Cara TerMudah!! Cek Rekening BRI masih Aktif Atau Tidak

Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak

Cek Rekening BRI Aktif atau Tidak - Punya Rekening BRI yang sudah berbulan bulan tidak digunakan? (Baik itu penarikan atau penyetoran). Namun ingin anda gunakan kembali dan takut rekening tersebut sudah tidak aktif?

Lalu Bagaimana Cara Cek Rekening BRI kita masih aktif atau tidak? 

Ada 2 kemungkinan yang terjadi bila rekening anda tidak digunakan dalam waktu yang lama, Status rekening menjadi Pasif atau di Nonaktifkan.

  1. Status Rekening Pasif, artinya Rekening anda masih memiliki cukup saldo untuk pemeliharaan seperti Administrasi Bulanan. Namun rekening sudah lama tidak digunakan. 
  2. Status Rekening Nonaktif,  artinya Rekening anda tidak memiliki cukup saldo untuk peliharaan. Dan rekening tersebut sudah tidak digunakan cukup lama.

Baca Juga :

Lupa Nomor Rekening BRI? Begini Cara Termudah Mengetahuinya
Inilah!! 3 Jenis Tabungan Bank BRI yang Paling DiMinati
Pakai Cara Ini!! Pinjam Uang di BRI Tanpa Jaminan Cepat DiSetujui


Apa Penyebab Rekening BRI di Nonaktifkan? 

Penyebab Rekening BRI di nonaktifkan :
Rekening tidak gunakan untuk transaksi (penyetoran atau penarikan) selama 365 hari berturut turut. (status rekening menjadi pasif)
Rekening tidak digunakan selama 1 tahun lebih dan tidak memiliki saldo cukup untuk biaya perawatan (administrasi bulanan, dan lain lain). (status rekening menjadi nonaktif)

Sebagai contoh anda mempunyai rekening tabungan BRI BritAma dengan saldo dibawah 50 ribu. Jika selama 1 tahun (365 hari) rekening tidak ada aktifitas, baik itu transfer,  penarikan atau setoran maka secara otomatis rekening anda akan dinonaktifkan.

Lalu Bagaimana Cara Cek Rekening Tabungan BRI Masih Aktif Atau Tidak?

Ada beberapa cara paling mudah untuk mengetahui apakah rekening BRI anda masih aktif atau tidak.  Cara dibawah ini merupakan cara paling mudah yang dapat anda lakukan.

Berikut Cara Cek Rekening Tabungan BRI Masih Aktif Atau Tidak :

  1. Datangi Mesin ATM terdekat - Setelah sampai Mesin ATM cobalah melakukan transaksi mengambil uang atau transfer ke nomor rekening lain. Bila transaksi ditolak, namun anda yakin tabungan ada saldonya berarti rekening anda berstatus pasif. Namun bila saldo kosong dalam jangka waktu diatas 1 tahun besar kemungkinan rekening anda telah dinonaktifkan. 
  2. Hubungi Layanan Call Center BRI di 14017 / 1500017. Layanan custemer service BRI satu ini dapat anda akses 24 jam. 
  3. Kunjungi Kantor Cabang BRI terdekat - Cara selanjutnya adalah mengunjungi kantor cabang BRI. Jangan lupa membawa buku Tabungan dan KTP asli ya!! nantinya anda akan dibantu CS untuk pengecekan keaktifan Rekening anda. 


Apa Bisa Mengaktifkan kembali Rekening BRI yang telah Nonaktif?

Tidak Bisa. Rekening dengan status nonaktif tidak bisa anda aktifkan kembali dengan nomor rekening lama, namun seperti saat membuat rekening baru.

Berbeda dengan rekening tabungan dengan status pasif. Rekening seperti ini masih bisa anda aktifkan kembali karena masih memiliki saldo yang cukup untuk perawatan tabungan.

Lalu Bagaimana Cara Mengaktifkan Kembali Rekening BRI?

Untuk Rekening tabungan BRI yang sudah lama tidak digunakan masih bisa anda aktifkan kembali, dengan catatan Rekening tersebut dalam status Pasif. Dimana biasanya rekening masih memiliki saldo dalam tabungan walaupun sudah tidak digunakan lebih dari 365 hari / 1 tahun.

Anda hanya perlu datang ke kantor cabang Bank BRI terdekat untuk mengaktifkannya kembali. Biasanya anda akan dimintai Buku tabungan dan KTP (kartu Tanda Penduduk) sebagai bukti kepemilikan rekening.

Itulah Cara Cek Rekening BRI masih Aktif Atau Tidak. Semoga Artikel diatas dapat bermanfaat.