Yuks, Mengenal Kode CVV/CVC Kartu Kredit/Debit BTN

kode cvv cvc kartu kredit dan debit btn
" Apa itu Kode CVC / CVV Kartu Kredit atau Kartu Debit (ATM) BTN? Dimana Letaknya? Apa Kelebihannya? Apa fungsi Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit dan Kartu Debit BTN? "

Kode CVV/CVC BTN - Pernahkah anda mendengar istilah Kode CVV atau CVC? Buat kamu yang sering melakukan transaksi online tentu tahu nomor unik tersebut, namun berbeda dengan mereka yang baru memiliki Kartu Kredit atau Kartu Debit. Tapi tenang sob, kali ini JejakSemut akan membahas tentang Kode CVV/CVC pada Kartu Kredit atau Kartu Debit BTN. OK, Langsung saja Yuks, Simak penjelasan lengkapnya!!

Apa Itu Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit atau Kartu Debit BTN?

Tiap Kartu Kredit maupun Kartu Debit BTN tentu memiliki Kode Keamanan Khusus. Kode (nomor) unik tersebut biasanya berjumlah 3 digit angka yang dikenal dengan sebutan Kode CVV / CVC. Nomor unik tersebut tentu berbeda beda dan sangat riskan fungsinya.

Baca Juga :

Cek Disini!! Biaya Transaksi & Limit Transfer ATM BTN Syariah
Review | Yuks! Mengenal Kelebihan & Kekurangan TabunganKu BTN
Cek Disini!! Limit Transfer Internet / Mobile Banking BTN?


Lalu Apa Perbedaan Kode CVC dengan CVV pada Kartu Kredit atau Kartu Debit BTN?

Sebenarnya keduanya sama, hanya saja sebutannya yang berbeda, dimana Kode CVV dipakai oleh Master Card sedangkan Kode CVC dipakai oleh Visa.

Apa Fungsi dari Kode CVV atau CVC pada Kartu Kredit / Kartu Debit BTN?

Kode CVV atau CVV merupakan kode keamanan Kartu Kredit atau Debit anda, biasanya Kode tersebut digunakan sebagai verifikasi saat nasabah melakukan transaksi online. Dengan begitu transaksi anda akan lebih aman, karena tanpa memasukan kode keamanan tersebut transaksi online tidak bisa dilakukan. Bahkan jika anda melakukan beberapa kali kesalahan saat memasukan Kode CVV atau CVC, secara otomatis Kartu Kredit atau Kartu Debit akan di blokir oleh pihak Bank BTN.

Itulah alasan kenapa Kode CVV atau CVC digunakan sebagai verifikasi transaksi online, hal tersebut dimaksudkan agar tidak ada penyalahgunaan Kartu Kredit atau Debit.

Dimana Letak Kode CVC / CVV Kartu Debit atau  Kredit Bank BTN? 

Antara Kartu Debit dengan Kartu Kredit sebenarnya memiliki bentuk yang sama dan bagian bagian yang tidak berbeda jauh. Yang jelas keduanya memiliki sisi belakang dan sisi depan dengan beberapa informasi yang tertera.

1. Kartu Kredit / Debit BTN Sisi Depan

kode cvv cvc kartu kredit dan debit btn

Ada beberapa informasi yang terdapat pada Kartu Kredit maupun Kartu Debit, informasi tersebut berupa identitas nasabah dan  mengenai Kartu Anda. Apa saja Data yang tertera pada Kartu Kredit dan Kartu Debit?

  • Logo Penerbit bagian satu ini merupakan logo dari Bank penerbit Kartu.
  • Card Number Biasanya ada 16 digit angka yang tertera pada Kartu Kredit dan Kartu Debit. Nomor tersebut biasa digunakan sebagai identitas kartu untuk proses registrasi tertentu.
  • Jaringan Ada banyak jenis Card Nerwork yang digunakan, namun di Indonesia biasa ada dua jenis jaringan  yang paling banyak digunakan yaitu Visa dan Master Card.
  • Kelas / Jenis Kartu Sebagai penyedia layanan, Bank BTN juga menyediakan berberapa pilihan Credit Card dan Debit Card. Misalnya Silver, Gold maupun Platinum.
  • Chip Bagian ini merupakan memory yang akan menyimpan data nasabah dan dapat dibaca ketika melakukan transaksi di mesin ATM ataupun mesin EDC. Biasanya Chip memiliki ciri ciri berwarna putih atau kekuningan dan terbuat dari logam.
  • Expired Date Pada sisi depan ada informasi mengenai tanggal masa berlaku kartu, tepatnya di bawah nomor kartu.
  • Nama Nasabah Nama anda akan tertulis pada Sisi depan Kartu sebagai Pemegang Kartu yang Sah.


2. Kartu Kredit / Debit BTN Sisi Belakang

kode cvv cvc kartu kredit dan debit btn

Selain pada bagian depan, pada sisi belakang Kartu juga memiliki beberapa informasi penting, baik itu Credit Card ataupun Debit Card. Apa saja Data yang tertera pada Kartu Kredit dan Kartu Debit?

  • Magnetic Stripe Identik dengan warna hitam memanjang, Magnetic Stripe memiliki fungsi sebagai penyimpan data nasabah dan akan terbaca saat Credit Card atau Debit Card digesek saat proses pembayaran.
  • Signature Panel Tepat dibawah Magnetic Stripe, ada bagian berbentuk memanjang dan berwarna putih. Bagian ini merupakan tempat dimana nasabah tanda tangan.
  • Kode CVV / CVC Bagian ini adalah nomor unik yang merupakan kode keamanan saat transaksi online. Kode CVV atau CVC terdiri 3 angka unik yang letaknya disamping signature panel. Kode unik tersebut digunakan untuk proses verifikasi saat transaksi online.
  • Logo Penerbit bagian satu ini merupakan logo dari Bank penerbit Kartu.