Begini!! Cara Memberi Jentik Nyamuk (Ncuk) buat Ikan Cupang

jentik nyamuk buat ikan cupang

" Cari Pakan Alternatif buat Ikan Cupang? Apa Jentik Nyamuk Aman buat Ikan Cupang? Berapa Takaran Pemberian pakan Jentik Nyamuk? Bagaimana Cara Memberi makannya? "

Jentik Nyamuk buat Ikan Cupang - Tahu Jentik Nyamuk bukan? Ya!! Larva nyamuk yang bisanya menggantung dipermukaan air. Larva ini juga sering disebur Cuk atau Uget Uget. Dan ternyata Jentik Nyamuk bisa juga loh digunakan sebagai pakan Ikan Cupang.

Dimana Jentik memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sangat baik buat ikan cupang. TAPI!! harus sesuai takaran ya (tidak boleh berlebihan). Memberi makan jentik nyamuk buat ikan cupang dan berlebihan justru sangat berbahaya.

Baca Juga :

Ini! 10 Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara Meski Minim Oksigen
10 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah dan Penuh Warna
Inilah!! 7 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Murah tapi Cantik



Teknik Pemberian Pakan Ikan Cupang yang Benar


jentik nyamuk buat ikan cupang
peluangusaha.lelemuku.com

Salah satunya sebagai pakan ikan cupang, pakan ini sangat baik untuk pertumbuhan ikan cupang agar berkualitas. Ikan cupang akan tumbuh pesat bila anda rutin memberikan jentik nyamuk. Saat musim kemarau anda akan dengan mudah menemukan larva ini pada air yang menggenang.

Namun perlu diingat, sebaiknya tidak memyimpan jentik nyamuk secara berlebihan. Karena pada akhirnya larva nyamuk akan tumbuh menjadi nyamuk, yang justru akan mengganggu anda.

Satu hal lagi yang tidak kalah penting!!  Usahakan tidak memberi pakan cupang berupa jentik nyamuk / cuk yang sudah menjadi kepompong (bengkok bulat dengan kepala hitam). Cuk seperti itu sangat tidak baik buat ikan cupang dan menyebabkan perut buncit, bahkan dapat menyebabkan kematian pada cupang anda.

Sebenarnya ada umpan lain yang bisa digunakan sebagai pakan ikan cupang, yakni cacing sutra. Namun bila anda ingin berhemat sebaiknya gunakan pakan larva nyamuk saja. Selain murah, pakan juga kaya akan kandungan gizinya.

Tips Memilih Jentik Nyamuk / Cuk yang Bagus :

  1. Jentik nyamuk yang anda ambil dari alam biasanya bercampur dengan larva hewan lainnya. Jadi sebaiknya pisahkan/bersihkan terlebih dahulu. 
  2. Caranya >> masukan jentik nyamuk kedalam air es. Alhasil larva nyamuk akan pingsan (akan menghadap kedasar) sedangkan non-jentik nyamuk akan mengambang dipermukaan air. 
  3. Bersihkan kotoran yang mengambang dipermukaan air secara perlahan. Setelah itu anda bisa mengambil jentik tersebut menggunakan saringan halus. 
  4. Lalu masukan kedalam air bersih yang telah di beri PK (mentilen Blue) dengan dosis 1/2 tetes untuk 15 liter air. 
  5. Hal tersebut berfungsi sebagai sterilisasi jentik/cuk/uget-uget serta menyadarkan dari pingsan. Barulah siap digunakan untuk pakan ikan cupang. 



Cara Budidaya Jentik Nyamuk/Cuk


jentik nyamuk buat ikan cupang
wikipedia.org

Selain mengambil dari alam, anda juga dapat membudidayakannya sendiri.

Bagaimana caranya?? 

Pada dasarnya nyamuk berkembang biak dengan perkawinan terlebih dulu. Nyamuk betina mempunyai cadangan makanan setelah menghisap darah, 1 minggu kemudian mereka akan mulai bertelur. Lalu merekan akan mencari air yang menggenang untuk menyimpan telurnya.

Nyamuk lebih suka meletakkan telurnya pada permukaan air yang ada tumbuhan atau kotoran mengapung. Anakan nyamuk seperti itu disebut plankton, mereka bernafas menggunakan trachea dengan cara menyembulkan ekor ke udara (permukaan air).

Setelah menetas cuk akan memakan kotoran yang membusuk atau jasad renik. Sebelum menjadi nyamuk dewasa jentik akan berubah menjadi kepompong lalu setelah 1 - 3 hari barulah berubah menjadi nyamuk dewasa.

Cara Pembibitan Jentik Nyamuk :
  1. Sediakan wadah palstik / ember dengan diameter 30 cm.
  2. Isi ember dengan air bekas cucian atau leri. 
  3. Simpan wadah tersebut pada tempat yang banyak nyamuknya. 
  4. Bila tetap tidak ada telur (diteluri) sebaliknya ganti leri dengan yang baru. 
  5. Telur nyamuk akan mengambang di permukaan air secara bergerombol.
  6. Pindahkan telur ketempat penetasan.
  7. Caranya >> ambil lidi lalu masukan kedalam air dengan cara dimiringkan. Setelah telur menempel pindahkan kedalam wadah penetasan.
  8. Setelah wadah terisi telur, tutup menggunakan kelambu hingga jentik menetas.


Itulah Cara Pemberian Pakan Jentik Nyamuk untuk Ikan Louhan. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat, bila akan kritik dan saran silakan tulis pada kolom komentar. Salam Budidaya Indonesia.