7 Ikan Hias Air Tawar Paling Langka, No.1 Seharga 5,7 Milyar!!

ikan hias air tawar langka
surganyaikan.blogspot.com

Ikan Hias Air Tawar - Apa ikan hias yang anda sukai? Jenis ikan hias apa yang menurut anda paling indah dan cantik? Pasti anda berfikir ikan arwana dan Koi yang tercantik.

Namun sebenarnya masih banyak jenis ikan hias air tawar yang lebih cantik dari itu. Dan beberapa di antaranya sudah sangat langka serta hampir punah.

Dan karena saking langkanya beberapa ikan dibandrol dengan harga yang sangat mahal, bahkan ada yang mencapai 5,7 Milyar. WOW!! Amazing!!

Mau tahu ikan apa saja itu?

Seperti yang kita ketahui, saat ini ikan Arwana Golden Red dan Ikan Koi lah yang dijuluki ikan termahal di Dunia. Tentu hal itu sangat beralasan karena keindahan serta warna warni tubuhnya yang cantik.

Namun sebenarnya masih ada yang lebih mahal dari kedua jenis ikan tersebut loh!!

Berikut penjelasan lebih rinci tentang ikan hias air tawar langka sekaligus unik.


7 Ikan Hias Air Tawar Paling Langka dan Unik


7. Ikan Red Line Torpedo Barbs
Ikan Red Line Torpedo Barbs
injaf.org

Merupakan spesies ikan hias air tawar yang berasal dari Negara Bagian Kerala dan Karnataka di India Selatan.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Di Campur satu Aquarium

Bentuk tubuhnya yang pipih dan runcing pada bagian depan, layaknya torpedo dan merupakan perenang cepat dan sangat aktif.

Adanya garis hitam serta garis merah pada setengah tubuhnya dari mulut hingga badan menjadi ciri khas dari ikan red line torpedo.

Namun populasi ikan ini sangat memprihatinkan. Di alam liar ikan red line torpedo sudah jarang sekali ditemukan. Hal ini dikarenakan rusaknya alam serta banyaknya perburuan.

6. Ikan Zebra Pleco
ikan hias zebra pleco
flickr.com

Ikan Zebra Pleco memiliki corak hitam dengan bergaris garis putih mirip Zebra. Sebenarnya ikan ini masih satu keluarga dengan ikan sapu sapu.

 Ikan ini berasal dari Sungai Amazon dan menjadi jenis ikan hias sapu sapu termahal. Coraknya yang indah membuat ikan ini banyak dicari pecinta ikan hias.

Namun saat ini ikan zebra pleco sudah sangat langka dan jarang ditemukan, terutama di alam liar.

5. Ikan African TigerFish
ikan african tiger fish
picdove.com

Ikan African TigerFish Barasal dari sungai kongo di Benua Afrika dan merupakan jenis ikan predator air tawar terbesar di Afrika.

Ikan ini sangat populer dikalangan pecinta ikan predator. Tigerfish menyerupai ikan bandeng dengan ekor berwarna merah dengan ujungnya menjulang keatas dan bawah.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah dan Penuh Warna

Dijuluki tigerfish karena mirip dengan hariamu. Dengan 32 gigi yang tersusun secara rapi dan runcing pada bagian atas dan bawah. Giginya yang tajam memang dirancang untuk merobek dan mogoyak mangsanya.

Tigerfish terbesar yang pernah ditemukan sepanjang 1,53 meter dengan berat 70 kg. Fisiknya yang memanjangenyerupai ikan bandeng membuatnya dapat bergerak dengan lincah dab gesit saat memburu mangsanya.

4. Ikan Oscar Albino
ikan hias oscar albino
aquatic-village.com

Ikan oscar albino mengalami kelainan genetic yang membuat tubuhnya berwarna putih kemeraham dan mata berwarna merah bersih.

Warna dasarnya adalah putih albino dan kadang dihiasi dengan corak menarik berwarna orange.

Karena keunikannya itu, ikan oscar albino banyak diburu para kolektor ikan hias.

3. Ikan Oscar Slayer
ikan hias oscar slayer
commons.wikimedia.org

Ikan oscar slayer sama halnya dengan ikan oscar albino yang lahir karena kelainan genetic. Ikan ini mengalami kelebihan hormon yang mengakibatkan pertumbuhan sirip serta ekor begitu cepat dan tidak terkontrol.

Namun dengan adanya sirip yang panjang dan lain dari jenis ikan oscar lainnya justru menambah keindahan ikan ini.

Sirip tersebut dapat tumbuh memanjang dan hampir mirip dengan ekor Ikan Cupang Veil Tail.

2. Ikan Harimau Sumatera
ikan hias harimau sumatera
daftarikanhias.web.id

Seperti namanya ikan harimau sumatera mempunyai corak mirip harimau dan memang berasal dari pulau Sumatera. Ikan ini memiliki warna dasar orange (kekuningan) dengan corak hitam memanjang.

Warnanya yang cantik dengan perpaduan warna yang apik menjadikan ikan satu ini sangat cocok menjadi penghias aquarium bersama jenis ikan lainnya.

Namun sangat disayangkan pada habitat aslinya ikan harimau sumatera sudah jarang dijumpai. Karena kelangkaan dan keunikan ini lah ikan hias satu ini diburu para kolektor ikan hias.

1. Arwana Super Platinum / Albino
ikan arwana super red albino
n1wanred.com

Ikan arwana memang sangat populer di kalangan pecinta ikan hias. Warna warni serta keindahan tubuhnya membuat tempat tersendiri di hati pemiliknya.

Buat para pecinta ikan hias arwana pemula, jenis ikan arwana termahal dan terindah pasti menjawab arwana golden red.

Memang arwana golden red diklaim sebagai ikan arwana terindah dan termahal.

Namun, sebenarnya ada juga loh jenis ikan arwana yang lebih cantik dan lebih mahal.

Mau tau jenis apa itu?

Jawabanya, ikan arwana super platimum atau arwana super red albino.

Apa sih yang membuatnya spesial?

Arwana Super Red Albino merupakan keturunan dari Jenis Arwana yang mempunyai kelainan genetic. Dan hanya ada sekitar 1 : 1000 setiap lelahiran. Jenis ini berwarna putih keperakan dengan sirip dan ekor kemerahan.

Karena keunikan serta langkanya itu ikan Arwana Super Red Albino dibandrol Rp. 10.000.000,- hingga Rp. 15.000.000,-  sedangkan yang dewasa harganya dapat berkali kali lipat, tergantung dari kualitasnya.

Kabarnya jenis ini pernah terjual dengan harga Rp. 5,7 Milyar. Tentu ada kebanggaan tersendiri mempunyai ikan dengan harga yang fantastis itu.

Dan tak khayal bila jenis ini dijuluki Ikan Hias Termahal di Dunia.

Itulah ke 7 Ikan Hias Air Tawar yang sudah sangat langka keberadaannya. Dan mungkin salah satu dari jenis diatas tidak lagi bisa dilihat anak cucu kita karena kepunahan.

Untuk itu marilah kita jaga lingkungan serta alam dari kerusakan.