Suka Boncos / ZONK? Ini Cara Mancing Ikan Patin Liar yg Benar

cara mancing ikan patin liar
" Mau berburu Ikan Patin di Sungai / Danau? Tapi sering " Boncos " / " ZONK "? Pelajari Cara Mancing Ikan Patin Liar di bawah ini!! Dijamin Ampuh "

Cara Mancing Ikan Patin Liar - Suka Mancing Ikan Patin Liar di Sungai, Waduk, Rawa atau Danau? Tapi sering Boncos atau ZONK ? Apa yang salah? Padahal Sudah pakai Umpan Ikan Patin Liar Paling Jitu, tapi tetap ZONK?

Tenang SoB!! Pada artikel kali ini JejakSemut akan membahas tentang keluhan diatas. Perlu sobat ketahui, saat memancing ikan patin liar di sungai atau danau, ada beberapa Teknik dan Cara Mancing Ikan Patin Liar yang harus sobat ketahui. Misalnya Memilih Spot Terbaik, Rangkaian Kail Ikan Patin Yang Benar, Teknik Mancing Ikan Patin yang Benar dan lain sebagainya.

Ok Sob!! Yuks kita bahas, satu persatu!! 

Baca Juga :

[Pengalaman Pribadi] Umpan Ikan Patin Liar di Sungai & Danau
25 Resep Essen Oplosan Ikan Patin Galatama Paling Jitu & Ampuh
Pakai Buah Ini!! Umpan Ikan Bawal Alami Paling Jitu



Sifat, Kebiasaan Serta Cara Makan Ikan Patin di Alam Liar


Ikan patin atau biasa disebut ikan jambal merupakan ikan air tawar yang habitatnya di sungai, rawa dan danau. Buat para angler tentunya wajib mencoba tarikan dari ikan satu ini, terutama di alam liar. Mendapatkan ikan patin di alam liar tentu menjadi kebanggaan tersediri bagi pemancing.

Tenaga yang kuat dari ikan patin menjadi tantangan tersendiri dan tentunya kepuasan buat angler sejati. Tentu hal tersebut tidaklah mudah, perlu trik dan cara khusus agar ikan patin bisa didaratkan. Hal tersebut meliputi umpan, piranti, serta teknik yang digunakan.

Dan kali ini mimin akan berbagi tips tentang pengalaman saat memancing ikan patin di danau ataupun sungai. Tak perlu terlalu lama gan, langsung saja mimin beberkan tips dan cara mancing ikan patin.

Sebelum membuat rangkaian kail ikan patin sebaiknya ketahui dahulu sifat ikan patin saat makan umpan berupa pelet. Hal ini sangat penting karena dengan mengetahui sifat ikan patin, kita bisa menentukan rangkaian apa yang pas dipakai untuk memancing ikan patin.

Biasanya ikan patin makan umpan dengan cara yang sangat halus yakni pelet akan disundul-sundul dengan mulutnya. Kemudian di bawa pergi agak jauh, baru kemudian umpan ditelan. Jadi apabila kalian terburu-buru menghentakan joran saat senar baru menegang biasanya sering Zonk.


Tips dan Trik Memilih Spot/Tempat Mancing Ikan Patin


cara mancing ikan patin liar

Menentukan Spot/tempat memancing memang sangatlah penting. Pastinya percuma bila kalian memancing seharian meskipun dengan umpan yang jitu dan ampuh sekalipun. Namun di tempat itu tidak terdapat ikan patin.

Memancing ikan patin memang tidak boleh sembarangan atau asal lempar saja.  Dengan spot yang tepat pastinya tak akan ada istilah boncos/zonk saat memancing. Untuk itu keahlian dalam menentukan spot memancing harus kalian miliki.

Cara Memilih Spot/Tempat Mancing Ikan Patin Di Sungai

Spot atau titik mancing ikan patin sangat dipengaruhi oleh cuaca dan musim. Saat kemarau ikan patin lebih senang berada di lubuk-lubuk yang memang tempat tinggalnya. Sedangkan saat musim penghujan ikan ikan patin akan menyebar dan bermigrasi dari lubuk-lubuk kearah hilir.

