan hias, jenis ini sangat terkenal. Namun sangat disayangkan Ikan Hias Air Laut Banggai saat ini sangat kritis dan terancam punah. Hal itu disebabkan karena penangkapan yang berlebihan. Untuk mengatasi hal tersebut, saat ini tengah dilakukan penangkaran agar spesies tersebut tetap terjaga.

Itulah penjelasan singkat tentang ikan hias air laut yang indah dan cantik. Semoga informasi diatas dapat bermanfaaat.