10 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah dan Penuh Warna

ikan air tawar terindah
aquariumfishexport.biz

Ikan Hias Air Tawar Terindah - Memelihara ikan hias memang sangat menyenangkan, baik itu di kolam maupun aquarium. Warnanya yang cantik dan beragam ditambah lagi bentuknya yang enak dilihat menjadi daya tarik tersendiri buat pecinta ikan hias.

Ikan hias air tawar juga tergolong mudah dipelihara tanpa perlu perlakuan khusus. Banyak jenis ikan hias yang dapat anda pelihara sendiri di rumah menggunakan  aquarium atau aquascape.

Tak khayal kolektor pecinta ikan hias rela merogoh dompet hingga jutaan rupiah demi mendapatkan ikan hias air tawar terindah dan tercantik dambaannya.

Memang banyak sekali jenis ikan hias Indonesia yang unik dan indah. Bahkan salah satunya diklaim menjadi ikan hias terindah di Dunia.

Baca Juga : 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Langka, No.1 Seharga 5,7 Milyar!!

Tidak hanya dipelihara saja, saat ini banyak orang yang membudidayakan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Di Indonesia sendiri ada 363 jenis ikan hias yang di ekspor ke berbagai negara.


10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Tercantik Di Dunia





 1. Ikan Arwana
ikan hias arwana
duniaq.com

Satu lagi ikan hias air tawar terindah di dunia, yakni ikan arwana. Ikan ini sudah sangat pelopuler di dunia karena memang bentuknya yang menawan dan indah.

Gerakannya yang lamban dan terlihat gagah saat berenang namun sangat agresif saat mengejar mangsanya.

Ikan arwana juga mempunyai banyak varietas warna dengan sisik yang terlihat mengkilap. Dengan keindahan dari

ikan arwana, tak khayal ikan ini dibadrol cukup mahal.

2. Ikan Sepat Hias
ikan sepat hias

Ikan air tawar tercantik berikutnya adalah sepat hias. Tidak seperti ikan sepat rawa yang sering kita jumpai, sepat hias memiliki warna yang cukup beragam seperti bintik pelangi, sepat blue, sepat albino dan sepat yellow

Namun dilihat dari bentuknya tetap sama dengan ikan sepat pada umumnya. Karena jenis ini juga masih kerabat dengan ikan gurame.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Di Campur satu Aquarium

Uniknya sepat jenis ini mempunyai kumis sirip yang cukup panjang serta corak warna yang khas.

Namun ikan sepat hias tergolong susah dibudidayakan,

dan karena itulah ikan ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

 3. Ikan Cupang
kuyahejo.com

Jenis satu ini tentu sudah sangat populer di Indonesia. Warnanya yang indah dan beragam menjadi nilai lebih buat ikan cupang.

Biasanya ikan cupang mempunyai gerakan yang lamban, untuk menunjukan keanggunannya dengan mengibaskan sirip serta ekornya yang cantik.

Namun sifatnya yang galak, sebaiknya jangan menyatukan ikan cupang dalam satu aquarium. Karena selain sebagai ikan hias

, cupang juga dikenal sebagi ikan aduan.

4. Ikan Guppy
ikan hias guppy
cara.pro

Ikan guppy merupakan ikan hias air tawar yang di sebut paling cantik, ukuran siripnya yang besar dengan corak warna yang cantik menambah keindahan ikan ini.

Di Indonesia sendiri ada kisaran 40 jenis ikan guppy yang punya corak berbeda beda. Ikam ini sangat cocok dipelihara dalam jumlah banyak, karena ukurannya yang kecil hanya antara 2 - 5 cm saja.

Warna ikan guppy sangat bervariasi seperti biru, kuning, hijau dan kombinasi warna lainnya. Dengan warna seperti itu

membuat ikan guppy tampak lebih indah dan cantik.

5. Ikan Koi
ikan hias koi
gdmorganic.com

Ikan satu ini berasal dari negeri Jepang dan merupakan salah satu jenis ikan terindah di Dunia. Tak khayal ikan koi cukup banyak dicari dan tidak pernah sepi pembeli.

