10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Di Campur satu Aquarium

ikan hias air tawar yang bisa dicampur

Ikan Hias Air Tawar yang bisa dicampur - Memelihara ikan hias merupakan salah satu hobi yang sangat menyenangkan dan banyak diminati masyarakat Indonesia.

Setelah penat seharian dengan aktifitas yang padat akan hilang seketika saat melihat aquarium. Hati jadi tenang, Mata segar dan rasa capekpun langsung hilang.

Itulah beberapa keuntungan saat memlihara ikan hias air tawar, apalagi bila jenisnya beragam. Dengan warna warni serta bentuknya yang beragam akan menanbah keindahan aquarium.

Namun tidak semua jenis ikan hias air tawar dapat dicampur dengan jenis lainnya. Ada beberapa jenis ikan hias yang galak dan suka menyerang jenis lainnya. Tentu jenis seperti ini tidak dapat dicampur  dalam satu akuarium.

Bahkan ada jenis yang memang makanan utamanya ikan ikan kecil. Untuk itu kita haruslah pintar pintar memilih jenis ikan hias yang bisa dicampur.

Jenis ikan hias apa sajakah itu?

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah dan Penuh Warna

Pada dasarnya perilaku ikan hias dibagi menjadi 3 jenis, yakni ikan hias damai (tidak suka mengganggu),  ikan hias setengah damai dan ikan hias galak.

Dari ketiga golongan tersebut ikan hias damai dan setengah damailah yang dapat dicampur dalam satu aquarium.

Mau tahu ikan apa yang termasuk kedalam jenis ikan damai atau setengah damai. Berikut penjelasannya :

Ikan Hias Damai (tidak suka mengganggu)

Artinya jenis ini menyukai ketenangan, tidak suka mengganggu serta mempunyai toleransi dengan jenis lain. Bahkan jenis ini lebih menyukai banyak temannya pada satu aquarium, asalkan dari jenis ikan hias damai pula. Misalnya Ikan balon, Ikan neon, Ikan ranchu, Ikan komet, Ikan mutiara, Ikan plati, Ikan molly dan Ikan gupy.

Ikan Hias Setengah Damai

Artinya jenis ini termasuk ikan yang damai serta toleransi sesama ikan. Namun terkadang mepunyai sifat galak jika ada yang mengganggu. Misalnya ikan blackghost, ikan sapu, ikan manfish, ikan koi, ikan belida, dan ikan hiu tawar.




10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Di Campur satu Aquarium dan Harganya


Berikut penejelasan lebih sepesifik tentang ikan

hias air tawar yang dapat dicampur dalam satu aquarium.

1. Ikan Balon
ikan hias balon

Harga Rp. 10.000,- hingga Rp. 15.000,-

Buat pecinta ikan hias mungkin sudah tidak asing lagi dengan ikan balon. Ciri khas ikan balon adalah perutnya yang besar seperti balon. Namun ikan ini lebih dikenal dengan sebutan ikan molly, penampakannya yang cantik dan menarik membuat ikan molly sangat banyak peminatnya.

Tak khayal semakin banyak pembudidaya yang melirik ikan molly.

2. Ikan Neon
ikan hias neon

Harga Rp. 1.000,- hingga Rp. 5.000,-

Ikan neon adalah jenis perenang tengah dan suka bergerombol jadi lebih baik dipelihara dengan jumlah lebih dari 10 ekor. Panjang maksimal ikan neon kisaran 3 cm saja.

Warna warni yang indah dengan corak garis garis dapat menjadi redup pada malam hari. Saat ini juga telah ada jenis dengan sirip panjang (slayer).

Baca Juga : 7 Ikan Hias Air Tawar Paling Langka, No.1 Seharga 5,7 Milyar!!

Ikan neon atau neon tetra merupakan jenis omnivora pemakan pelet dan cacing beku. Sebaiknya jangan meletakan ikan neon tetra pada udara baru yang akan berakibat fatal.

Namun ikan ini cukup baik dalam beradaptasi dengan lingkungan barunya. Dengan sifatnya yang suka bergerombol dan warnanya yang indah membuat

ikan ini banyak di sukai para hobi ikan hias.

3. Ikan Ranchu
ikan mas ranchu

Harga Rp. 50.000,- hingga Rp. 500.000,-

Ikan ranchu merupakan jenis dari ikan koki, bentuk tubuh yang bulat serta gemuk menyerupai ikan koki lionhead.

Berbeda dengan jenis ikan koki lalinnya, ranchu tidak memiliki sirip punggung jadi terkesan membungkuk.

Ciri - ciri Ikan Ranchu Berkualitas :

  • Punggung lengkung sempurna tidak ada benjolan.
  • Sudut ekor 45 °
  • Tulang lengkung belakang tebal
  • Jambul kepala dan pipi tumbuh sempurna
  • Sirip tebal dan berwarna cerah
  • Ekor mengembang (seperti bunga mekar)
  • Panjang (kepala ke badan + ekor mempunyai perbandingan 1 : 3)
  • Tinggi (kepala ke badan memiliki perbandingan 1 : 2)


4. Ikan Komet
ikan hias komet

Harga Rp. 2.000,- hingga Rp. 10.000,- 

Seperti yang kita ketahui komet merupakan jenis ikan hias yang cukup populer di kalangan pecinta ikan hias. Bentuknya yang cantik dengan sirip yang panjang menjuntai menjadi daya tarik tersendiri buat pecintanya.

Jenis ini sangat cocok dipelihara di aquarium maupun kolam. Dari segi harga ikan komet tergolong lebih murah dibandingkan saudaranya (ikan koi dan ikan mas).

