Struk tidak Keluar? Cara Cetak Ulang Bukti Transfer BCA

cara cetak ulang bukti transfer bca

" Saya baru saja transfer lewat mesin ATM BCA, Setelah transaksi berhasil Struk atau Resi tidak juga keluar. Padahal Struk tersebut sangat penting sebagai Bukti Transfer. Bagaimana Solusinya? Apa bisa cetak ulang bukti transfer tersebut? "


Cetak Ulang Bukti Transfer BCA - Saat melakukan transaksi, Struk / Resi tentu sangat dibutuhkan, terutama saat transfer. Dimana Struk tersebut digunakan sebagai bukti yang sah saat transaksi pengiriman uang di mesin ATM, misalnya saat transfer ke rekening orang lain.


Namun terkadang temen - temen sudah transfer ke rekening penerima tapi Struk atau Resi tidak mau keluar. Hal itu terkadang juga bisa terjadi karena kesalahan kita sendiri, seperti tidak memilih " Ya " pada layar ATM BCA saat menampilkan konfirmasi " Apakah Anda Ingin Cetak Resi? ", tapi justru temen - temen malah memilih " Tidak ". Alahasil Struk / Resi tidak keluar.


Lalu Bagaimana Solusinya?




Tenang Sob!! Kamu masih bisa kok mencetak ulang bukti transfer tersebut, sebenarnya sih bukan mencetak ulang karena memang mesin ATM BCA tidak memiliki fitur demikian. Namun temen - temen bisa memanfaatkan fitur Mutasi Rekening pada fasilitas ATM BCA, Internet Banking (Klik BCA) atau mobile Banking (m BCA).


1. Cara Cetak Ulang Bukti Transfer lewat Internet Banking (Klik BCA)


cara cetak ulang bukti transfer bca lewat internet banking


Cara pertama sangat saya rekomendasikan, yakni melalui Layanan Internet Banking BCA (Klik BCA). Temen - temen dapat memanfaatkan fitur History transaksi pada layanan Klik BCA. Kelebihannya temen - temen dapat melihat riwayat transaksi hingga 2 (dua) tahun kebelakang, selain itu informasi data transaksi yang ditampilkan juga cukup lengkap, mulai dari tanggal transaksi, jumlah dana, nama penerima dan status transaksi.


Berikut Langkah - langkah Cara Mencetak Mutasi Transaksi via Klik BCA :

  1. Silakan buka website resmi Klik BCA di m.klikbca.com
  2. Lalu masukan " User ID dan PIN Internet Banking ", setelah itu tekan " Login "
  3. Pada halaman utama tekan " History Transaksi ". Kamu dapat melihat Tanggal berapa dan Jenis Transaksi yang akan ditampilkan. Maksimal hingga dua tahun kebelakang, lalu klik " Kirim "
  4. Nantinya akan tampil Transaksi yang temen - temen lakukan pada tanggal yang dipilih tadi
  5. Untuk melihat keterangan transaksi lebih lengkap, klik salah satu transaksi yang temen - temen inginkan
  6. Informasi Transaksi akan ditampilkan secara lengkap, silakan klik " Cetak " untuk Print atau Screen Shoot History transaksi tersebut sebagai Bukti Transfer pengganti Resi / Struk.


Baca Juga : [100% Work] Cara Ketahui Lupa User ID BCA Internet Banking


2. Cara Cetak Ulang Bukti Transfer lewat Mobile Banking (BCA mobile)


cara cetak ulang bukti transfer bca lewat mobile banking


Cara Cetak Ulang Bukti Transfer BCA berikutnya yakni melalui BCA mobile. Lewat layanan m-BCA pada aplikasi BCA mobile, temen - temen dapat melihat mutasi rekening hingga 31 hari yang lalu dengan periode yang ditampilkan 7 hari.

 

Berikut Langkah - langkah Cara Mencetak Mutasi Transaksi via m-BCA :

  1. Silakan buka aplikasi BCA mobile atau download terlebih dahulu lewat Play Store
  2. Selanjutnya Login menggunakan " Kode Akses
  3. Lalu masuk ke menu " m-Info ", setelah itu pilih " Mutasi Rekening ".
  4. Setelah itu silakan tentukan mutasi dari tanggal berapa hingga tanggal berapa
  5. Nantinya akan tampil informasi transaksi keluar atau transaksi masuk, jenis transaksi, nominal, nama penerima serta tanggal transaksi
  6. Silakan " Cetak " atau Screenshoot Mutasi Rekening tersebut untuk pengganti Bukti Transfer.


Baca Juga : Lupa User Id Mobile Banking BCA? Begini Cara Mengetahuinya!!


3. Cara Cetak Ulang Bukti Transfer BCA lewat SMS Banking


cara cetak ulang bukti transfer bca lewat sms banking


Cara paling simple adalah dengan menggunakan layanan SMS Banking, Namun sebelumnya  temen - temen harus melakukan Registrasi dan Aktivasi melalui mesin ATM untuk mendapatkan Kode Akses.


Berikut Langkah - langkah Cara Mencetak Mutasi BCA via SMS Banking :

Untuk melihat mutasi rekening, silakan ketik SMS dengan format : MUTASI (SPASI) KODE AKSES. lalu kirim ke 69888


Sama seperti mencetak mutasi melalui ATM, SMS Banking juga hanya akan menampilkan 5 transaksi terakhir saja. Selain itu kekurangannya, kamu hanya akan menerima informasi tanggal transaksi, jumlah nominal dan jenis transaksi saja. Tidak hanya itu SMS Banking juga dikenakan biaya GSM Rp 500-Rp 1.620 dan untuk CDMA Rp 400-Rp 550.


Gimana? Apa temen - temen sudah ketemu solusinya? Layanan apa yang temen - temen suka? Bila ada pengalaman temen atau kendala saat mencoba cara diatas, silakan tulis komentar dibawah Ya!!


Catatan :

Dari ketiga layanan Bank BCA diatas, Untuk melihat Mutasi Rekening saya sarankan menggunkan layanan Internet Banking (Klik BCA) karena data yang ditampilkan lebih lengkap dan jelas.


FAQ Tentang Cara Cetak Bukti Transfer BCA


Apa bisa Cetak Bukti Transfer BCA lewat Bank?

Sangat Bisa. Melalui Kantor Cabang BCA kamu dapat Print Rekening koran secara lengkap pada buku tabubgan. Adapun dokumen yang harus dibawa seperti Buku Tabungan dan KTP.


Apa bisa Cetak Bukti Transfer BCA lewat mesin EDC?

Bisa. Silakan kunjungi Lokasi mesin EDC BCA, biasanya teedapat di Pusat Perbelanjaan, Toko - toko, Alfamart atau Indomart.