Warnanya yang cukup beragam serta corak yang indah menjadi daya tarik tersendiri buat kolektor ikan hias. Dari sekian banyak jenis, ikan koi jenis baster yang paling laku di pasaran. Warna pola tubuh ikan koi baster terlihat lebih indah dibandingakan jenis lainnya.

Ikan ini termasuk jenis ikan hias yang cukup jinak dengan gerakan yang lamban. Sebaiknya pelihara ikan koi pada kolam dengan air yang mengalir karena ukurannya tergolong cukup besar. Namun ikan koi tetap bisa dipelihara di aquarium

loh!! pastinya dengan aquarium yang besar ya!!

6. Ikan Neon Tetra
ikan hias neon tetra
tokopedia.com

Habitat asli ikan neon tetra berasal dari sungai amazon. Namun saat ini sudah banyak ditemui di penjuru Dunia, termasuk Indonesia.

Neon tetra mempunyai daya tarik tersendiri dengan ciri khas yang terlihat menyala di kegelapan. Sirip  punggungnya sangat lembut dengan warna biru di sepanjang tubuhnya. Warna inilah yang terlihat menyala di kegelapan.

Pada bagian perut ikan ini berwarna putih, sedangkan pada bagian atas pangkal ekor berwarna merah menyala. Sedangkan siripnya lebih transparant.

Neon tetra memiliki ukuran yang relatif kecil yakni hanya sekitar 3 cm saja. Untuk itu sebaiknya

pelihara dalam jumlah banyak agar terlihat lebih cantik.

7. Ikan Molly Balon
topikanguppy.com

Apa itu ikan molly balon? ikan ini disebut molly balon karena bentuknya menyerupai balon. Bentuknya yang unik itu membuat ikan ini banyak dicari.

Selain itu ikan molly juga mempunyai sifat ramah terhadap jenis lainnya. Jadi sangat cocok dipelihara dengan ikan lain yang ramah pula.

Ukuran maksimal ikan ini hanya sekitar

12 cm saja, jadi tidak memerlukan aquarium yang besar.

8. Ikan Pedang
ikan hias pedang
steemit.com

Ikan ini juga mempunyai bentuk yang unik, dijuluki ikan pedang karena memabg bentuknya menyerupai pedang. Sebenarnya ikan satu ini masih kerabat dekat dengan ikan guppy.

Warna ikan ini juga cukup variatif, seperti biru perak, putih hingga orange. Ikan pedang mempunyai sifat yang tenang sehingga sangat cocok dipelihara dengan jenis lainnya.

Jenis ini banyak sekali dijumpai di toko toko ikan dan juga sering digunakan sebagai pakan ikan

predator seperti arwana, aligator dan louhan.

9. Ikan Harimau Sumatera
ikan hias harimau sumatera
tribunnews.com

Dari namanya saja sudah dapat dibayangkan corak serta asal asul ikan ini. Memang benar corak ikan harimau sumatera mirip seperti harimau dan berasal dari pulau sumatera.

Ikan ini memiliki warna kuning cenderung orange dengan corak hitam memanjang.  Warnanya yang cantik tentu akan menghiasi aquarium anda.

Namun sangat disayangkan ikan

hariamu sumatera sudah jarang ditemukan, terutama di alam liar.

10. Ikan Mas Koki
ikan hias koki
semuaikan.com

Ikan satu ini merupakan salah satu jenis yang memilki varietas terbanyak di dunia. Entah itu dari segi bentuk, ukuran serta warna.

Ciri khas dari ikan mas koki adalah perutnya yang buncit, mata besar serta sirip dan ekornya yang panjang. Dilihat dari bentuknya terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

Ikan mas koki juga termasuk jenis ikan hias yang paling banyak dicari selain arwana dan louhan. Itulah alasan kenapa banyak pecinta ikan hias memelihara ikan ini.

Itulah 10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah Paling Banyak di cari para pecinta ikan hias.

Gimana tertarik untuk mengisi aquarium anda dengan salah satu jenis diatas?

Sebelum membeli tentu harus anda sesuaikan dengan ukuran aquarium atau kolam yang anda milki ya!!