Sebenarnya ikan komet merupakan hasil seleksi dari ikan mas yang dilakukan pembudidaya asal Amerika beberapa puluh tahun silam.

Dengan keunikan ukuranya yang lebih kecil dari ikan mas, karena itulah ikan komet

sangat cocok dipelihara pada aquarium maupun kolam yang tidak begitu luas.

5. Ikan Platy
ikan hias platy

Harga Rp. 1.500,- hingga Rp. 5.000,-

Ikan platy cukup populer karena warnanya yang cerah, indah serta gampang dibudidayakan. Ikan platy mempunyai reputasi yang baik untuk dipelihara di aquarium.

Sama seperti ikan molly, ikan guppy dan ikan pedang, ikan platy merupakan jenis live - bearer. Artinya ikan platy termasuk jenis yang beranak, dimana mereka akan membawa telurnya dalam tubuh lalu melahirkannya dalam bentuk ikan.

Ikan platy berukuran kisaran 4 - 6 cm saja dan biasanya ikan betina lebih besar dibandingkan jantan. Bentuknya yang lucu dengan tubuh gemuk, pendek dan sirip ekor yang besar membuat ikan ini terlihat menggemaskan.

Harganya yang stabil dan cukup banyak peminatnya

membuat ikan plati banyak dibidik pebisnis untuk dikembang biakan.

6. Ikan Molly
ikan hias molly

Harga Rp. 1.000,- hingga Rp. 5.000,- 

Ikan hais molly merupakan jenis ikan hias yang banyak digemari diberbagai negar, termasuk indonesia. Ciri fisik yang unik yang jarang dimiliki jenis ikan hias lainnya.

Ikan molly mempunyai bentuk memanjang dengan ukurang hingga 12 cm. Bentuk kepalanya segitiga dengan mulut yang kecil namun matanya cukup besar. Pada bagian perut bentuknya besar dan mengembung.

Pada bagian atas dan bawah tubuhnya terdapat sirip yang berukuran sedang dan tidak lebar. Pada bawah perutnya juga terdapa sepasang sirip yang tidak terlalu lebar namun cukup panjang.

Ada juga jenis ikan molly yang memiliki sirip pada ujung ekornya lebih panjang.

7. Ikan Guppy
ikan hias guppy

Harga Rp. 5.000,- hingga Rp. 50.000,-

Ikan guppy merupakan jenis ikan hias yang cukup populer di Indonesia. Padahal dahulu ikan guppy dikenal sebagai ikan liar yang tidak mempunyai nilai jual.

Ikan ini pertama ditemukan di Venezuela, Guyana serta Kepulauan Karibia kisaran tahun 1859. Namun seiring ditemukannya varian baru dengan bentuk yang indah serta warna beragam membuat ikan guppy sangat populer.

Saat ini warna serta coraknya juga semakin  beragam akibat beberapa kali dikawinkan dengan induk yang berbeda beda.

Bahkan ikan guppy juga dapat dikawin silangkan dengan jenis yang mirip seperti ikan molly. Dari hasil perkawinan

tersebut menghasilkan ikan varian baru dengan corak yang indah.

8. Ikan Black Ghost
ikan hias black ghost

Harga Rp. 5.000,- hingga Rp. 15.000,-

Mungkin belum banyak orang tahu dengan ikan hias air tawar satu ini. Dari namanya, ikan black ghost memang terdengar menyeramkan, namun hal tersebut akan pudar ketika melihat keindahan tubuhnya.

Bentuk tubuhnya yang sedikit aneh justru membuat ikan blackghost banyak diminati. Selain itu corak warna yang simple menambah ke indahan ikan hias air tawar ini.

Sebenarnya ikan hias black ghost berasal dari negara negara di Amerika Selatan, seperti Ecuador, Suriname, French Guiana, Venezuela, Peru, Columbia, Guyana, Bolivia, Brazil, dan Paraguay. Namun seiring banyaknya peminat ikan ini,

black ghost juga sudah menyebar luas di penjuru Dunia.

9. Ikan Manfish
ikan hias manfish

Harga Rp. 5.000,- hingga Rp. 20.000,-

Ikan manfiah adalah jenis ikan air tawar yang mempunyai tubuh tipis dan lebar. Sebagian orang juga menyebutnya sebagai angelfish atau ikan maikat.

Gerakannya yang tenang dengan warna warni yang beragam pasti dapat membuat pemiliknya merasa nyaman dan tenang saat melihatnya.

Berbeda dengan jenis ikan kebanyakan, ikan manfish tidak memakan burayak atau anakannya yang baru menetas. Pakannyapun cukup mudah, yakni pelet, cacing beku, jentik nyamuk.

Ikan hias satu ini juga memiliki warna warna yang cantik seperti warna hitam, putih, belang belang, ada pula yang berwarna

kekuningan. Warna warni tersebut menambah daya tarik tersendiri.

10. Ikan Belida
ikan hias belida

Harga Rp. 15.000,- hingga Rp. 50.000,-

Ikan hias satu ini merupakan ikan asli Indonesia. Ikan ini banyak ditemui di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Semenanjung Malaya.

Di beberapa daerah ikan hias belida dikenal dengan sebutan ikan lopis dan ikan pipih. Bentuknya yang unik dengan warna yang cantik membuat ikan ini cocok dipelihara di aquarium.

Namun sangat disayangkan saat ini ikan belida sudah sangat sulit ditemukan karena rusaknya habitat serta banyaknya penangkapan.

Untuk itu pemerintah berusaha menyusun lembaga teknologi budidaya, seperti di Kalimantan Selatan guna menangkarkan benih ikan belida.

Itulah 10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Di Campur satu Aquarium. Sebenarnya masih banyak jenis ikan lainnya yang juga tidak kalah cantik. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat.