10 Daftar Harga Ikan Koi Blitar Terindah tapi Murah 2020

ikan koi blitar

ikan Koi Blitar - Bicara soal ikan hias yang cantik dan indah tentu tidak akan jauh ikan koi. Memang ikan koi mempunyai bentuk yang indah dengan corak yang cantik.

Tak khayal bila banyak orang yang mengidolakan ikan koi sebagai penghias aquarium maupun kolam mereka. Di negara asalnya (Jepang) ikan koi dijadikan simbol kekuasaan dan kekayaan bagi pemiliknya.

Karena memang ikan ini memiliki harga jual yang tinggi. Selain itu ikan koi juga sering dikaitkan sebagai ikan pembawa hoki buat pemilknya.

Ikan koi masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dan merupakan cinderamata untuk Presiden Soeharto dari Kaisar Akihito. Dan sekarang ikan ini sudah menyebar hingga seluruh daerah di Indonesia.

Lalu Apa itu Ikan Koi Blitar?

Apa Keunggulan dari Ikan Koi Blitar?

Perlu anda ketahui, Ikan koi blitar bukanlah ikan jenis baru hasil persilangan di Blitar, namun ikan ini merupakan ikan koi murni dari Jepang.

Baca Juga : Ga Masuk Akal!! 7 Ikan Koi Termahal no.1 Seharga 27 Milyar

Dinamakan Ikan Koi Blitar karena ikan ini merupakan hasil budidaya para petani di Blitar. Dan pembudidaya di sana selalu mengutamakam kualitas yang bagus. Karena itulah ikan koi blitar banyak dicari kolektor ikan hias.

ikan koi blitar

Para petani di Blitar  sangat selektif dan cermat serta selalu menjaga keunggulan kualitas ikan koi mereka. Inilah yang membuat ikan koi satu ini mempunyai kualitas super.

Langkah - langkah yang dilakukan petani Ikan Koi Blitar guna mendapatkan jenis ikan yang berkualitas :

  1. Tidak menyilangkan ikan koi dengan jenis bukan koi.
  2. Melakukan penyortiran sebanyak 5 - 6 kali pada anakan berumur 1 - 2 bulan.
  3. Dan bagusnya lagi mereka akan membuang ikan yang jelek sebagai pakan lele.
  4. Mereka berfikir tidak ada gunanya memelihara ikan koi yang jelek. Karena hanya akan menambah biaya pakan saja, namun harga jualnya rendah dan tidak sepadan dengan biaya pakan.

Cara budidaya ikan koi yang dilakukan oleh para petani ikan koi blitar adalah faktor utama penentu kualitas ikan koi, pasalnya para pembudidaya ikan koi dalam melakukan proses budidaya selalu menjaga kemurnian akan ikan koinya. Untuk menjaga keunggulan kualitasnya para petani ikan koi dari Blitar ini sangatlah selektif dan cermat. Seperti misalnya ikan koi tidak disilangkan dengan ikan yang bukan jenis koi.


Daftar Harga Ikan Koi Blitar Terbaru


Dari segi harga, ikan koi blitar tergolong tidak murah namun juga tidak mahal. Harga ikan koi juga dipengaruhi oleh kualitas itu sendiri.

Selain itu ikan koi yang memenangkan kontes, harganya akan melonjak hingga berkali kali lipat.

Misalnya ikan koi kohaku asal Jepang terjual dengan angka 27 Milyar rupiah setelah memenangkan kontes ikan hias.

Jenis Ikan Koi Blitar  Harga
Ikan Koi Blitar Tancho Anakan Rp 35.000,-
Ikan Koi Blitar Tancho Dewasa Rp 400.000,-
Ikan Koi Blitar Orgon Anakan Rp 25.000,-
Ikan Koi Blitar Orgon Dewasa Rp 350.000,-
Ikan Koi Blitar Kohaku Anakan Rp 100.000,-
Ikan Koi Blitar Kohaku Dewasa Rp 4.000.000,-
Ikan Koi Blitar Shusui Anakan Rp 50.000,-
Ikan Koi Blitar Shusui Dewasa Rp 600.000,-
Ikan Koi Blitar Asagi Anakan Rp 45.000,-
Ikan Koi Blitar Asagi Dewasa Rp 500.000,-



Jenis - Jenis Ikan Koi Blitar Berkualitas



1. Ikan Koi Blitar Orgon
ikan koi blitar orgon

Ciri khas dari koi orgon pada umumnya mempunyai warna kuning pada punggungnya yang membentuk garis lurus.

Dan terus dikembangkan lagi hingga 5 generasi hingga muncul koi orgon yang berwarna emas pada kepala dengan variasi warna kuning dan perak.

Baca Juga : 10 Cara Merawat Ikan Pedang (Swordtail) yang Benar

Perutnya bersisik lebar dan berwarna keemasan. Selain itu sirip dadanya berwarna cerah berkilau meski meski suhu air tidak stabil.

2. Ikan Koi Blitar Tancho

ikan koi blitar tancho

Ikan Koi Tancho merupakan koi asal blitar yang mempunyai ciri ciri warna putih bersih mulai dari kepala hingga ekor. Adapun ciri khas dari koi tancho adalah adanya lingkaran merah pada kepalanya.

Koi tancho yang berasal dari blitar memiliki kualitas yang bagus sehingga sering di ekspor ke berbagai negara, tak terkecuali ke Jepang yang merupakan negara asalnya.

Ikan koi tancho juga memiliki varietas yang beragam sepert Ikan Koi Tncho Sankeni, Koi Tancho Kohaku dan Koi Tancho Showa.

3. Ikan Koi Blitar Kohaku
ikan koi blitar kohaku

Koi satu ini merupakan jenis koi yang termahal dan paling dicari. Koi kohaku juga merupakan jenis yang paling tua dibandingkan jenis lainnya.

Koi satu ini biasanya berwarna putih dengan corak merah di bagian atas. Koi  kohaku mempunyai kualitas yang bagus sehingga banyak dicari kolektor ikan hias.

Koi jenis ini juga mempunyai varietas yang cukup banyak, diantaranya Tancho Kohaku, Gin Rin Kohaku dan Maruten Kohaku.

4. Ikan Koi Blitar Asagi
ikan koi blitar asagi

Koi asagi asal blitar ini memiliki ciei khas pada belakang bagian tubuhnya dengan pola berwarna biru dengan kombinasi merah orange pada bagian sirip dan perutnya.

Adapun ciri ikan koi asagi yang terbaik dengan warna merah diatas garis lateral. Dari segi kualitas koi asagi sangatlah berkualitas. Hal tersebut dikarenakan adanya penyortiran khusus saat masih anakan.

Karena itulah ikan koi asagi di bandrol dengan harga yang mahal.

5. Ikan Koi Blitar Shusui
ikan koi blitar shusui

Koi asal blitar satu ini merupakan keturunan dari koi asagi, namun tetap dapat dibedakan satu sama lain.

Adapun perbedaan diantara keduanya terletak pada warna jaring biru pada koi asagi.  Untuk itu anda harus lebih teliti agar tidak salah membeli.

Itulah jenis jenis dan harga ikan koi blitar terbaru yang mimin rekomendasikan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat dan setidaknya ada gambaran mengenai ikan koi blitar.