[Wajib Coba] Kumpulan Racikan Umpan Ikan Nilem Paling Galak

umpan ikan nilem
" Suka Mancing Ikan Nilem? Tapi sering Boncos alias ZONK? Apa sih Umpan Ikan Nilem yang ampuh? Seperti apa rangkaian pancing ikan nilem? Bagaimana Cara mancing ikan nilem? "

Umpan Ikan Nilem - Cari umpan ikan nilem jitu dan ampuh? Bingung sudah coba berbagai jenis umpan, tapi tidak ada hasil? Tenang Sob!! Kali ini JejakSemut akan membahas tentang Cara Mancing Ikan Nilem beserta umpan Ampuhnya!!

Ikan nilem banyak ditemukan di waduk, sungai dan rawa. Bentuknya yang pipih dan memanjang membuat ikan ini dapat berenang cukup cepat. Karena alasan itulah ikan nilem banyak diburu pemancing.

Gimana Apa anda Tertarik Memancing Ikan Nilem ??

Sebelum mulai memancing sebaiknya kita bahas dahulu. Umpan apa yang ampuh untuk memancing Ikan Nilem ??

Baca Juga :

[Wajib Coba] 10 Cara & Umpan Ikan Sepat Siam Paling Galak!!
6 Tips Mancing & Umpan Ikan Belanak Paling Ampuh
[Wajib Tahu] Tips Mancing Ikan Bandeng dan Umpan Galaknya!!



Umpan Alami Ikan Nilem Liar Air Jernih dan Keruh


1. Ubi

Bau wangi yang dihasilkan ubi akan sangat menggoda ikan untuk menyambarnya. Ubi yang bagus yaitu jenis ubi madu. Caranya rebus terlebih dahulu ubi madu lalu potong kecil-kecil atau lumat menjadi adonan saat akan digunakan. Umpab ubi lebih ampuh digunakan pada air jernih atau bersih.

2. Cacing

Cacing merupakan makanan favorit ikan nilem, menurut pengalaman para pemancing, cacing merah merupakan jenis paling ampuh sebagai umpan. Anda bisa mendapatkan dipersawahan atau pekarangan rumah. Umpan cacing bisa digunakan pada saat air keruh maupun jernih sekalipun.

3. Lumut

Ikan satu ini memang cenderung kedalam jenis herbivora, dan dialam liar lumut memang menjadi makanan ikan nilem. Lumut yang bisa kalian gunakan adalah jenis Lumut Hujau dan Halus. Lumut seperti ini banyak ditemukan di sungai-sungai berbatu seperti dipegunungan.

4. Kroto

Umpan ini memang favorit buat ikan air tawar tak terkecuali Ikan Nilem. Warnanya yang putih tentu sangat menggoda nilem nilem untuk menyambarnya. Kroto banyak dijual di toko pakan burung, jadi tidak perlu repor lagi mencarinya.

5. Laron

Satu lagi umpan yang sangat ampuh untuk mancing nilem. Namun sangat disayangkan laron tidak mudah ditemukan. Dan hanya ada pada saat musim penghujan datang. Pasang laron pada kail dan keluarkan sedikit isi perutnya, sehingga bau amis akan keluar. Umpan laron bisa anda gunakan pada semua kondisi, baik air jernih maupun air keruh.


Racikan Umpan Ikan Nilem Di Sungai maupun Kolam Harian


Selain umpan alami, ikan nilem juga dapat di pancing dengan umpan racikan. Umpan racikan harus berbau amis atau wangi agar menarik perhatian nilam. Kumpulan racikan umpan dibawah ini mimin rangkum dari beberapa sumber serta pengalaman para pemancing, tentunya sangat ampuh digunakan pada alam liar maupun kolam pemancingan harian, kiloan atau galatama.

