Cara Transfer BRI ke Mandiri lewat Internet Banking dan ATM

cara transfer bri ke mandiri

" Saya nasabah Bank BRI, mau transfer ke Mandiri. Berapa Kode Transfer Mandiri? Berapa pula biaya transfer lewat BRImo, BRI mobile, SMS dan Internet Banking? "


Cara Transfer BRI ke Mandiri – PT. Bank Rakyat Indonesia, merupakan salah satu Lembaga BUMN yang dikelola Pemerintah. Bank satu ini juga merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia, entah itu dari segi pelayanan maupun fasilitas.


Hal itu terbukti, di tahun 2019 saja tercatat ada sekitar 20.846  mesin ATM dan 3.209 ATM CRM yang tersebar diberbagai daerah. Temen - temen juga bisa mencari Lokasi ATM BRI Terdekat dengan layanan Google Maps.


Selian itu Bank BRI memiliki lebih dari 9.600 unit kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan juga dibantu oleh 467 kantor cabang, 611 Kantor Cabang Pembantu, 952 kantor kas dan 5.382 BRI Unit. Tidak hanya itu ada sekitar 2.049 teras BRI dan 422.160 Agen BRILink. Lihat juga Cara Mencari Agen BRILink Terdekat dan Cara Mencari Bank BRI Terdekat.


Selain itu Bank BRI juga membekali Kartu ATM dab layanan e-Banking, seperti SMS Banking, Internet Banking, Mobile Banking (aplikasi BRI mobile atau BRImo). Tentu saja semua layanan tersebut bertujuan untuk mempermudah nasabah dalam bertransaksi, seperti Transfer.




Berapa Kode Transfer BRI Ke Mandiri?


Kode Transfer merupakan nomor unik dari sebuah Bank yang digunakan sebagai identitas saat melakukan transaksi seperti transfer antar Bank. Setiap Bank tentu memiliki Kode yang berbeda beda, untuk Bank Mandiri sendiri adalah 008


Jadi bila temen - temen akan melakukan transfer dari BRI ke Mandiri melalui mesin ATM silakan masukan Kode Bank Mandiri + Nomor rekening Mandiri Tujuan. Contoh : 008001122334455.


Berapa Biaya Transfer dari BRI ke Mandiri?


Setiap jenis transaksi biasanya akan dikenakan biaya administrasi, tak terkecuali saat temen - temen melakukan transfer ke rekening Bank lain. Misalnya saat transfer ke Mandiri.


Dari setiap jenis layanan, jumlah biaya transfer juga berbeda - beda. Dan berikut ini daftar biaya Transfer dari BRI ke Mandiri :


Jenis Transaksi Biaya
Transfer ke Bank lain melalui ATM Link Rp. 4.000
Transfer ke Bank lain melalui non ATM Link Rp. 6.500
Transfer melaui Internet Banking Rp. 6.500
Transfer melalui SMS Banking Rp. 6.500
Transfer melalui Mobile Banking Rp. 6.500
Transfer melalui Kliring Rp. 5.000
Transfer melalui RTGS Rp. 25.000


Catatan : Untuk biaya transfer melalui ATM yang berlogo Link dikenakan biaya Rp. 4.000, sedangkan transfer dari ATM non Link biasanya dikenakan biaya sebesar Rp. 6.500.


1. Cara Transfer BRI Ke Mandiri Lewat Internet Banking

cara transfer bri ke mandiri via internet banking


Cara pertama temen - temen dapat memanfaatkan layanan Internet Banking BRI. Bila belum punya akun iB BRI silakan lihat di Cara Daftar Internet Banking BRI , Selanjutnya  ikuti langkah langkah Transfer Uang dari BRI ke Mandiri berikut ini :

  1. Silakan buka halaman https//ib.bri.co.id
  2. Lalu Login menggunakan user ID dan password IB BRI Anda yang telah didaftarkan
  3. Setelah berhasil login, selanjutnya pilih menu "Transfer". Lalu pilih "Transfer Antar Bank".
  4. Silakan lengkapi data Transfer, seperti Bank tujuan, Nomor Rekening tujuan serta nominal yang akan ditransfer. Jika sudah benar tekan "Kirim".
  5. Silakan konfirmasi apakah data tersebut telah sesuai atau belum? Jika benar masukan password dan klik "Permintaan m-Token"
  6. Nantinya sistem BRI akan mengirimkan nomor m-Token lewat SMS ke nomor HP yang telah didaftarkan saat registrasi iB BRI.
  7. Selanjutnya masukan m-Token lalu klik "Kirim"
  8. Jika berhasil nantinya akan ada pemberitahuaan Transaksi Berhasil.


