Waktu & Jam Makan Ikan Terbaik Berdasarkan Fase Bulan 2019

waktu mancing ikan terbaik

Update Juli 2019 | Waktu Mancing dan Jam Makan Ikan Terbaik - Memancing memang diperlukan keahlian khusus dan mengusai teknik mancing yang benar. Selain itu pemilihan umpan juga turut andil dalam kesuksesan saat memancing.

Satu lagi yang tidak kalah penting saat memancing adalah mengetahui waktu serta jam makan ikan yang tepat. Hal tersebut tentu wajib anda ketahui sebelum berangkat memancing. Tentu percuma bila anda memancing namun tak kunjung ada sambaran karena aktifitas ikan saat itu tidak bagus.

Lalu bagaimana cara memilih waktu yang tepat untuk memancing?

Saat terbaik untuk memancing adalah ketika ikan lebih aktif mencari makan. Khusus untuk ikan ikan laut, aktif tidaknya ikan mencari makan sangat dipengaruhi oleh kondisi pasang surut air laut dan fasa bulan.

Baca Juga : Reel Pancing Shimano Terbaik di bawah 1 Juta-an

Apa itu Fasa Bulan?

Fasa bulan merupakan kondisi penampakan bulan yang terlihat dari bumi, misalnya Bulan Mati, Bulan Separuh dan Bulan Purnama. Dan ternyata fasa bulan sangat mempengaruhi aktifitas ikan loh!!


Kalender Mancing berdasarkan Fase Bulan


waktu mancing terbaik dengan fase bulan

Keterangan :

  1. Kalender mancing tersebut dapat anda gunakan sebagai penentu waktu yang tepat untuk memancing khusunya di Muara maupun Laut (saltwater).
  2. Hindari memancing saat bulan terang (siang atau malam). Ketika bulan terang (full moon) ikan cenderung kurang galak saat makan, karena saat tersebut ikan sedang birahi untuk membuahi telur dan melepas telurnya.
  3. Waktu terbaik untuk memancing ikan adalah ketika bulan gelap, setengah terang / bulan separuh (half moon) dan gelap total (bulan mati). Pada saat seperti ini ikan akan lebih aktif mencari mangsa.
  4. Bulan purnama jatuh pada tanggal 17 Juli 2019 (kurang baik untuk memancing).
  5. Menurut kalender diatas Waktu terbaik untuk memancing adalah antara tanggal 1 s/d 10 Juli 2019 dan 25 s/d 31 Juli 2019.
  6. Sementara waktu paling bagus buat memancing yaitu ketika bulan gelap (bulan mati) yang jatuh pada tanggal 3 Juli 2019.

Baca Juga : 10 Reel Pancing Laut Murah dan Kuat Paling Laris


Jam Makan Ikan Berdasarkan Fase Bulan Harian


jam makan ikan terbaik

Ikan akan sangat aktif saat mencari makan pada jam jam tertentu, yakni ketika Bulan dan Matahari terbit dan terbenam. Dengan tabel berikut anda dapat melihat jam-jam makan ikan berdasarkan fase bulan (ketika terbit dan terbenam).

Catatan : Kalender mancing dan jam mancing ikan di ambil dengan patokan jam terbit dan terbenamnya bulan. Patokan tersebut dapat anda gunakan sebagai pedoman memancing di Indonesia (semua wilayah). Karena waktu terbit dan terbenamnya bulan di Indonesia hampir bersamaan.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkah laku ikan saat mencari mangsa. Dan ada beberapa faktor yang dapat anda jadikan pedoman untuk menentukan waktu yang ideal saat memancing, diantaranya :

Matahari dan Bulan

Percaya atau tidak, tingkah laku ikan ternyata sangat dipengaruhi kondisi bulan dan matahari. Dan beruntung saat ini sudah banyak teknologi canggih yang dapat memantau keadaan bulan dan matahari dengan mudah.

Periode Mayor dan Minor

Periode mayor merupakan periode dimana posisi bulan ada tepat di atas kepala. Waktu tersebut terjadi selama 2 jam, terhitung sejak posisi bulan tepat berada diatas kepala. Sedangkan Periode Minor merupakan periode ketika posisi bulan berada di kaki. Waktu tersebut terjadi selama 1 jam, terhitung sejak bulan terbit maupun terbenam.

Matahari Terbit dan Terbenam

Saat matahari terbit dan terbenam mungkin moment yang paling tepat untuk memancing. Dan waktu tersebut berkisar selama kurang lebih 45 menit.

Fase Bulan

Seperti yang kita bahas diatas, fase bulan memang sangat mempengaruhi tingkah laku makan ikan. Ada saat saat tertentu dimana ikan sangat agresif mencari makan dan hal itu juga dipengaruhi kondisi bulan terutama buat anda yang memancing di laut.

Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut di pengaruhi oleh posisi bulan dan matahari. Kondisi tersebut akan menyebabkan besar tidaknya arus air laut.

Selain hal diatas, tingkah laku ikan juga dipengaruhi beberapa faktor lainnya seperti Situasi dan kondisi, Tekanan Udara, Temperatur Air dan Kecepatan Angin.