1. Resep Umpan Ikan Nilem Daun Pandan

umpan ikan nilem
umpan ikan nilem

Bahan-bahannya :

  • 2 butir Telur bebek
  • 2 helai Daun pandan
  • 1 buah Ubi jalar (kukus terlebih dahulu) 
  • 1 bungkus Biskuit marie
  • Tepung terigu secukupnya
  • 1/4 bungkus Keju Kraft

Cara Membuat :

Pertama-tama ambil kuning dan putih telur bebek lalu rebus bersama daun pandan. Aduk aduk hingga air rebusan habis. Setelah itu angkat dan pisahkan daun pandan. Siapkan wadah plastik lalu masuk telur rebusan tadi bersama keju yang telah diparut. Tambahkan juga biskuit marie, tepung terigu dan ubi jalar. Baru kemudian aduk-aduk adonan hingga merata. Bentuk adonan bulat kecil saat akan digunakan.

2. Resep Umpan Ikan Nilem Indomie

Bahan-bahan :

  • 5 tetes Essens nangka 
  • 2 tetes Berkley nomor 9 
  • 3 tetes Berkley nomor 11
  • 1 bungkus Indomie (blender terlebih dahulu)
  • 1 bungkus Roti Klik 
  • 2 lembar Roti marie

Cara Membuat :

Siapkan wadah plastik lalu masukan roti klik, roti marie dan indomie yang sudah diblender. Kemudian aduk adonan hingga merata. Setelah itu siapkan 1/4 gelas air lalu campurkan 5 tetes Essens nangka , 2 tetes Berkley nomor 9, 3 tetes Berkley nomor 11 lalu aduk larutan tersebut. Baru kemudian tuangkan kedalam adonan. Kemudian aduk kembali adonan hingga tercampur rata. Bila adonan kurang kenyal anda bisa menambahkan air secukupnya. Umpan siap digunakan.

3. Resep Umpan Ikan Nilem Kacang Tanah

Bahan-bahan :

  • 1 bungkus Kinoy cristal
  • 1 kaleng Deho kecil 
  • 1 bungkus Pa ikin biru
  • 1/2 gelas Kacang Tanah

Cara Membuat :

Pertama-tama siapkan wadah plastik lalu masukan deho dan pa ikin biru kemudian aduk hingga merata. Setelah itu masukan kacang tanah yang sudah diblender. Aduk kembali adonan hingga rata. Terakhir tambahkan Kinoy cristal sedikit demi sedikit sambil diaduk. Usahkan adonan kenyal, bila adonan terlalu deras tambahkan sedikit air panas hingga adonan cukup kenyal. Selesai, umpan siap digunakan.

4. Resep Umpan Ikan Nilem Kue Kering

Bahan-bahan :

  • Kue kering secukupnya 
  • 1 butir Telor bebek
  • frambos (pewangi kue) secukupnya

Cara Membuat :

Langkah pertama remas dahulu kue kering lalu campur dengan telur dan aduk hingga merata. Setelah itu tambahkan pewangi kue (frambos), aduk kembali hingga tercampur merata. Bentuk bulatan kecil saat akan digunakan.

5. Resep Umpan Ikan Nilem Tempe

Bahan-bahan :

  • Tempe secukupnya

Cara Membuat :

Untuk membuatnya sangat mudah, yakni goreng tempe tanpa bumbu apapun dan jangan terlalu kering. Tunggu hingga agak dingin lalu remas dan haluskan hingga membentuk adonan. Umpan siap digunakan. Meskipun simple tapi jangan meremehkan umpan satu ini karena sudah terbukti keampuhannya.

6. Resep Umpan Ikan Nilem Daun Singkong

Bahan-bahan :

  • Pucuk daun singkong
  • Roti tawar
  • Madu 

Cara Membuat :

Untuk takaranya kalian bisa menyesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Caranya haluskan daun singkong dengan cara menumbuknya. Lalu tambahkan roti tawar yang sudah di remas-remas, lalu masukan juga madu. Setelah itu aduk-aduk adonan hingga tercampur merata. Usahakan adonan pulen atau kenyal. Bila terlalu encek anda bisa menambahkan roti tawar secukupnya.

Itulah Tips dan Trik meracik umpan ikan nilem disegala kondisi, baik itu siang hari, malam hari, di sungai, kolam dan rawa. Semoga bisa bermanfaat. Selamat Mencoba.