Yuks, Mengenal Kode CVV/CVC Kartu Kredit/Debit BNI

letak kode cvv cvc kartu kredit dan debit bni
" Apa itu Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit atau Debit (ATM) BNI? Dimana Letak Kode CVV / CVC BNI? Apa Fungsi nomor Unik atau Kode Keamanan tersebut? Apa Kelebihan Kartu Kredit BNI dibandingkan Kartu Kredit Bank lain? "

Kode CVV/CVC BNI - Mau bayar transaksi Online, tapi diminta menyertakan kode keamanan (CVV/CVC)? Apa itu CVC? Dimana Letaknya? Apa aman menyertakan kode tersebut saat transaksi? Kode CVV tersebut letaknya sama baik itu tabungan BNI Syariah, BNI Taplus Muda maupun BNI Emerald.


Apa Itu Kode CVV / CVC pada Kartu Kredit / Debit BNI?


Sama seperti Bank lainnya, Kartu Kredit / Kartu Debit BNI juga memiliki nomor unik (kode keamanan) Kartu tersebut. Kode keamanan tersebut biasa dikenal dengan istilah Kode CVV / CVC. Kode CVV atau CVC terdiri dari 3 nomor unik yang berada di sebelah Signature Panel (Tempat Tanda Tangan).

Baca Juga :

Berapa Limit Transfer BNI Taplus Muda? Yuks,Cek Disini!!
Berapa Limit Transfer BNI Syariah? Yuks, Cek Disini!!
Cek Disini! Limit Transfer BNI Internet, Mobile & SMS Banking


Lalu Apa Perbedaan Kode CVV dengan CVC?

Antara Kode CVV dan CVC sebenarnya tidak berbeda, hanya saja Istilah CVV digunakan oleh Master Card sedangkan istilah CVC digunakan oleh Visa.

Apa Kegunaan Kode CVV dan CVC pada Kartu Kredit / Kartu Debit BNI?

Sebenarnya fungsi utama Kode CVV/CBC sebagai proteksi (kode keamanan) Kartu Kredit atau Debit. Dengan adanya kode CVV / CVC akan meminimalisir tindak kejahatan yang menyalahgunakan penggunaan Kartu Kredit atau Kartu Debit.

Perlu anda ketahui Kode CVV / CVC sangatlah vital fungsinya, jadi hati - hati Ya, usahakan jangan memberikan kode keamanan tersebut kepada orang lain. Pasalnya setiap transaksi online nantinya nasabah akan diminta menyertakan Kode CVV / CVC untuk proses verifikasi.

Tanpa menyeetakan Kode tersebut dipastikan transaksi tidak bisa dilanjutkan. Bahkan kesalahan memasukan kode CVV / CVC dapat berimbas pada pemblokiran Kartu secara otomatis. Segitu pentingnya kah Kode CVV / CVC? Ya, begitulah Sob. So jangan sampai Share Kode Keamanan tersebut di Sosmed Ya!!

Dimana Letak Kode CVC / CVV di Kartu Debit atau Kartu  Kredit Bank BNI? 

Tampilan Kartu Kredit dan Kartu Debit sebenarnya tidak jauh berbeda, dimana keduannya mempunyai Sisi Depan dan Sisi Belakang. Lalu Apa saja Informasi yang ada pada Kartu Debit atau Kartu Kredit BNI?

1. Kartu Kredit / Kartu Debit BNI Bagian Depan

kode cvv cvc kartu debit dan kredit bni

Pada Kartu Kredit atau Kartu Debit ada beberapa Informasi yang tercantum, informasi tersebut merupakan indentitas dari Kartu dan Pengguna Kartu. Lalu Apa saja informasi yang tertara?

  • Logo Bank Sebagai penerbit kartu, logo bank tercantum pada sisi depan kanan atas.
  • Card Number Nomor Kartu Kartu Kredit dan Kartu Debit terdiri dari 16 digit angka. Dimana nomor tersebut berfungsi sebagai identitas kartu dan digunakan untuk registrasi tertentu.
  • Card Network Di Indonesia umumnya ada dua jenis jaringan kartu yang digunakan, yakni Master Card dan Visa.
  • Jenis / Kelas Kartu Ada beberapa jenis Kartu Debit dan Kartu Kredit BNI yang di keluarkan pihak Bank. Tiap jenis Kartu tentu memiliki kelebihan masing - masing, salah satunya limit transaksi. Diantaranya Kartu Silver, Gold dan Platinum.
  • Chip Pada sisi depan ada bagian yang berwarna putih atau kekuningan yang terbuat dari logam. Bagian tersebut berfungsi sebagai penyimpan data nasabah dan nantinya akan terbaca saat transaksi pada mesin ATM atau EDC.
  • Expired Date Bagian satu ini merupakan informasi kapan Kartu tersebut tetap bisa digunakan (berlaku) atau batas Masa Aktif Kartu.
  • Name Sebagai pemegang kartu yang sah, nama anda akan tertera pada Kartu Debit atau Kartu Kredit pada sisi depan kiri bawah.


2. Kartu Kredit / Debit HSBC Bagian Belakang

kode cvv cvc kartu debit dan kredit bni

Tidak hanya sisi depan, sisi belakang kartu Debit (ATM) atau Credit Card juga memiliki informasi yang tertera pada kartu. Apa saja informasi yang tertera?

  • Magnetic Stripe Bagian satu ini biasanya identik berwarna hitam memanjang pada bagian atas dari ujung ke ujung. Dimana Magnetic Stripe berfungsi dan akan terbaca saat Kartu digesek pada saat pembayaran.
  • Signature Panel Identik dengan warna putih, Signature panel berada tepat dibawah Magnetic yang berbentuk memnjang dari sisi kiri hingga mendekati ujung kartu. Bagian ini digunakan sebagai tempat tanda tangan Pengguna Kartu.
  • Kode CVV / CVC Bagian ini merupakan Kode Keamanan yang biasanya terdiri dari 3 angka unik. Dan digunakan saat proses verifikasi transaksi online.
  • Logo Bank Sebagai penerbit kartu, logo bank tercantum pada sisi depan dan belakang.


Itulah penjelasan mengenai Kode Keamanan Kartu BN Iatau biasa disebut Kode CVV atau CVC. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat!!