2. Cara Transfer BRI ke Mandiri Lewat ATM

cara transfer bri ke mandiri via ATM


Selain untuk transaksi tarik tunai, mesin ATM juga bisa digunakan untuk berbagai transaksi perbankan lainnya. Misalnya cek saldo, pembayaran, beli pulsa, token lostrik maupun transfer. Untuk transfer sendiri dibutuhkan Kode Bank khusus saat mengirim uang ke nomor rekening Bank lain.


Lalu bagaimana Cara Transfer Uang dari BRI ke Mandiri? Berikut ini langkah – langkahnya :

  1. Silakan kunjungi gerai ATM BRI terdekat, bila belum tahu silakan lihat Cara Mencari ATM BRI Terdekat dari Lokasi Anda sekarang
  2. Setelah di ATM silakan Kartu ATM pada slot yang ada, dengan Chip berada di bagian depan sisi atas.
  3. Selanjutnya silakan pilih bahasa yang akan digunakan (Indonesia / English).
  4. Silakan input PIN ATM anda, pastikan PIN benar agar tidak terblokir. Lihat juga Cara  Buka Blokir (Enable-kan) Kartu ATM BRI.
  5. Setelah itu pilih menu "Transaksi Lainnya" lalu pilih "Transfer" dan pilih "Transfer ke Bank lain".
  6. Selanjutnya masukan Kode Bank Mandiri diikuti nomor rekening Mandiri tujuan. Contoh : 008112233445566. Jika sudah tekan "Benar".
  7. Masukan pula jumlah nominal transfer yang akan dikirim lalu tekan "Benar".
  8. Selanjutnya silakan masukan "Nomor Referensi", Anda juga dapat mengosongkannya lalu tekan "Benar".
  9. Silakan konfirmasi data yang muncul pada layar ATM, jika semua data telah benar silakan pilih "Ya".
  10. Silakan tunggu proses hingga selesai dan muncul notifikasi Transaksi Berhasil. Dan tekan "Ya" untuk mencetak Struk / Bukti Transfer. Lihat juga Cara Cetak Ulang Bukti Transfer BRI.


3. Cara Transfer BRI ke Mandiri Lewat BRImo

cara transfer bri ke mandiri via BRImo


Tahu aplikasi BRImo? Yups, BRImo adalah apliaksi perbankan terbaru BRI yang mempunyai banyak fitur menarik untuk kemudahan bertransaksi nasabahnya. Dengan BRImo temen – temen dapat melakukan berbagai transaksi, seperti Cek Saldo, Cek Mutasi, Transfer ke sesama BRI atau ke Bank lain.


Berikut ini Langkah - langkah Transfer Uang dari BRI ke Mandiri Lewat BRImo :

  1. Silakan Login ke aplikasi BRImo. Jika belum punya akun bisa lihat Cara Daftar dan Aktivasi BRImo.
  2. Setelah Login pilih menu "Transfer" lalu pilih nomor rekening tujuan. Apabila nomor rekening baru pilih "Tambah Daftar Baru".
  3. Selanjutnya pilih Bank tujuan "Mandiri" pada kolom daftar Bank, atau ketikan pada kolom pencarian. Tambahkan juga nomor rekening lalu klik "Lanjutkan".
  4. Kemudian masukan "Nominal Uang yang akan di Transfer" lalu klik "Lanjutkan".
  5. Konfirmasi data apakah sudah sesuai atau belum, Jika sudah benar tekan "Transfer".
  6. Selanjutnya masukan "PIN" lalu tunggu beberapa saat hingga proses selesai.
  7. Jika berhasil akan muncul notifikasi "Transaksi Berhasil". Selesai.


