Apa Itu Transaksi Reversal di Bank BRI? Ini Penjelasannya!!

transaksi reversal bank bri

Apa Itu Reversal? Apa Artinya Reversal di Bank BRI? 

Transaksi Reversal adalah sebuah pemberitahuan melalui SMS yang dikirim ke nomor nasabah yang telah terdaftar karena adanya kegagalan transaksi.

Tarik Tunai di mesin ATM BRI Gagal, lalu ada notifikasi melalui SMS Banking BRI dengan keterangan transaksi (reversal). Apa artinya? 

Guna meningkatkan kepercayaan nasabah,  saat ini Bank Rakyat Indonesia memberlakukan kebijakan notifikasi melalui SMS banking secara otomatis.  Notifikasi tersebut akan dikirim ke nasabah apabila ada kegagalan dalam transaksi diatas 500 ribu dari rekening tabungan.

Baca Juga :

Apa Itu mToken? Begini Cara Registrasi & Aktivasi mToken BRI
2X Request, SMS m-Token BRI Tidak Diterima? Ini Penyebabnya
Cara Mudah Ganti Nomor HP di Internet Banking BRI melalui ATM


Apa saldo kita aman? Atau bahkan sudah terpotong? 

Aman. Terkait kasus diatas dimana adanya notifikasi SMS yang diterima, Nasabah tidak perlu khawatir saldo terpotong karena adanya notifikasi SMS Banking.  Dimana dana akan dikembalikan 100 % secara otomatis ke rekening tabungan.

Untuk memastikan, anda dapat cek saldo (transaksi terakhir) melalui mesin ATM. Bisa juga menggunakan layanan Online (Internet Banking,  Mobile Banking atau SMS Banking).

Apakah SMS Banking Transaksi Reversal BRI dikenakan biaya SMS? 

Ya.  Berlaku biaya SMS yang nantinya dipotong langsung dari saldo rekening setiap bulannya.

Apa notifikasi SMS Reversal BRI dapat dinonaktifkan?

Bisa. Notifikasi seperti ini sebenarnya dapat dinonaktifkan,  atau diubah nomimal minimal transaksinya dengan menghubungi Call Center BRI. namun sangat direkomendasikan sebaiknya tetap mengaktifkan fitur ini demi menjaga keamanan Dana Rekening Tabungan.

Mengapa transaksi pada ATM BRI tidak terdebet?

Banyak penyebab yang mengakibatkan rekening tidak terdebet, misalnya jaringan Bank BRI buruk (gangguan) atau putus, Mesin ATM rusak (error), uang pada mesin ATM habis, mesin ATM tidak memiliki sejumlah dana (uang) yang anda minta sehingga tidak akan terdebet.

Apa saja penyebab terjadinya Transaksi Reversal (Transaksi Gagal)? 

Berikut beberapa sebab terjadinya Transaksi Reversal di Bank BRI:

  1. Nomor Rekening Tujuan Salah - Kesalahan transaksi satu ini biasanya dikarenakan kesalahan ketik saat transaksi. Sebaliknya anda bisa lebih berhati hati, karena salah satu angka saja, dan bila nomor rekening tujuan tersebut aktif tentu anda yang rugi.
  2. Transaksi Gagal - Transaksi jenis ini biasanya terjadi saat mengisi pulsa polsel, internet, token listrik dan lain lain. Kegagalan terjadi bisa karena nomor dalam masa tenggang, nomor tidak aktif atau kesalahan dalam pengetikan. 
  3. Time Out - Kesalahan satu ini bisa disebabkan karena adanya kesalahan sistem dan proses tidak lagi dapat dilanjutkan.
  4. Outer - Outer terjadi dimana nomor tujuan diluar wilayah (cluster). Namun biasanya sistem akan langsung mengenali nomor tujuan berdasarkan HLR yang telah dipasang ke sistem. Outer juga terjadi pada transaksi yang dilakukan mengunakan kode dan bila tidak menggunakan kode, sistem akan secara otomatis bekerja.
  5. Transaksi Dibatalkan - Biasanya terjadi karena Operator / Custemer Service membatalkan transaksi karena hal tertentu, misalnya pulsa tidak masuk. 
  6. Terjadi Gangguan - Kegagalan pada transaksi ini dikarenakan sedang ada gangguan teknis pada Provider entah itu Crash Software, Hardware maupun jaringan internet. 

Kesimpulan :

Transaksi Reversal BRI adalah pesan yang dikirim melalui notifikasi SMS dari Bank BRI memberitahukan bahwa telah terjadi pengembalian dana setelah adanya transaksi gagal saat tarik tunai atau jenis transaksi lain menggunakan kartu debit pada mesin ATM BRI atau Bank lain.  Dana tersebut akan otomatis dikembalikan ke rekening tabungan.