[Pengalaman Pribadi] Umpan Ikan Patin Liar di Sungai & Danau

umpan Ikan patin liar di sungai & danau
" Mancing Ikan Patin Liar tapi selalu gagal "BONCOS" alias "ZONK"? padahal banyak tenggakan (rembesan) Patin? Nih!! Pakai Umpan Ikan Patin satu ini dijamin!! "

Umpan Ikan Patin Liar - Kamu gemar memancing ikan patin liar di Sungai, Rawa atau Danau? Tapi sering " ZONK". Apa yang salah? Umpan apa yang Jitu dan Ampuh untuk menaklukan Ikan Patin di Sungai atau Danau?

Tenang Sob!! Kali ini JejakSemut akan berbagi informasi mengenai Umpan Ikan Patin Liar yang Jitu, baik Itu di Sungai, Rawa maupun Danau. Memancing ikan patin sebenarnya cukup mudah, ada 2 poin penting yang wajib sobat ketahui yaitu Spot yang Bagus dan Umpan yang Jitu.


Cara Mancing Ikan Patin Liar di Sungai dan Danau


Kalian pasti sudah tahu kan sosok ikan patin dan tidak perlu saya jelaskan spesifik lagi.  Ikan patin merupakan ikan air tawar yang habitatnya di sungai, rawa,  danau dan waduk.

Baca Juga :

25 Resep Essen Oplosan Ikan Patin Galatama Paling Jitu & Ampuh
Pakai Buah Ini!! Umpan Ikan Bawal Alami Paling Jitu
[Resep Para Juara] √ 20 Kumpulan Umpan Ikan Bawal Paling Jitu


Ikan patin sering menjadi target para pemancing karena memang punya sensasi strike yang mantap. Ikan ini biasa berdiam didasar perairan dan membuat lubang sebagai tempat persembunyian. Di alam liar ikan patin biasa memangsa udang, ikan-ikan kecil, serta hewan air lainnya.

Memancing ikan patin sebenarnya tidak sulit, yang terpenting kita tahu umpan dan triknya. Waktu paling tepat untuk memancing ikan patin adalah pada malam hari. Saat itulah ikan patin akan keluar dari tempat persembunyiannya untuk mencari makan.

| Curhat Sedikit Gan.., Pengalaman Pribadi |

Memancing memang kegiatan yang sangat mengasikan, selain karena hobi memancing juga sudah banyak yang dilombakan, tak terkecuali ikan patin. Kata sebagian orang memancing merupakan kegiatan yang percuma, buang-buang waktu. Adalagi yang bilang memancing kaya orang ga punya kerjaan. "ikan dicemplungin kolam kok terus dipancingin lagi, mending beli di pasar". Ada lagi "nungguin pancingan disambar ikan ampe berjam-jam mending tudur". Tapi saya tegaskan itu pemikiran yang SALAH besar.

Memancing punya banyak sekali manfaat. Dengan memancing kita bisa menghilangkan penat dan stres dari rutinitas sehari-hari. Apalagi buat pehobi mancing, seperti yang saya rasakan sendiri walaupun berjam-jam nunggu kail disambar atau malah tidak dapat strike sama sekali ga masalah. Namanya hobi yang penting hepii.
# curhatan ga jelas (ngeluarin unek-unek aja gan. piece.

Malah jadi cerita kemana-mana ya. Okelah kita lanjutkan ke topik utama tentang ikan patin.

Karena ikan patin biasa membuat lubang didasar perairan dan dan mencari makan di dasar juga sebaiknya gunakan teknik glosor saat memancing. Teknik glosor yaitu memancing tanpa menggunakan pelampung jadi umpan berada didasar perairan. Sebaiknya kencangkan senar dan jangan biarkan kendur sehingga senar akan menegang saat ikan menyambar.


Umpan Ikan Patin Liar Paling Jitu di Sungai dan Danau


umpan Ikan patin liar di sungai & danau

1. Usus Ayam

Menurut mimin umpan paling jitu untuk mancing ikan patin adalah Usus Ayam. Cukup kukus Usus ayam beberapa menit hingga aromanya keluar / minyak keluar (usahakan jangan terlalu matang) dan umpan siap digunakan. Potong Usus ayam kecil-kecil lalu kaitkan umpan ati ayam pada kail kemudian lemparkan umpan kespot yang kalian kira persembunyian ikan patin.

2. Roti Tawar / Roti Kacang Ijo

Pembuatan umpan dengan bahan dasar roti tawar cukup mudah. Pertama cukup siapkan beberapa roti tawar lalu buang pinggiran roti yang berwarna coklat. Kemudian tambahkan sedikit air lalu lumat hingga membentuk adonan. Usahakan adonan jangan terlalu encer agar mudah saat dibentuk. Setelah adonan pas tambahkan sedikit essen pandan, strowbery atau essen pisang.

Selain itu ikan patin juga menyukai umpan dengan rasa masam. Jadi kalian bisa mengganti essen dengan santan kelapa.  Bisa juga menggunakan sari buah-buahan dengan rasa asam.

Untuk roti kacang ijo bisa langsung dikaitkan kekail sesuai ukuran mata kail sobat.

3. Racikan jitu umpan ikan patin Kelapa + Tempe


Selain umpan alami ada juga umpan racikan yang perlu kalian coba dan tentunya tidak kalah jitu dengan umpan alami.

Bahan-bahan :
  • Tempe 2 papan (gunakan tempe yang masih baru) tempe baru biasanya masih hangat dan berwarna putih.
  • Kelapa 1 butir (pilih kelapa yang sudah tua).
  • Essen pisang secukupnya. 

Cara meraciknya :

Kelapa diambil santannya saja dengan cara diparut lalu diperas sampai santan terpisah semua kemudian tambahkan sedikit air bersih. Blender tempe hingga halus kemudian campur kedua bahan ke dalam wadah lalu aduk hingga rata serta tutup rapat wadah. Diamkan adonan umpan selama 3 hari hingga terjadi proses fermentasi. Setelah 3 hari umpan siap digunakan, agar aromanya lebih menggoda campurkan essen pisang secukupnya.

4. Racikan jitu umpan ikan patin Susu Keju

Bahan-bahan :
  • Susu sachet 1 bks
  • 1 lembar keju kraff kecil
  • 2 helai daun serai
  • 1 bks fermipan
  • 4 lembar roti tawar

Cara meraciknya:

Pertama-tama rajang kecil-kecil daun serai lalu blender dengan bahan lainnya kecuali roti tawar. Blender adonan hingga tercampur rata, setelah halus masukan adonan kedalam wadah serta tutup rapat wadah. Biarkan adonan selama kurang lebih 5 sampai 1 minggu sampai terjadi fermentasi. Setelah adonan siap tambahkan roti tawar saat akan digunakan. Bentuk adonan sesuai ukuran kail kalian. Untuk teknik memancing bisa menggunakan teknik glosor(dasaran) atau bisa menggunakan pelampung.

5. Racikan jitu umpan ikan patin Tepung Udang

Bahan-bahan :
  • Tepung udang
  • Pf 1000
  • 2 butir telor
  • Tepung pelet

Cara meraciknya :

Rebus telor hingga matang lalu kupas telor kemudian campurkan semua bahan kedalam wadah. Aduk adonan hingga kenyal bila kurang bisa tambahkan sedikit air. Umpanpun siap diginakan.

Itulah umpan ikan patin yang paling jitu. Selamat mencoba dan semoga sukses. Salam satu joran.