4. Cara Transfer BRI ke Mandiri Lewat BRI mobile

cara transfer bri ke mandiri via BRI mobile


BRI mobile merupakan layanan e-banking yang didalamnya terdapat beberapa aplikasi seperti Internet Banking BRI dan Mobile Banking BRI. Nah kali ini JejakSemut akan menggunakan Internet Banking BRI. Buat temen temen yang belum Registrasi bisa lihat Cara Daftar dan Aktivasi BRI Internet Banking.


Berikut ini Langkah - langkah Cara Transfer Uang BRI ke Mandiri lewat BRI mobile :

  1. Silahkan buka aplikasi BRI Mobile, atau download terlebih dahulu di Play Store atau App Store.
  2. Selanjutnya pilih menu " Internet Banking BRI" lalu Login menggunakan User Id dan Password.
  3. Langkah selanjutnya pilih menu "Transfer". Lalu pilih  “Transfer Ke Bank Lain
  4. Setelah itu klik pada bagian Ke Rekening
  5. Lalu pilih Bank tujuan (Bank Mandiri)
  6. Selanjutnya masukan nomor rekening tujuan dan klik "OK".
  7. Pada kolom Jumlah, masukan nominal uang yang akan ditransfer. Untuk nomor referensi bisa kalian isikan secara bebas. Jika sudah klik "Kirim".
  8. Nantinya akan muncul halaman verifikasi, silakan cek data sudah sesuai atau belum jika sudah masukan "Password" dan klik "Kirim".
  9. Jika berhasil nantinya akan muncul notifikasi "Transaksi Berhasil". Silakan screnshoot bukti transfer tersebut. Selesai.
  10. Jika lupa temen - temen juga dapat Cetak Ulang Bukti Transfer BRI.


5. Cara Transfer BRI ke Mandiri Lewat SMS Banking BRI

cara transfer bri ke mandiri via sms banking


Sebelum menggunakan layanan BRI SMS Banking, pastikan temen - temen sudah terdaftar ke layanan tersebut. Buat temen - temen yang sudah terdaftar bisa mengikuti langkah berikut :

  1. Silakan buka "Pesan" pada Ponsel Anda.
  2. Selanjutnya ketikan Format Transfer khusus dengan Format SMS “Transfer(spasi)Kode bank Mandiri 008 diikuti dengan Rekening Tujuan(spasi)jumlah nominal transfer(spasi)PIN. contoh : Transfer 008112233445566 500000 123456 "
  3. Pastikan format SMS yang temen – temen masukan telah benar, selanjutnya kirim ke 3300.
  4. Jika berhasil, nantinya akan ada notifikasi melalui SMS yang berisi Transaksi Berhasil.
  5. Lihat juga Kumpulan Format Transaksi BRI SMS Banking.


FAQ Tentang Cara Transfer BRI ke Mandiri


Berapa kode Transfer dari BRI ke Mandiri?

Kode Bank Mandiri adalah 008. Kode tersebut digunakan saat kamu menggunakan fasilitas mesin ATM atau layanan SMS Banking.


Berapa biaya Transfer BRI ke Bank Mandiri?

Saat transfer melalui ATM Link (jaringan Link) akan dikenai biaya sebesar Rp. 4.000. Sedangkan melalui ATM jaringan lain dan layanan SMS Banking, Internet Banking, dan Mobile Banking akan dikenakan biaya transfer sebesar Rp. 6.500.


Berapa Batas atau Limit Transfer BRI Ke Bank Mandiri?

Limit atau Maksimal transfer sebenarnya tergantung dari jenis Kartu Debit (ATM) yang kamu gunakan. Contohnya : Kartu Classic : Limit Transfer ATM BRI ke Bank lain maksimal Rp. 10 juta dan Kartu Gold maksimal Rp. 15 juta. Sedangkan Kartu Classic : Limit Transfer ATM Sesama Rekening BRI Maksimal Rp. 50 juta dan Kartu Gold maksimal Rp. 100 juta.


Apakah Bisa Transfer BRI ke Mandiri Lewat ATM Bank Lain?

Tentu saja bisa. Namun akan dikenakan biaya transfer antara Rp. 6500 - Rp. 7.500 per transaksi.