10 Ikan Hias Air Tawar Kecil Tercantik & Suka Bergerombol

ikan hias kecil cantik dan bergerombol
" Cari Ikan Hias Kecil, Cantik dan Suka Bergerombol? Apa saja jenis ikan hias Air Tawar yang Begerombol? Ikan Hias yang bergerombol memang bisa memanjakan mata, untuk itu banyak pecinta ikan hias yang memilih jenis tersebut. Apa saja Itu? Yuks, Simak!! "

Ikan Hias Air Tawar Kecil - Punya Aquarium Mini Tapi bingung Mau diisi apa? Coba pelihara Ikan Hias Air Tawar yang kecil dan Suka Bergerombol!! selain cantik, sifatnya yang bergerombol tentu dapat memanjakan mata pemiliknya. Apa saja jenis ikan hias yang memiliki Sifat Bergerombol?

Memelihara ikan hias memiliki banyak manfaat bagi kesehatan pemiliknya. Sebuah penelitian mengatakan bahwa memelihara ikan hias bisa membantu pertumbuhan fisik serta kognitif anak.

Baca Juga :

Inilah!! 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Murah tapi Cantik
Ini! 10 Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara Meski Minim Oksigen
Inilah!! 10 Jenis Ikan Hias Laut yang Bisa Hidup di Air Tawar


Selain itu memelihara ikan hias bisa memberikan manfaat bagi mental dan kesehatan yang mempengaruhi kehidupan profesional anda ditempat anda.

Memang benar, dengan memelihara ikan hias dapat mengurangi stres, menurunkan tekanan darah serta detak jantung. Hal itu mungkin dikarenakan keindahan dan warna warni ikan tersebut. Tingkah laku ikan yang bergerombol, berenang mondar mandir juga mampu menghipnotis dan menyejukan mata anda.

Ikan hias dipelihara sebagai kesenangan dan dapat memperindah rumah anda. Untuk itu sebaiknya perhatikan bentuk, ukuran, warna dan keserasian ikan anda.

Diantara beberapa jenis ikan hias air tawar, ikan hias dengan bentuk yang kecil bisa jadi pilihan. Ikan-ikan kecil memiliki sifat yang suka bergerombol beriringan saat berenang. Dan karena sifat itulah yang jadi kelebihannya, kebiasaannya bergerombol saat berenang akan memanjakan mata yang melihatnya.

Lalu Apa Saja Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Suka Bergerombol?

1. Ikan Zebra


ikan zebra

Sesuai dengan namanya, ikan zebra memiliki corak tubuh belang-belang mirip zebra. Nanum perlu diperhatikan, ikan ini memiliki kebiasaan melompat meski lewat celah kecil sekalipun. Jadi menjadi hal yang wajib untuk menutup aquarium saat memelihara ikan ini.

2. Ikan AngelFish (Ikan Bidadari)


ikan angelfish bidadari

Kalian tahu bukan? Carita dongeng Bidadari dari kayangan? Begitu pula ikan satu ini bentuk dan coraknya yang sangat cantik membuat ikan ini disebut ikan bidadari. Keindahannya tentu akan mempercantik dan menghiasi rumah anda. Berminat untuk memelihara ikan satu ini?

3. Ikan Molly


ikan molly

Di kalangan pecinta ikan hias, molly merupakan jenis yang cukup populer. Warnanya yang canti serta kebiasaannya yang suka bergerombol menjadi daya tarik tersendiri. Agar terlihat lebih menarik sebaiknya pelihara ikan molly dalam jumlah yang banyak. Jenis ini sangat mudah dibedakan antara jantan dan betina, dimana betina memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jantan.

4. Ikan Platy


ikan platy

Ikan hias satu ini merupakan salah satu jenis yang tercantik dengan berbagai macam warna yang indah. Ikan platy juga termasuk mudah dikembangbiakan dengan cara melahirkan. Jadi buat anda yang sedang mencari ikan hias mungil dan cantik, jenis ini bisa jadi pilihan.

5. Ikan Guppy (Gupi)


ikan guppy

Sekilas ikan guppy mirip dengan ikan cupang, namun sebenarnya ada perbedaan yang jelas dari keduanya. Ikan cupang memiliki sirip atas dan bawah yang lebih lebar, sedangkan guppy hanya sirip ekor saja yang besar. Ikan guppy juga memiliki corak warna yang lebih indah dan merupakan jenis ikan yang suka berkoloni. Jadi sangat cocok untuk dipelihara di aquarium maupun aquascape.

6. Ikan Neon Tetra


ikan neon tetra

Neon tetra memiliki ukuran yang cukup kecil, yakni hanya sekitar 4 cm saja. Ciri khas dari ikan ini adalah adanya garis lurus yang membentang ditubuhnya berwarna biru tua hingga biru kehijauan. Garis tersebut akan terlihat menyala, inilah alasan kenapa dijuluki neon tetra.

7. Ikan Galaxy Rasbora


ikan galaxy rasbora

Indah sekali bukan? Memang tidak bisa dipungkiri, ikan mungil ini sangatlah indah. Tubuhnya yang dipenuhi bintik bintik layaknya macam tutul, ditambah lagi siripnya yang memiliki corak indah. Tak khayal bila Galaxy Rasbora menjadi salah satu ikan air tawar terindah.

8. Ikan Black Harlequin Rasbora


Ikan Black Harlequin Rasbora

Satu lagi ikan hias dari keluarga Rasbora, ikan hias air tawar satu ini memiliki ciri khas tubuh berwarna kebiruan dengan tubuh bagian belakang berwarna gelap. Dipadu dengan corak lain yang menambah keindahan Black Harlequin Rasbora. Sama dengan jenis rasbora lainnya, jenis ini memiliki sifat suka bergerombol. Jadi sebaiknya pelihara lebih dari 5 ekor dalam satu Aquarium ya!!

9. Ikan Pedang


ikan hias pedang

Bentuknya yang unik dengan ekor memanjang seperti pedang membuat ikan satu ini banyak diminati pecinta ikan hias. Selain itu ikan pedang juga terkenal sangat mudah dipelihara serta sifatnya yang damai (dapat bersahabat dengan jenis lainnya).

10. Ikan Congo Tetra


ikan cango tetra

Tak kalah indah dengan keluarga Tetra lainnya, Congo Tetra memiliki corak dengan sirip yang indah layaknya slayer. Sama seperti sifat ikan kecil lainnya, jenis ini juga suka bergerombol membentuk kolonoi saat berenang atau mencari makan.

Gimana? Berminat memelihara salaha satu dari Ikan Hias Kecil Air Tawar di atas? Jangan salah pilih Ya!!