Contoh Bukti Transfer BRI Asli atau Palsu? Ini Ciri Cirinya!

bukti transfer bri

" Apa sih perbedaan Struk atau Resi transfer BRI palsu dengan yang asli? Tetap waspada ini Ciri - ciri Bukti Transfer yang Palsu!! " 


Contoh Bukti Transfer BRI - Saya Penjual Online, tentu saja semua transaksi dilakukan dengan transfer, karena memang tidak menerapkan sistem COD (Cash On Delivery). Tapi akhir - akhir ini banyak media yang memberitakan tentang penipuan berkedok membeli produk dan mengirim bukti transfer palsu. Apa sih perbedaan Struk Transfer BRI Asli dengan yang Palsu?.


Biasanya pembeli akan melakukan pembayaran melalui transfer, karena memang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Ada beberapa metode transfer yang dapat dilakukan, seperti melalui mesin ATM BRI, BRImo (mobile Banking BRI) atau melalui BRI Internet Banking.


Apa itu Bukti Transfer?



Bukti transfer adalah bukti pembayaran atau pengiriman uang dengan nominal tertentu yang digunakan sebagai bukti bahwa transfer telah berhasil.


Misalnya saat transfer melalui mesin ATM, tentu temen - temen akan mendapatkan Struk atau Resi Transfer bukan? atau saat transfer menggunakan Aplikasi BRImo atau BRI mobile atau Internet banking temen - temen akan menerima notifikasi transaksi telah berhasil.



Untuk Cara Transfer dengan BRImo silakan lihat link tersebut atau saat Struk atau Resi Transfer tidak keluar, silakan lihat Cara Cetak Ulang Bukti Transfer BRI.


Perbedaan Bukti Transfer BRI Asli atau Palsu


Setiap transaksi finansial, contohnya transfer tentu akan memperoleh struk / resi bukan? Struk tersebut juga biasa digunakan sebagai bukti transfer atau konfirmasi saat temen - temen belanja online.


Karena kemudahan transaksi inilah banyak orang yang tidak bertanggung jawab memalsukan Bukti Transfer.


Lalu tahukah kamu? Apa ciri - ciri bukti transfer Palsu dan Asli? Seperti apa perbedaannya? Yuks, lihat gambar dibawah ini!!


Ciri - ciri Struk / Resi Transfer Asli :

struk transfer asli

  1. Bentuk kertas cenderung tidak lurus tapi melengkung akibat Print dalam mesin ATM
  2. Ada tulisan BRI pada background kertas
  3. Warna ketas tidak terlalu putih
  4. Kertas terlihat sedikit berminyak
  5. Ukuran kertas cenderung tipis


Ciri - ciri Struk / Resi Transfer Palsu :

struk transfer palsu

  1. Kertas Struk atau Resi seperti HVS
  2. Warna kertas Putih Bersih
  3. Ukuran Kertas berbeda dengan biasanya
  4. Tekstur kertas terlihat kaku
  5. Tidak ada Logo BRI pada background kertas

 

Contoh Bukti Transfer SMS Banking BRI

contoh bukti transfer bri sms banking


SMS Banking merupakan layanan perbankan yang dapat diakses lewat HP menggunkan Kode SMS (format SMS) khusus.  Selain transfer lewat SMS Banking BRI temen - temen juga bisa cek saldo, mutasi rekening, pembayaran dan masih banyak lainnya.


Contoh Bukti Transfer BRI mobile

contoh bukti transfer bri mobile


BRI mobile merupakan aplikasi layanan perbankan yang banyak digunakan nasabah Bank BRI. Meskipun kedepannya layanan ini akan diganti dengan BRImo, namun hingga saat ini layanan tersebut masih sangat populer.


Contoh Bukti Transfer BRImo

contoh bukti transfer brimo


Tak kalah dari BRI mobile, aplikasi BRImo juga menjadi layanan perbankan yang paling diminati nasabah. BRImo merupakan generasi penerus dari BRI mobile yang akan segera menggantikannya.


Contoh Bukti Transfer BRI Internet Banking

contoh bukti transfer bri internet banking


Dibandingkan BRImo dan BRI mobile, Internet Banking BRI memiliki kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki layanan lain. Sebagai contoh melalui internet banking temen - temen dapat mengecek mutasi rekening hingga 1 tahun kebelakang.


Tips Terhindar Dari Modus Penipuan Struk atau Resi Transfer

  1. Sebaiknya jangan terlalu percaya dengan pembeli online yang mencurigakan.
  2. Periksa dengan teliti Struk atau Resi transfer dari pembeli.
  3. Cek kebenaran saldo masuk atau transferan masuk melalui ATM, BRImo, BRI mobile atau Internet Banking.
  4. Sebaiknya lacak rekening pembeli lewat CekRekening.id untuk memastikan bahwa rekening pengirim tidak bermasalah.
  5. Jangan pernah mau mengirim barang terlebih dahulu meskipun pembeli tersebut memaksa sebelum pembayaran benar - benar terkirim.


FAQ Tentang Bukti Transfer BRI


Apa bukti transfer BRI bisa dipalsukan?

Akhir - akhir ini banyak kasus penipuan yang memalsukan bukti transfer oleh orang - orang yang tidak bertanggunh jawab. Jadi sebaiknya harap berhati hati Ya!!.


Apakah Resi / Struk transfer itu penting?

Tentu saja penting. Resi atau Struk digunakan sebagai bukti transfer bahwa temen - temen telah mengirim sejumlah dana ke rekening tujuan.