Saat musim penghujan kalian bisa memancingnya di sembarang tempat, asalkan lebih dalam dari perairan yang lainnya.

Cara Memilih Spot/Tempat Mancing Ikan Patin Di Rawa, Danau dan Waduk

Berdasarkan pengalaman para angler yang sudah terbiasa memancing ikan patin. Ada 3 tempat atau spot yang biasa didiami ikan patin, yaitu :

1. Disekitar Rumpon Alami

Rumpon adalah tempat atau spot yang terbentuk secara alami, misalnya bekas pohon tumbang. Biasanya dibawah pohon tumbang dijadikan tempat tinggal ikan-ikan predator seperti lele dan patin. Tempat seperti ini sangat cocok untuk melempar umpan. Untuk besar ikan patin yang mendiami spot ini juga beragam mulai dari dibawah 1 kg hingga berukuran jumbo/babon.

2. Disekitar Keramba

Keramba merupakan tempat yang sangat favorit buat ikan patin. Makanan berupa pelet yang jatuh kedasar dari keramba menjadikan titik ini dihuni ikan-ikan beragam termasuk ikan patin. Usahakan memancing disekitaran keramba, namun jangan terlalu dekat karena potensi kail tersangkut keramba juga besar.

3. Dipinggir Waduk, Rawa atau Danau

Untuk spot satu ini memang kurang Mantap dibandingkan sekitar keramba atau rumpon. Kita hanya menunggu ikan patin yang lewat untuk mencari makan ke pinggiran.

Memancing dipinggiran perlu trik khusus. Meski dipinggiran kalain harus mencari daerah yang paling dalam serta spot yang sering dipancing. Karena sering dipancing pastinya umpan-umpan berupa pelet dan cacing atau yang lain bertebaran di spot tersebut. Dan pastinya ada potensi ikan bekumpul ditempat seperti itu.

CATATAN :

Waktu Yang Pas Untuk Memancing Ikan Patin

Bicara soal waktu sudah saya jelaskan tadi diatas. Yakni pada saat Musim Penghujan tiba. Saat inilah ikan patin akan lebih mudah dipancing karena populasi lebih banyak dan menyebar ke semua penjuru sungai. Namun kalian juga tetap bisa memancing ikan patin pada musim kemarau tetapi saat itu akan lebih sulit dipancing.

Lebih bagus mancing Siang atau Malam ??

Karena ikan patin termasuk ikan nocturnal (lebih aktif pada malam hari) jadi jelas saja Malam Hari lebih efektif untuk memancing. Tapi perlu digaris bawahi sifat tersebut hanya berlaku untuk ikan patin liar saja. Berbeda dengan ikan patin kolam yang sudah beradaptasi dan memang sudah terbiasa diberi makan pada Siang Hari.


Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Patin


Untuk membuat rangkaian pancing ikan patin dibutuhkan beberapa bahan seperti : senar, kail, pelampung, stopper dan timah pemberat.

Cara Merakit Rangkaian Pancing Ikan Patin Liar (Rangkaian Pop Up) 

Setelah mengetahui kebiasan ikan patin diatas. Sekarang kita bisa menyimpulkan dan membuat rangkaian pancing jenis apa yang cocok untuk ikan patin. Menurut pengalaman beberapa pemancing rangkaian paling pas adalah jenis Pop Up.

Pop up merupakan rangkaian kail yang dibuat seri dengan umpan pelet. Dan apabila umpan diemut kail yang satunya akan meleji keluar. Sehingga potensi hook up lebih besar.



Baiklah Berikut Cara Membuat Rangkaian Pancing Ikan Patin

1. Siapkan senar yang agak kaku, bisa menggunakan senar ukuran 0.45.
Kenapa menggunakan senar ukuran besar??
Agar saat umpan diemut kail pertama bisa melejit keluar dengan mudah.

