Begini!! Cara Casting Ikan Gabus Dengan Umpan Buatan / Froggy

casting ikan gabus dengan umpan buatan
" Sering mancing ikan gabus, tapi selalu "ZONK" dan "BONCOS"? Apa yang salah? Umpan Kurang Jitu atau Cara Mancing yang tidak Benar? Apa Umpan Ikan Gabus yang Paling Ampuh? Bagaimana Cara Mancing Ikan Gabus pakai Umpan Buatan? "

Umpan Ikan Gabus Buatan - Ikan Gabus memang memiliki daya tarik tersendiri untuk dipancing. Sensasi Strike yang Mantap tentu sangat menggoda pemancing untuk merasakan Tarikan Predator satu ini.

Banyak teknik untuk memancing ikan gabus, dan salah satu yang terbaik adalah teknik Casting. Teknik satu ini terkenal sangat ampuh untuk mendaratkan ikan gabus. Namun perlu diperhatikan tingkat keberhasilan Casting ikan gabus dengan umpan buatan sangat dipengaruhi skill kamu saat casting.

Baca Juga :


Berikut ini tips memilih spot/tempat terbaik saat memancing Ikan Gabus :

1. Cari perairan atau daerah yang lebih dalam dari perairan sekitarnya. Biasannya spot seperti ini berada di pinggir sungai.
2. Pilih spot yang terdapat pusaran air. Ikan-ikan kecil serta serangga air sangat menyukai tempat seperti ini. Tentu saja ikan gabus betah di spot yang banyak makanannya.
3. Ikan gabus sangat menyukai tempat yang banyak ditumbuhi tanaman air seperti enceng gondok Sebagai tempat persembunyian dan tempat mencari makan.
4. Bila terlalu banyak ditumbuhi enceng gondok singkirkan terlebih dahulu agar tidak menggangu saat casting.

Selain harus pintar pintar memilih spot siapkan juga alat atau piranti yang memadai seperti reel, joran, kenur atau benang, dan juga umpan buatan atau lure.

Semua piranti mempunyai fungsi yang penting. Jadi pilih piranti yang mendukung untuk memancing dengan teknik casting. Sebelum membahas cara atau teknik casting, alangkah baiknya ketahui dulu jenis umpan buatan atau lure untuk casting ikan gabus.

Banyak sekali jenis umpan tiruan/lures yang bisa digunakan untuk mancing ikan gabus.

Jenis - jenis umpan tiruan/umpan buatan/lure untuk mancing ikan gabus :

1. Soft Frog

casting ikan gabus dengan umpan buatan

Lures jenis ini sangat cocok untuk memancing ikan predator seperti ikan gabus. Soft frog dibuat sangat mirip menyerupai bentuk kodok aslinya. Sehingga bakal mengecohkan ikan gabus untuk menyambarnya.

Soft frog terbuat dari bahan karet atau sintetis sehingga tekturnya akan kenyal dan halus seperti kodok aslinya. Pada soft frog biasanya dipasang kail besar 2 hingga 3 kail sekaligus.

Umpan tiruan ini termasuk ampuh, dan mimin sangat merekomendasikan pemakaian umpan ini. Soft frog juga banyak dijual di toko-toko pancing. Jenis dan bentuknya juga bermacam-macam, untuk ukuran dan bentuknya silakan sesuaikan dengan kebutuhan.

2. Viva Mazzy Frog


casting ikan gabus dengan umpan buatan

Viva mazzy frog merupakan umpan tiruan yang ampuh juga. Bentuk juga mirip menyerupai kodok sama seperti soft frog, bedanya viva mazzy frog terdapat tali-tali pada bagian mulut atau ujung lure.

Sedangkan kail pada viva mazzy frog juga hanya satu saja pada bagian tengan lure sehingga lebih gampang menancap saat disambar. Umpan jenis ini juga sudah banyak dijual ditoko-toko pancing.

3. Mouse Frog Soft Lure


casting ikan gabus dengan umpan buatan

Dari namanya juga sudah jelas bentuknya memang menyerupai tikus, namun ukurannya sangat mungil sehingga efektif untuk memancing ikan gabus. Meskipun bentuknya mirip tikus tapi jangan salah umpan tiruan jenis ini juga sangat ampuh.

Ikan gabus tidak akan memilih-milih apapun yang ada dihadapannya. Tak terkecuali lure berbentuk tikus ini, ikam gabus akan menyambar apapun yang mengganggu wilayahnya.

Berikut ini tips Teknik Casting ikan gabus dengan umpan buatan/lure :

1. Siapkan piranti atau peralatan pancing seperti reel,  joran, senar/benang serta lure/umpan buatan. Untuk umpan kalian bisa memilih antara soft frog, viva mazzy frog atau mouse frog soft lure. Namun mimin merekomendasikan menggunakan soft frog. Bentuknya yang mirip kodok serta bahan dasar yang kenyal dan lembut akan sangat mengoda ikan gabus.

2. Setelah semua piranti siap saatnya beraksi kawan... Lemparkan umpan tiruan/lure melewati spot yang kalian perkirakan ada ikan gabus. Setelah umpan melewati sasaran baru kita tarik dan gulung senar dengan kecepatan sedang.

3. Usahakan umpan tetap bergerak dipermukaan air. Seolah-olah seperti hewan kecil yang berenang ketakutan.

4. Jika lemparan pertama belum disambar. Ulangi teknik ini sampai umpan disambar.  Biasanya 2 atau 3 kali lemparan pemancing sudah bosan dan menyerah menganggap tidak ada ikan gabus disana. Padahal terkadang ikan gabus baru menyambar setelah 10 sampai 15 lemparan.

5. Meskipun ikan gabus sudah melihat umpan terkadang dia tidak akan langsung menyambar karena posisinya yang tidak pas. Ikan gabus hanya akan bergerak sedikit demi sedikit dan akan menyambar sampai posisinya sudah dekat dan pas.

6. Sebagai tambahan. Biasanya ikan gabus bersembunyi dibawah tumbuhan air seperti enceng gondok. Jadi lempar umpan di sekitaran tumbuhan air.


Itulah tips memancing ikan gabus dengan teknik casting menggunakan umpan tiruan atau lure. semoga bisa menambah pengetahuan kalian. Terima kasih telah mengunjungi website ini.