[Cek Disini] 6 Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina

Perbedaan Ikan Arwana Jantan dan Betina
" Apa Perbedaan Ikan Arwana Jantan dan Betina? Apa ada ciri ciri khusus dari keduanya? Seperti apa bentuk tubuh ikan arwana jantan dan betina? Seperti apa bentuk kelamin ikan arwana jantan dan betina?

Perbedaan Arwana jantan dan Betina - Mau budidaya Ikan Arwana, tapi nggak tahu mana Jantan dan Betina? Wajib Tahu!! Buat sobat yang berniat beternak ikan Arwana tentu diwajibkan tahu peebedaaan Arwana Jantan dan Betina. Apa saja itu?

Untuk mengetahui Perbedaan ikan arwana jantan dan betina sebenarnya cukup mudah. Ada beberapa perbedaan yang cukup mencolok diantara keduanya. Perbedaan itu dapat dilihat dari warna, bentuk tubuh atau karakter keduanya.

Baca Juga :

[Cek Disini] 10 Makanan Terbaik Ikan Arwana Biar Cepat Besar
[3 Penyebab Utama] & Cara Mengobati Sisik Ikan Arwana Lepas
Harga Ikan Arwana Anakan dan Dewasa Semua Jenis Terbaru


Langsung saja, Yuks, simak Cara Membedakan Ikan Arwana jantan dengan betina!!


Cara Membedakan Ikan Arwana Jantan dan Betina


Langkah pertama saat akan mulai budidaya tentu memilih indukan berkualitas bukan? Setelah itu baru memilih indukan jantan dan betina dengan perbandingan tertentu.

Bagaimana cara membedakan indukan arwana jantan dengan betina? 

Ada beberapa ciri yang cukup jelas perbedaannya, seperti :


1. Dari Bentuk Tubuh Ikan Arwana


perbedaan ikan arwana jantan dan betina

Cara pertama membedakan kelaminnya adalah dengan cara melihat bentuk tubuhnya. Pada umumnya bentuk tubuh arwana jantan lebih langsing dan memanjang. Sedangkan arwana betina memiliki bentuk lebar dan sedikit gemuk (oval) dengan sirip punggung yang lebar.

Namun tetap hal ini akan cukup menyulitkan pada ikan arwana anakan, Kecuali mereka yang sudah terbiasa (master).


2. Dari Bentuk Kepala Ikan Arwana


perbedaan ikan arwana jantan dan betina

Bentuk kepala jantan dan betina ternyata juga berbeda. Bentuk kepala arwana jantan lebih besar dan bulat serta terlihat lebih kekar, sedangkan arwana betina justru terlihat lebih langsing.


3. Bentuk Rahang Arwana Jantan dan Betina


perbedaan ikan arwana jantan dan betina

Ikan arwana mempunyai sifat ynag mirip dengan ikan cupang yakni mouthbrooder atau inkubasi mulut. Inkubasi mulut adalah pengeraman dengan memasukan telur kedalam mulut, terutama arwana jantan. Oleh karena itu rahang pada arwana jantan lebih besar dibandingkan betina.


4. Dilihat dari Penutup Insang Arwana


perbedaan ikan arwana jantan dan betina

Perbedaan selanjutnya dapat dilihat dari penutup insang. Coba lihat gambar diatas, penutup insang arwana betina ukurannya lebih besar dibandingkan arwana jantan.


5. Bedakan dari Cara Bergeraknya saat Berenang


perbedaan ikan arwana jantan dan betina

Dari keempat perbedaan diatas sebenarnya sudah cukup jelas. Namun agar lebih jelas lagi bisa mengamati gerakan arwana saat berenang.

Lekak lekuk gemulai Ikan arwana jantan terlihat lebih anggun dari betina. Hal ini dikarenakan bentuk tubuh arwana jantan memanjang, berbeda dengan arwana betina yang punya bentuk cenderung gendut dan pendek.

Namun perbedaan diatas baru dapat diketahui setelah ikan arwana berumur diatas 5 tahun. Untuk ikan dibawah 5 tahun masih cukup sulit dibedakan dengan cara tersebut.


6. Cairan ynag Keluar dari Organ Reproduksi Arwana


perbedaan ikan arwana jantan dan betina

Inilah cara yang bisa dibilang paling akurat, namun sangat fatal bila dilakukan sembarangan. Caranya cukup mudah yaitu urut bagian bawah perut kearah kloaka secara perlahan hingga mengeluarkan cairan. Bila cairan yang keluar berwarna coklat berarti itu adalah indukan jantan, namun bila yang keluar berwarna kuning telur berarti indukan betina.

Itu beberapa perbedaan ikan arwana jantan dan betina yang dapat mimin sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan sedikit memberi gambaran dengan perbedaan keduanya.