2. Siapkan juga mata kail, kail pertama menggunakan ukuran no. 6 sedangkan kail kedua bisa memakai no. 5 atau on. 4.

3. Ikat kail utama (kail ukuran no. 6) dengan senar sepanjang 5 - 7 cm. Lalu buat rangkaian seri dengan masang kail tambahan (kail yang lebih kecil).

4. Setelah kail terikat semua kemudian masukan pemberat dengan memberikan stopper agar tidak bergeser jauh dari kili-kili. Setelah itu ikatkan kail utama ke kili-kili yang tersambung ke mata kail.

5. Apabila kalian suka menggunakan pelampung. Maka yang harus diperhatikan adalah jarak antara kail ke pelampung harus sama dengan kedalaman sungai atau kolam.


Tips dan Teknik Memancing Ikan Patin di Sungai dan Kolam


cara mancing ikan patin liar

1. Siapkan piranti mancing mulai dari reel, joran, pelampung, kail dan umpan.

2. Untuk teknik memancing bisa menggunakan teknik glosor atau menggunakan pelampung. Namun mimin merekomendasikan untuk menggunakan teknik glosor saja.

3. Mengingat kebiasaan ikan patin yang mencari makan didasar sungai maupun kolam. Jadi teknik glosor (tanpa pelampung) mimin kira lebih tepat.

4. Gunakan rangkaian kail jenis Pop Up, rangkaian ini juga sangat cocok dengan sifat ikan patin. Untul cara membuatnya sudah mimin jelaskan diatas.

5. Pilih spot yang tepat saat akan memancing ikan ini. Ikan pati lebih suka mencari makan di daerah yang lebih dalam dari sekitarnya. Dan biasanya tempat seperti ini ada di tengah sungai. Jadi lemparkan umpan di tengah sungai.

6. Karena kita menggunakan teknik glosor, jadi kencangkan kenur setelah melempar umpan. Tunggu hingga ada sambaran.

7. Begitu ada sambaran. Jangan terburu-buru menghentakan joran kalian. Mimin ingatkan lagi, saat makan ikan patin tidak akan langsung menelannya. Namun menyundul-nyundul dengan mulutnya lalu membawanya barj kemudian memakannya.

8. Nah karena sifat tersebut rangkaian Pop Up sangat dibutuhkan untuk mengurangi potensi mocel atau zonk.

9. Hentakan joran ke dua kalinya, tetapi pelan saja. Menghentakan joran kedua kalinya dimaksudkan agar kail bisa menancap sempurna. Terkadang kail sudah menancap namum hanya di ujung mulut yang keras. Dan faktor inilah yang menyebabkan kail bengkok atau bahkan ikan lepas/mocel.

10. Maka dari itu diperlukan hentakan kedua (namun jangan terlalu keras). Agar kail bisa menancapa dan pada posisi yang sempurna.


Umpan Jitu Ikan Patin Liar di Sungai / Danau


Mungkin sobat pernah mendengar, umpan ikan patin yang ampuh adalah bala-bala (bakwan). Benar sekali Sob!! Bala bala memang dapat digunakan untuk memancing ikan patin. Benar saja, banyak pemancing yang sukses mendaratkan ikan patin babon menggunakan Bala bala. Hal tersebut dikarenakan, minyak yang keluar dari bala bala cukup banyak dan menggoda ikan patin untuk menyambarnya.

Selain bala bala, Usus Ayam dan Roti Tawar juga terkenal sangat ampuh untuk memancing ikan patin.

Untuk informasi mengenai Umpan Ikan Patin Liar di Sungai maupun Danau lebih lebgkap bisa lihat di [Pengalaman Pribadi] Umpan Ikan Patin Liar di Sungai & Danau.

Itulah tips dan trik memancing ikan patin baik di sungai, rawa, danau maupun kolam. Tips tersebut bisa anda praktekan agar potensi strike lebih besar. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat.