7 Merk Senar Pancing Terbaik yang WAJIB!! Anda Koleksi

senar pancing terbaik

Senar Pancing Terbaik - Bingung cari senar pancing terbaik? Mungkin anda pernah mengalami Strike saat memancing namun gagal. Entah itu karena senar putus atau kenur yang anda gunakan mudah sekali kriting.

Pasti hal demikian sangat menjengkelkan bukan? Bukannya sibuk menarik ikan malah sibuk membetulkan senar yang semrawut karena kriting. Belum lagi kalau senar pancing kita putus, alhasil kita hanya sibuk membuat rangkaian tali pancing lagi.

Memang banyak sekali problem yang disebabkan senar pancing, untuk itu sebaiknya gunakan senar pancing terbaik agar acara memancing kita lebih mengasikan.

Lalu apa merek senar pancing terbaik yang rekomended?

Maksud dari terbaik yang akan saya bahas bukanlah dari segi harga atau senar pancing terbaik di dunia, namun dari kualitas yang sudah terbukti dilapangan.

Merek senar pancing yang mimin rekomendasikan bukan semata mata dari pengalaman pribadi, namun juga dari hasil diskusi para master pancing dalam suatu forum (kaskus.com).

Mau tahu merek senar apa saja itu?

Pada dasarnya semua merk tali pancing itu sama, hanya saja tingkat kekuatannya yang berbeda.

Dan tentunya dari semua tali pancing mempunyai kekurangan dan kelebihan masing masing.

Sebagai contoh,

Merk senar pancing A memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan senar B. Akan tetapi senar B mempunyai tingkat kelemasan yang lebih tinggi dibandingkan senar A.

Bila anda memiliki dua jenis senar tersebut dan akan memancing di kolam harian ikan mas, manakah yang akan anda pilih?

Tentu saja senar B, alasanya saat memancing ikan mas kita lebih memerlukan kenur pancing yang sensitif dan tidak terlalu membutuhkan kekuatan. Pasalnya ikan mas pada kolam harian biasanya tak lebih dari 1/2  kilo perekornya.

Baca Juga : 

Ikan Buta Senar? SALAH! Ini Cara Memilih Senar Pancing yang Benar
[Terlengkap] √ 30+ Daftar Harga Senar Pancing Blood Terbaru
12 Harga Senar Pancing Shimano Terbaik Terbaru 


Disinilah kejelian anda diperlukan dalam memilih senar pancing terbaik.

Ga usah bingung sob,

Dibawah ini mimin bagikan rekomendasi senar yang cocok untuk memancing di sungai, kolam maupun di laut.


7 Merk Senar Pancing Terbaik yang WAJIB!! Anda Koleksi


1. Senar Pancing OPT-HC Optima
senar pancing fluorocarbon terbaik

Harga Rp. 90.000,- hingga Rp. 120.000,-

Senar satu ini merupakan jenis senar Fluorocarbon yang memiliki kelebihan transparan (tidak terlihat) ketika didalam air. Senar ini juga sangat cepat tenggelam sehingga tidak mengambang di permukaan air.

Jenis senar pancing seperti ini sangat cocok untuk memancing ikan mas yang terkenal sangat sensitif terhadap lingkungan.

Pengakuan dari beberapa pemancing mengatakan bahwa senar OPT-HC mempunyai banyak kelebihan dibanding senar lainnya seperti daya renggang, kekuatan maupun tingkat kelemasan.

Dengan kelebihan seperti itu tali pancing tersebut juga cocok digunakan disegala medan.

Bila anda sedang mencari senar pancing fluorocarbon terbaik, mungkin ini bisa jadi pilihan.

2. Senar Pancing Vip Access Alphalon
senar pancing terbaik di dunia

Harga Rp. 150.000,- hingga Rp. 175.000,-

Buat yang suka casting pasti tahu senar pancing satu ini. Vip access alphalon merupakan jenis kenur yang punya kekuatan bagus.

Dengan size 0.3 mm mampu meladeni kekuatan hingga 25 lbs, artinya senar ini mampu meladeni ikan dengan berat kisaran 13 kg.

3. Braided Line Ocea Xtreme X8 XPower
senar pancing terbaik

Harga kisaran Rp. 120.000,-

Satu lagi senar yang cocok digunakan untuk casting ikan gabus.

