Syarat & Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan Orang Lain

Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan Orang Lain


" Mau ambil uang di Bank, tapi rekening punya orang tua. Apa bisa? Apa saja syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain? "


Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan Orang Lain – Sebenarnya ada banyak cara untuk mengambil uang di rekening tabungan. Mulai lewat ATM, Teras BRI, BRILink, maupun melalui kantor Cabang BRI. Berbagai cara dapat dilakukan bila rekening tabungan milik kita sendiri. 


Namun apa jadinya bila mengambil uang dengan buku tabungan orang lain?


Masalah satu ini pasti akan teratasi dengan mudah bila tarik tunai dengan kartu ATM. Tapi beda cerita bila Kartu ATM hilang atau Terblokir, mau nggak mau kita harus pergi ke Kantor Cabang untuk tarik tunai.


Lalu Apa bisa mengambil uang dari tabungan orang lain?


50 % Bisa. Kenapa saya bilang 50 %?


Mengambil uang dengan buku tabungan bukan milik sendiri, misalnya orang tua (Ibu atau Ayah), Suami atau Istri, Saudara kandung tidaklah mudah.


Kenapa?


Disini anda dihadapkan dengan prosedur Bank untuk menjaga keamanan nasabahnya. 


Dan dapat dipastikan, kamu akan ditolak jika hanya membawa buku tabungan untuk mengambil uang. Meskipun rekening tabungan tersebut milik orang tua kita sendiri.

 

Nah, untuk itu sebaikanya lengkapi berkas atau dokumen untuk meyakinkan pihak bank.


Apa saja Syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain? 


Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Misalnya mengambil uang di teller BRI, Hanya saja biasanya kamu akan diminta untuk melengkapi dokumen tertentu sebagai persyaratan.


Syarat mengambil uang di Teller Bank dari Buku Tabungan Orang lain :

  1. Surat Kuasa
  2. KTP pemberi kuasa
  3. KTP penerima Kuasa
  4. Buku Tabungan
  5. Kartu ATM jika ada


Dengan adanya beberapa dokumen pendukung, kita dapat lebih meyakinkan teller untuk memproses penarikan tuani yang Anda minta.


Tapi, menurut pengalaman pribadi dari sebagian nasabah mengatakan meskipun mereka telah melengkapi dokumen tersebut mereka tetap ditolak saat mengambil uang. Dengan alasan prosedur keamanan rekening nasabah.


Tapi, tidak ada salahnya untuk mencoba cara diatas. Karena setiap Kantor Cabang biasanya memiliki toleransi yang berbeda-beda. Dan banyak pula dari nasabah yang transaksinya diproses.


Baca Juga :

 7  Cek Nomor Rekening BRI yang Lupa hanya lewat HP

[Terlengkap] 90+ Lokasi ATM Setor Tunai / CDM BRI di Jakarta


FAQ tentang Cara Mengambil Uang dengan Buku Tabungan Orang Lain


Syarat mengambil uang dengan buku tabungan orang lain?

Biasanya Anda akan diminta melengkapi berkas, seperti : Surat Kuasa, KTP pemberi kuasa, KTP penerima Kuasa dan Buku Tabungan.


Apa bisa ambil Uang di bank tanpa KTP?

Tidak bisa. Anda akan ditolak mentah-mentah bila tarik tunai di teller BRI atau bank lain. Apalagi jika Buku tabungan milik orang lain.


Apa bisa setor tunai di Teller tanpa Buku Tabungan? 

Bisa. Berbeda dengan penarikan tunai, setoran tunai tanpa buku tabungan akan tetap diproses. Biasanya Anda hanya akan diminta menunjukan KTP saja.