7 Ikan Hias Air Laut Tercantik Paling Mudah Dipelihara di Aquarium

ikan hias air laut
siapbisnis.net

Ikan Hias Air Laut - Laut memang surganya ikan, ada ribuan spesies ikan yang hidup didalamnya. Di Indonesia sendiri terdapat sekitar 8.500 spesies ikan atau 37 % dari jenis ikan di Dunia.

Sebagai negara kepulauan Indonesia kaya akan hasil lautnya, tak terkecuali ikan hias yang hidup disana. Luasnya lautan tentu tersimpan banyak jenis ikan hias dengan ciri khas yang berbeda.

Keindahan warna serta corak yang memukau membuat ikan hias air laut banyak peminatnya. Namun memelihara ikan hias air laut tidak semudah ikan hias air tawar.

Dibutuhkan ketelatenan, kesabaran dan paham dengan karakteristik ikan hias itu sendiri. Selian itu biaya yang dibutuhkan juga cukup besar.

Mulai dari mempersiapkan peralatan, seperti aquarium yang besar, Protein skimmer, Powerheads, hydrometer, Penyaringan, Chiller, Penerangan dan Ultra-Violet Steriliser. Satu lagi yang paling penting adalah perawatan yang benar.

Karena ikan tersebut berasal dari laut, tentu dibutuhkan air laut sebagai media utama. Jika anda mengisinya dengan air tawar tentu ikan tidak akan bisa beradaptasi dan akhirnya mati.

Setelah semua peralatan siap, langkah selanjutnya anda harus menentukan ikan hias air laut jenis apa yang akan anda pelihara. Pasalnya tidak semua ikan laut dapat dipelihara atau susah dipelihara.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar Aquarium Terindah dan Penuh Warna

Untuk itu kali ini jejaksemut akan membahas tentang ikan hias air laut yang mudah dipelihara.

Ikan jenis apa sajakah itu?

Simak baik baik Ya!!


7 Ikan Hias Air Laut Tercantik Paling Mudah Dipelihara di Aquarium




1. Ikan Badut Clownfish
ikan hias air laut
hobi-aquarium.blogspot.com

Jenis ikan satu ini sudah tidak asing lagi pastinya, bahkan anak-anak sekalipun. Biasanya mereka menyebutnya dengan nama "Nemo", nama ini merupakan karakter utama pada film Finding Nemo.

Dan ternyata Nemo merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang sangat cantik. Dikalangan pecinta ikan hias, jenis ini juga sering disebut dengan Ikan Badut karena menyerupai pakaian Badut.

Sebuah survei menyatakan bahwa 43 % ikan hias air laut yang dijual adalah Ikan Badut dan 25 % berasal dari hasil penangkaran.

Baca Juga : 10 Ikan Hias Air Tawar yang Bisa Di Campur satu Aquarium

Uniknya jenis kelamin mereka dapat berubah satu sama lain, antara betina maupun jantan. Saat bertelur mereka akan menjaga telur telurnya secara berkoloni. Di alam liar ikan ini meletakan telurnya di anemon laut.

Jadi jika anda ingin memelihara ikan ini sebaiknya lengkapi aquarium anda dengan anemon

dan terumbu karang sebagai tempat bersembunyi serta bertelur.

2. Ikan Lion Fish
ikan hias air laut
npr.org

Ikan hias air laut berikutnya adalah Lion Fish, jenis ini masih termasuk kedalam keluarga Scorpaenidae. Yang unik dari ikan ini adalah adanya ornamen pada tubuhnya berupa duri.

Duri tersebut menjadi daya tarik tersendiri buat para kolektor ikan hias yang membuatnya terlihat gagah.

Untuk masalah pakan, Lion Fish sangatlah berbeda dengan jenis ikan hias laut

lainya. Jadi sebaiknya jangan dicampur dengan ikan lainnnya.

