Berapa Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas?

biaya membersihkan karang gigi di puskesmas

" Gigi saya berlubang dan muncul karang gigi pada graham atas dan bawah, Pertanyaan saya, Apakah bisa membersihkan karang gigi di Puskesmas? Lalu berapa harga atau biayanya? "


Scalling Gigi - Kesehatan gigi memang sangatlah penting, karena gigi yang bersih dan terawat tentu akan menambah rasa kepercayaan diri saat berbicara dengan orang lain.


Ada beberapa jenis kerusakan gigi yang bisa terjadi karena tidak merawat gigi dengan baik, misalnya gigi berlubang, muncul karang gigi, gigi kotor (kuning), bau mulut hingga sakit gigi.


Sebenarnya kita dianjurkan untuk membersihkan gigi secara rutin minimal 4 bulan sekali, namun banyak dari kita yang mengabaikan hal tersebut. Bahkan tidak sedikit orang yang sama sekali tidak pernah membersihkan karang gigi, padahal hal ini sangatlah penting untuk kesehatan gigi.



Apa Itu Karang Gigi?


Karang gigi merupakan sebuah kotoran yang muncul dari sisa sisa makanan yang sudah mengerak dan membersihkannya tidak cukup menggunakan sikat gigi saja, namun harus pergi ke dokter atau puskesmas untuk melakukan scaling gigi.


Lalu Apa itu Scalling Gigi?


Scalling gigi adalah poli kesehatan gigi untuk membersihkan karang gigi yang menempel pada gigi. Karang gigi akan menempel karena sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan secara rutin.


Perlu Anda ketahui, membersihkan karang gigi tidak boleh sembarangan menggunakan besi-besi yang tidak seteril karena justru bisa berdampak buruk pada kesehatan gigi dan gusi. Untuk itu sebaiknya kunjungi Dokter Gigi, Klinik, Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat.


Cara Membersihkan Karang Gigi secara Alami


Sebenarnya ada cara yang alami untuk membersihkan karang gigi dan cara tersebut di klaim ampuh tanpa harus ke Dokter. 


Apa saja Cara Alami yang paling ampuh untuk membersihkan karang gigi?

  1. Gosok Gigi Teratur 2 Kali Sehari
  2. Menggunakan Pasta Gigi dengan Flouride
  3. Flossing (membersihkan gigi dengan benang)
  4. Menggunakan Mouthwash
  5. Menghindari Makanan dan Minuman Manis
  6. Mengurangi atau Menghindari Kebiasaan Merokok
  7. Menggunakan Baking Soda
  8. Menggunakan Kulit Jeruk
  9. Mengoleskan Minyak Kelapa
  10. Mengonsumsi Buah dan Sayur
  11. Mengonsumsi Buah Kaya Vitamin
  12. Mengunyah Daun Sirih


Biaya Membersihkan Karang Gigi di Puskesmas


Sebenarnya tidak hanya puskesmas saja yang melayani scalling gigi, misalnya rumah sakit, klinik, atau Dokter spesialis Gigi. Namun biasanya biayanya lebih mahal dibandingkan membersihkan karang gigi di puskesmas.


Biaya Pembersihan Karang Gigi


Lokasi Kisaran Biaya
BPJS Kesehatan Gratis (1 tahun sekali)
Puskesmas Rp. 50 ribu - Rp. 150 ribu
Klinik Gigi Swasta Rp. 150 ribu - Rp. 800 ribu
Rumah Sakit Rp. 100 ribu - Rp. 800 ribu


Jadi bila Anda ingin membersihkan karang gigi sebaiknya di puskesmas saja menggunakan kartu BPJS Kesehatan. Pembersihan karang gigi dicover BPJS Kesehatan dengan ketentuan 1 tahun sekali.


Baca Juga :


Jam Kerja BPJS Kesehatan Terbaru, Buka Hari Sabtu & Minggu?

Tanya Jawab BPJS Kesehatan? Peserta Baru Wajib Tahu!!

10 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BNI Lengkap + Gambar



FAQ Tentang Membersihkan Karang Gigi


Berapa Biaya Membersihkan Gigi di Puskesmas?

Puskesmas merupakan Layanan masyarakat yang di kelola pemerintah dengan biaya yang terjangkau. Untuk Scalling Gigi di Puskesmas biasanya kisaran Rp. 50 ribuan - Rp. 150 ribuan, sedangkan dengan BPJS Kesehatan Gratis untuk (1 tahun sekali).


Apakah Scalling Gigi memakan waktu yang lama?

Untuk membersihkan karang gigi membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk rahang atas dan rahang bawah. Rasa linu akan terasa saat karang dibersihkan, bahkan sesekali akan berdarah karena mengenai gusi.


Apa Manfaat Scalling Gigi (membersihkan karang gigi)?

Tentu saja kesehatan gigi menjadi prioritas utama, Anda juga akan merasa lebih fresh dan percaya diri karena gigi bersih dan terhindar dari bau mulut. Saat permukaan gigi disentuh oleh lidah akan terasa kasar, itu artinya karang gigi telah bersih.


Setelah Scalling Gigi, Perawatan apa yang harus dilakukan?

Setelah gigi dibersihkan, sebaiknya selalu jaga kebersihan gigi lebih maksimal. Selalu gosok gigi secara teratur, 2 (dua) kali sehari dengan teknik yang tepat. Periksakan gigi Anda maksimal 4 bulan sekali (3 kali dalam setahun).


Apakah boleh Sikat Gigi lebih dari 2 kali sehari?

Sangat dianjurkan sikat Gigi 2 kali sehari untuk menjaga kesehatan mulut, dan maksimal 3 kali sehari. Sebaiknya hindari gosok gigi terlalu sering (lebih dari 3 kali sehari), karena justru dapat merusak gigi.


Apakah baik Menyikat Gigi setelah Makan?

Menggosok Gigi setelah makan boleh saja dilakukan, Asalkan tidak langsung setelah makan, tapi setengah hingga satu jam setelah makan. Menurut para Ahli, menggosok gigi setelah makan justru bisa merusak gigi.