Kenapa Braided Line Ocea Xtreme X8 XPower?

Senar jenis braided line lebih nyaman digunakan pada spot yang banyak tanaman air. Dan jenis spot seperti ini merupakan habitat dari ikan gabus.

Baca Juga : 10 Reel Pancing Mini Berkualitas yang WAJIB!! Anda Koleksi

Dengan tingkat elastis yang bagus, saat nyangkut dapat lebih mudah di tarik tanpa takut putus. Selain itu Ocea Xtreme X8 XPower juga punya kekuatan yang bagus.

Dengan kelebihan tersebut merk ini dijuluki sebagai senar pancing terbaik yang mimin rekomendasikan.

4. Senar Pancing Orca Technium
senar pancing terbaik

Harga Rp. 25.000,- hingga 35.000,-

Orca Technium merupakan jenis senar pancing mempunyai tiga lapis sehingga punya kekuatan yang baik. Kelebihan lain dari tali pancing satu ini adalah tingkat kelenturan yang cukup tinggi.

Dengan nilai plus tersebut senar ini cocok untuk memancing di kolam. Baik itu ikan mas maupun jenis ikan lainnya. Namun tetap harus disesuaikan dengan ukurannya. Dan yang lebih mengagetkan senar ini dibandrol hanya 25 - 35 ribuan saja.

5. Senar Pancing Ogawa QianLiu
Senar Pancing Ogawa QianLiu

Harga Rp. 35.000,- hingga Rp. 65.000,-

Satu lagi senar pancing yang memiliki daya lentur yang tinggi dan dengan tekstur yang sangat tipis, namun tetap kuat.

Saat ini banyak sekali pemancing yang menggunakan senar Ogawa QianLiu. Bahkan kisaran tahun 2015 merk senar satu ini sempat booming karena kelebihannya itu.

Dapat dikatakan Ogawa QianLiu termasuk senar yang mempunyai tingkat kelemasan terbaik. Karena alasan itulah Ogawa QianLiu sangat cocok digunakan di kolam maupun sungai.

6. Senar Pancing Exori hi Speed
Senar Pancing Exori hi Speed

Harga Rp. 40.000,- hingga Rp. 55.000,-

Buat anda yang suka memancing ikan bawal atau patin mungkin senar satu ini bisa jadi pilihan. Senar Exori hi Speed punya kekuatan hingga 25 lb atau 12 kg untuk size 0.30.

Rekomendasi ini saya dapat dari pengalaman pemancing para forum diskusi kaskus.

7. Senar Pancing Varivas Saltwater
Senar Pancing Varivas Saltwater

Harga Rp. 150.000,- hingga Rp. 200.000,-

Rekomendasi yang terakhir merupakan senar pancing PE yang bagus untuk memancing di laut. Memang harganya sedikit mahal, namun soal kualitas tidak perlu di tanyakan lagi.

Merk satu ini sudah sangat terkenal buat para pemancing laut. Bila anda berminat dengan tali pancing satu ini sebaiknya sediakan mahar kisaran 200 ribuan.


Cara Memilih Senar Pancing yang Bagus


Untuk memilih senar pancing yang bagus dan berkualitas sebaiknya perhatikan beberapa kriteria senar yang akan anda beli.

Entah itu dari segi sisi kelenturan (elastisitas), kekuatan senar, kelemasan senar, tekstur senar maupun beban senar.

Berikut penjelasan lengkapnya :

  1. Kekuatan Senar Pancing : kekuatan disini diukur dari kekuatan senar terhadap beban ikan serta seberapa kuat terhadap hentakan atau pergerakan ikan saat memberontak.
  2. Kelenturan /elastisitas : Kekuatan tanpa di imbangi elastisitas pasti akan percuma. Biarpun senar sangat kuat namun bila tingkat elastisitas rendah tentu senar akan mudah putus.
  3. Kelemasan Senar Pancing : Tingkat kelemasan senar pancing juga sangat penting. Kenur yang lemas akan mudah digulung dan tidak kaku.
  4. Tekstur senar : Tekstur senar yang bagus mempunyai ciri yang tidak mudah memantulkan cahaya, sehingga terlihat transparan di dalam air.
  5. Beban senar : Senar pancing yang baik adalah yang mempunyai sedikit beban. Artinya kenur tersebut mudah tenggelam jadi lebih nyaman digunakan.