Apa Itu BRILink? Ini 10 Keuntungan & Kerugian Agen BRILink

Keuntungan & Kerugian Agen BRILink

" Minat jadi Agen BRILink, Yuks!! Simak Kelebihan dan Kekurangan  menjadi Agen BRILink!! Apa saja Syarat dan Cara Daftarnya? "


Agen BRILink - Tingkat kebutuhan dan aktivitas transaksi keuangan masyarakat Indonesia semakin hari tentu semakin tinggi. Namun hal tersebut terhambat waktu dan jarak ke Bank atau mesin ATM yang jauh. Untuk itu Bank BRI menghadirkan Agen BRILink sebagai solusi masalah tersebut.




Apa Itu Agen BRILink?


Agen BRILink adalah perluasan layanan perbankan yang dirilis Bank BRI tanpa Kantor. Tentu saja kehadiran Agen BRILink dimaksudkan untuk membantu masyarakat dalam melakukan transaksi perbankan.


Jadi masyarakat bisa mengunjungi Agen BRILink layaknya ke Bank atau mesin ATM. Dan perlu anda ketahui, setiap nasabah Bank BRI bisa menjadi Agen BRILink yang saat ini sudah tersebar di seluruh Indonesia.


Guna mendukung transaksi keuangan, Agen BRILink melayani transaksi secara Reel Time Online menggunakan EDC BRI atau aplikasi BRILink Mobile. Tentunya setiap transaksi akan dikenakan tarif biaya yang nantinya menjadi pendapatan dari Agen BRILink.


Baca Juga :


Begini!! Cara Mudah Cek Saldo Rekening BRI Lewat SMS

Tanpa Ke Bank! Ini Cara Atasi Kartu ATM BRI Berstatus Disable

Limit Transfer Internet Banking, Mobile Banking & ATM BRI



Keuntungan dan Kelebihan menjadi Agen BRILink

Keuntungan & Kerugian Agen BRILink


Banyak para nasabah yang telah merasakan keuntungan hingga jutaan rupiah perbulannya menjadi Agen BRILink. Apa saja keuntungan memiliki Usaha Agen BRILink?

  1. Memperoleh Asuransi yang akan melindungi Agen dari kecelakaan ataupun Kebakaran tempat usaha walaupun merangkap di tempat tinggal.
  2. Adapun nominal yang ditanggung karena kecelakaan diri atau cacat tetap sebesar 2,5 juta. Tunjangan pendidikan serta santunan pendapatan senilai 1 juta,  santunan duka 500 ribu dan Asuransi karena Kebakaran sejumlah 25 juta.
  3. Memperoleh pemasukan dari transaksi yang dilakukan oleh customer.
  4. Customer dapat melakukan transaksi layaknya di Bank BRI atau ATM seperti Isi ulang pulsa, Transfer, Pembayaran listrik pra bayar, Pembayaran Finance FIF, BAF, WOM dan OTO, Setor uang tunai, Tarik uang tunai (Menggunakan kartu ATM), dan masih banyak lainnya.
  5. Mudahnya transaksi yang bisa dilakukan melaui mesin EDC yang diberikan Bank BRI sebagai fasilitas pendukung.


Kerugian dan Kekurangan menjadi Agen BRILink


Dilihat dari segi usaha sebenarnya tidak ada ruginya menjadi Agen BRILink. Dimana nilai transaksi BRILink tercatat mengalami peningkatan yang cukup drastis. Hanya saja untuk menjadi Agen BRILink, ada beberapa point yang perlu diperhatikan. Diantaranya :

  1. Ada sejumlah dana akan ditahan sebagai jaminan dari mesin EDC, yakni sebesar Rp. 3.000.000 bagi yang tidak memiliki rekening pinjaman dan Rp. 500.000 buat anda yang memiliki rekening pinjaman.
  2. Dana yang ditahan atau dibekukan tersebut dapat dicairkan kembali setelah tidak lagi menjadi Agen BRILink.
  3. Sebaiknya siapkan sejumlah dana untuk modal usaha. Perlu diingat bahwa Bank BRI tidak menyediakan Modal Usaha namun hanya menyerahkan mesin EDC kepada kita.
  4. Ada target yang harus dipenuhi, BRI menetapkan target transaksi kepada para Agen BRILink. Adapun target transaksi sebanyak 200 transaksi perbulan, jika kurang maka akan dikenakan penalty. Target tersebut diberlakukan setelah melewati grace period selama 6 bulan.
  5. Anda diharuskan menyediakan tempat usaha sendiri untuk Agen BRILink.


Persyaratan Menjadi Agen BRILink
syarat daftar agen brilink


Tidak ada persyaratan khusus untuk menjadi Agen BRILink, Siapa saja bisa termasuk anda. Iya Anda!! Berikut persyaratan umum untuk menjadi Agen BRILink antara lain :

  1. WNI perseorangan/instansi tidak berbadan hukum
  2. Mempunyai usaha minimal 2 tahun 
  3. Mempunyai rekening tabungan di Bank BRI
  4. Menyetorkan sejumlah uang sebagai jaminan sebesar Rp 3.000.000,- (khusus EDC) dan saldo jaminan ditahan selama menjadi Agen BRILink
  5. Mempunyai Smartphone minimal OS 4.4 (Kitkat), akses Internet dan Printer Mobile (optional) untuk Agen BRILink Mobile
  6. Mempunyai surat keterangan usaha dari Desa
  7. Belum menjadi Agen dari Laku Pandai yang diselenggarakan Bank lainnya


Cara Mendaftar menjadi Agen BRILink


Setelah semua persyaratan terpenuhi selanjutnya Anda dapat mengajukan pendaftaran menjadi Agen BRILink lewat unit kerja BANK BRI terdekat, dengan step - step sebagai berikut :

  1. Menyiapkan Fotokopi identitas diri berupa KTP dan NPWP.
  2. Menyiapkan Fotokopi Rekening Tabungan dan Rekening Koran.
  3. Menyiapkan fotokopi dokumen legalitas usaha seperti surat keterangan usaha minimal dari RT/RW.
  4. Untuk Agen berbadan usaha memiliki SIUP, SITU, TDP atau akta pendirian (untuk agen usaha berbadan hukum).
  5. Lengkapi fotokopi SK pengangkatan karyawan tetap / SK pensiun untuk Individu.
  6. Mengisi formulir pengajuan Agen BRILink beserta perjanjian kerjasama.
  7. Pengajuan Pendaftaran dapat dilakukan ke Kantor Cabang BRI, Kantor Cabang Pembantu atau BRI Unit setelah Kelengkapan Dokumen terpenuhi.


FAQ Tetang Kelebihan dan Kekurangan Agen BRI


Apa saya bisa mendaftar menjadi Agen BRILink?

Semua orang bisa menjadi Agen BRILink, yang terpenting anda memiliki rekening tabungan BRI dan merupakan warga negara Indonesia.


Apa keuntungan jadi agen BRILink?

Keuntungan yang didapat menjadi Agen BRILink adalah penghasilan dengan sistem sharing fee antara Anda dengan Bank BRI, adapun ketentuannya yakni 50 : 50. Selain itu kamu akan mendapatkan asurasi mikro kesehatan, kecelakaan.


Berapa tarif biaya transaksi di BRILink?

Setiap Agen memiliki tarif yang berbeda beda, namun pada umumnya BRILink akan menetapkan tarif biaya paling murah Rp. 5.000 untuk transaksi seperti transfer sesama rekening BRI. Untuk lebih jelasnya silakan kunjungi Agen terdekat disekitar Anda.