3. Ikan Dottyback
ikan hias air laut
tokopedia.com

Ikan Dottyback banyak hidup pada perairan Tropis dan Subtropis Indo Pasifik karena adanya terumbu karang yang melimpah. Terumbu karang mempunyai fungsi yang sangat penting untuk ikan jenis ini, mulai dari tempat bersembunyi hingga tempat bertelur.

Di Indonesia sendiri ikan dottyback cukup populer karena selain indah, ikan ini cukup mudah di temukan. Jadi ikan ini bisa

menjadi salah satu referensi ikan hias peliharaan di aquarium anda.

4. Ikan Kakaktua
ikan hias air laut
diveadvisor.com

Kenapa disebut Ikan Kakaktua? Ikan ini mempunyai mulut yang menyerupai paruh burung kakaktua. Dan karena keunikan tersebut ikan ini banyak dicari para kolektor ikan hias air laut.

Namun perlu anda ketahui ikan kakaktua memiliki nafsu makan yang besar, untuk itu sebaiknya persiapkan pakan dalam jumlah yang banyak. Dan tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Di alam liar, ikan kakaktua mempunyai peranan penting untuk menjaga keseimbangan laut. Pasalnya ikan ini membantu proses kelangsungan hidup terumbu karang.

Di habitatnya ikan kakaktua memakan rumput yang bisa merusak terumbu karang. Karena alasan tersebut, para pecinta

lingkungan menyarankan agar ikan satu ini menjadi hewan yang dilindungi.

5. Ikan Banggai
ikan hias air laut
mongabay.co.id

Ikan satu ini ditemukan pada salah satu pulau di Indonesia, lebih tepatnya pulau Banggai. Karena itulah ikan ini diberi nama Ikan Banggai.

Dikalangan pecinta ikan hias, ikan bangga cukup populer dan saat ini sudah banyak penangkaran yang membudidayakan ikan ini.

Saat bertelur, ikan betina dan jantan akan menjaga telurnya secara bergantian. Namun sangat disayangkan, ikan banggai sudah mulai

jarang ditemukan di alam liar karena penangkapan yang berlebihan.

Sayang sekali ya !!

6. Ikan Mandarin
ikan hias air laut
deviantart.com

Ikan ini berasal dari Samudra Pasifik di sebelah utara Australia. Sebagian orang juga menyebut ikan mandarin dengan nama Naga China.

Yang spesial dari ikan ini adalah corak warnanya yang unik dan sangat indah. Warna warni serta corak warnanya yang beragam menghiasai tubuhnya. Dan karena itulah ikan mandarin disebut menjadi salah satu Ikan Hias Air Terindah di Dunia.

Ikan mandarin memakan pakan hidup sebagi mangsanya. Kelebihan lain dari ikan ini adalah daya tahan tubuh yang kuat, sehingga ikan mandarin tidak mudah terserang penyakit.

Namun dari ketujuh rekomendasi ikan, ikan mendarin termasuk ikan yang paling susah dipelihara. Akan tetapi karena keindahan

tersebut tetap banyak pecinta ikan hias yang memelihara ikan ini.

7. Ikan Angelfish
ikan hias air laut
pixabay.com

Ikan ini hudup diperairan Samudera Hindia, Mikronesia, Laut Utara Jepang, Australia dan Indonesia. Habitatnya berada di gua gua dan laguna.

Yang unik dari ikan angelfish adalah wajahnya yang lebih cerah dibandingkan bagian tubuh lainnya. Dengan ciri ciri bentuknya yang pipih serta lebar.

Ikan ini juga memiliki pola yang cukup beragam, namun yang menjadi ciri khasnya adalah pola garis garis pada sisi tubuhnya.

Itulah ke- 7 jenis ikan hias air laut terindah dan tercantik yang dapat dijadikan rekomendasi untuk mengisi aquarium anda.

Namun sekali lagi perlu diingat memelihara ikan hias air laut berbeda dengan air tawar. Untuk itu diperlukan perawatan yang lebih agar ikan anda tetap sehat. Semoga dapat bermanfaat.