Inilah!! Kelebihan CIMB Niaga Syariah dengan Bank Konvesional lainnya

cimb niaga syariah

CIMB Niaga Syariah - Mungkin kalian sudah sering mendengar tentang Cimb Niaga Syariah. Atau bahkan anda memang nasabah dari bank tesebut.

Memang kinerja unit usaha syariah (UUS) pada kuartal pertama tahun 2019 mengalami pertumbuhan yang signifikan. Salah satunya CIMB Niaga Syariah, yang berhasil menumbuhkan laba kisaran Rp. 236,52 Milyar.

Jumlah tersebut meningkat cukup signifikan sebesar 54,11% dibandingkan periode yang sama tahun lalu yang hanya mencapai Rp. 153,5 Milyar.

Apa itu CIMB Niaga Syariah?

Apa perbedaan CIMB Niaga dengan CIMB Niaga Syariah?

CIMB Niaga Syariah merupakan jenis tabungan yang digunakan untuk menyimpan dana dalam bentuk prinsip syariah. Dimana nasabah menggunakan akan madharabah, dengan pembagian hasil mencapai 75%. Nisbah merupakan rasio bagi hasil (pembagian keuntungan).


Kelebihan dan Kekurangan CIMB Niaga Syariah


Setiap bank tentu memiliki keunggulan masing masing, entah itu suku bunga yang tinggi, biaya administrasi murah atau fasilitas yang lengkap.

Namun berbeda dengan jenis bank konvesional, CIMB Niaga Syariah memiliki banyak keunggulan dibandingkan bank konvesional maupun bank syariah lainnya.

Kelebihan Tabungan CIMB Niaga Syariah :

  1. Ada dua jenis akad yang dapat anda pilih yaitu akan mudharabah dan wadiah. Akad Wadiah (bonus tidak diperjanjikan di awal), sedangkan Akad Mudharabah (bagi hasil/nisbah diberikan sesuai dengan perjanjian diawal antara bank dan nasabah).
  2. Tidak ada potongan bulanan tetap untuk kartu kredit, administrasi atau internet banking. Justru uang anda akan bertambah jika menggunakan akad mudharabah (bagi hasil).
  3. Fasilitas yang didapat juga termasuk komplit seprti kartu ATM, Kartu Kredit maupun CIMB click atau Go Mobile CIMB Niaga.
  4. Dapat membuat rekening baru melalui Internet Banking serta adanya tabungan deposito syariah dan konvesional biasa.
  5. Sama seperti fitur tabungan biasa, CIMB Niaga Syariah juga dapat dipakai untuk pembayaran tagihan seperti Listrik, PDAM, Kartu Kredit dan Telephone.
  6. Niaga Syariah juga sudah mendukung Rekening Ponsel. Apa itu Rekening Ponsel? Dimana anda dapat mengambil uang dengan smartphone, intinya no telepon digunakan sebagai pengganti ATM. Dimana passcode akan dikirim ke no anda guna konfirmasi transaksi tersebut.

Kekurangan Tabungan CIMB Niaga Syariah :

  1. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tabungan biasa (konvesional).
  2. Kantor cabang jumlahnya masih sedikit bila dibandingkan bank konvesional.
  3. Kita juga tidak tahu pasti uang yang kita tabung diputar untuk sesuatu yang halal atau tidak.


Syarat & Ketentuan Umum Kartu CIMB Niaga Syariah


Sehubungan dengan dikeluarkannya kartu CIMB Niaga Syariah dan tentunya atas nama pemegang kartu oleh PT Bank CIMB Niaga Tbk. Dimana nasabah (pemegang kartu) setuju dan tunduk dengan ketentuan yang berlaku.

Berikut ketentuan yang dikeluarkan CIMB Niaga :

  1. Limit Jasa "batas jumlah jasa transaksi pembayaran yang dapat dinikmati nasabah"
  2. Kafalah Fee "biaya jaminan pembayaran dari pihak Bank"
  3. Net Kafalah Fee "kafalah fee yang sudah dikurangi rebate dan dibebankan kepada nasabah (pemegang kartu).
  4. Pemegang Kartu "pemilik kartu yang datanya sudah tersimpan di bank dan tertulis pada fisik kartu"
  5. Pembayaran Minimum "jumlah minimum pembayaran yang harus dibayarkan nasabah (pemegang kartu) sebesar sedikitnya 10% dari total tagihan hingga jatuh tempo.
  6. PIN (Personal Identification Number) "biasa disebut password (nomor rahasia) yang digunakan untuk menikmati fasilitas bank tersebut (misalnya pengambilan uang tunai).
  7. Tanggal Jatuh Tempo "merupakan tanggal / batas terakhir pembayaran tagihan kartu yang dilakukan dan diterima Bank.


Persyaratan dan Tata Cara Membuka Tabungan CIMB Niaga Syariah


Bank CIMB Niaga adalah bank swasta yang ada di Indonesia dan sudah menjangkau seluruh penjuru Indonesia. Buat anda yang akan membuat rekening tabungan CIMB Niaga Syariah dan masih binggung syarat syarat apa sajakah yang harus dipersiapkan.

Mungkin sebagian orang masih beranggapan, bahwa rekening atau tabungan hanya dapat dimiliki orang yang memiliki uang banyak dan biasanya diperkotaan. Namun anggapan itu tentu salah besar, misalnya saja untuk membuka rekening CIMB Niaga Syariah hanya dikenakan Rp. 200.000,- untuk setoran awal.

Untuk membuatnya diperlukan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Apa saja itu?

Berikut Syarat Membuka Rekening CIMB Niaga Syariah :

  1. Umur minimal 18 tahun
  2. Mengisi formulir yang telah disediakan.
  3. Minimum setoran awal Rp. 200.000,-
  4. Fotokopi KTP/Paspor/KITAS
  5. Fotokopi NPWP (Bila Ada)

Itulah penjelasan singkat mengenai CIMB Niaga Syariah, semoga bermanfaat.