[Hanya lewat HP] Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Masih Aktif Atau Tidak

cara cek kis masih aktif atau tidak

" Saya punya kartu KIS (Kartu Indonesia Sehat) tapi belum pernah digunakan, karena alhamdulillah jarang sakit, paling pilek apa mriyang. Otomatis mau periksa males, obat warung deh jadi andalan. Nah, yang jadi pertanyaan. Apakah Kartu KIS saya masih Aktif atau sudah nonAktif. Bagaimana cara cek status Kartu Indonesia Sehat saya? "


Cek Kartu KIS Aktif atau Tidak - Awal mulanya Kartu Indonesia Sehat merupakan kartu pengganti identitas warga masyarakat yang memegang kartu JAMKESMAS atau JAMKESDA. KIS juga merupakan kartu identitas buat peserta BPJS Gratis atau PBI (Penerima Bantuan Iuran).


Apa itu KIS?


KIS merupakan kependekan dari Kartu Indonesia Sehat. Awalnya kartu ini digunakan sebagai identitas BPJS PBI (Penerima Bantuan Iuran) dengan iuran bulanan disubsidi seluruhnya oleh pemerintah.



Dengan adanya Kartu Indonesia Sehat difungsikan untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat agar bisa menikmati pelayanan kesehatan secara Gratis. Kartu ini dapat digunakan di semua faskes tingkat lanjut dan tingkat pertama.


Baca Juga :

[Hanya 5 Menit] Cara Mudah Daftar BPJS Online Lewat HP Terbaru
8 Lokasi Kantor BPJS Kesehatan di Provinsi Bali


Apa Perbedaan KIS dan BPJS?


Tahukah kamu apa perbedaan keduanya? Yuks, simak ketentuannya!!

  1. KIS merupakan program jaminan kesehatan buat masyarakat yang kurang mampu, sedangkan BPJS adalah Badang Pengelolanya.
  2. mampu, sedangkan BPJS diwajibkan untuk seluruh rakyat Indonesia.
  3. Perlu kita ketahui, mulai tahun 2018 Kartu KIS juga digunakan sebagai Identitas oleh seluruh peserta BPJS, baik itu PBI maupun Non PBI. 
  4. Masyarakat Indonesia yang kurang mampu dan sudah terdaftar di Dinas Sosial secara otomatis menjadi peserta BPJS PBI sebagai Pemegang Kartu KIS.
  5. Kartu Indonesia Sehat akan langsung didistribusikan langsung ke setiap Desa dan Kelurahan.
  6. Kepesertaan BPJS PBI akan selalu diperbaharui oleh Kementerian Sosial setiap 6 bulan sekali.
  7. Masyarakat yang telah dikategorikan warga mampu akan dinonaktifkan dari BPJS PBI (pemerima bantuan iuran) dan peserta harus daftar menjadi Peserta BPJS Mandiri.
  8. Setiap pemegang Kartu BPJS PBI (KIS) sebaiknya selalu mengecek status aktif tidaknya sebelum menggunakan, karena sewaktu waktu bisa dinonaktifkan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, jika telah dikategorikan warga mampu.


Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Aktif atau Tidak lewat HP


Perlu kita ketahui, status Kepesertaan BPJS PBI akan selalu diperbaharui oleh Kementerian Sosial setiap 6 bulan sekali. Jadi sebaiknya selalu setatus Kartu masih Aktif atau non Aktif. Berikut ini Cara Cek Kartu Indonesia Sehat Aktif atau Tidak lewat HP, jadi kamu tidak perlu lagi repot repot ke Kantor Cabang BPJS. Apa saja Itu?


1. Lewat BPJS Online (Website Resmi BPJS)

cara cek kis masih aktif atau tidak


Cara pertama yang sangat simple buat cek status Aktif Tidaknya kepesertaan KIS adalah melalui website resmi BPJS Kesehatan.


Berikut langkah - langkahnya :

  1. Buka situs resmi BPJS Kesehatan atau klik link https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking
  2. Silakan masukan nomor Kartu BPJS, tanggal lahir dan Captha (angka validasi) yang muncul.
  3. Selanjutnya Klik "Cek".
  4. Nantinya akan muncul informasi tentang kepesertaan Anda, seperti Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Peserta, Jenis Peserta, Jumlah Anggota Keluarga.


2.    Lewat SMS Gateway


Cara mengecek status Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat (KIS) paling mudah bisa melalui format SMS khusus yang dikirim ke 087775500400.


Caranya :

ketik NOKA<spasi>NOMOR KARTU INDONESIA SEHAT WARGA lalu kekirim ke nomor 087775500400.

selain itu kamu juga dapat menggunakan format,

ketik NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN atau NOMOR KTP lalu silakan kirim ke 087775500400.


Namun cara satu ini terkadang sering terjadi kendala dan tidak berjalan karena sibuknya server. Jika cara ini tidak berjalan silakan gunakan alternatif lain.


3. Lewat Aplikasi Android JKN mobile


Aplikasi satu ini merupakan, aplikasi khusus buat peserta BPJS Kesehatan baik itu PBI maupun Non PBI. Caranya silakan buka JKN mobile, bila belum ada download di PlayStore lalu Login menggunakan nomor Kartu BPJS dan Password. Selain itu Anda juga bisa mengganti Faskes, Ubah data, Konsultasi dokter, Mengecek daftar obat yang ditanggung dan masih banyak lainnya.


4. Lewat Care Center BPJS di Nomor Telepon 1500400


Cara satu ini termasuk yang paling mudah, namun Anda harus menyediakan pulsa cukup untuk biaya telepon Care Center BPJS. Silakan hubungi Care Center BPJS pada dial 1500400, selanjutnya utarakan maksud Anda perihal Perihal status Aktif Tidaknya Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Nantinya pihak BPJS akan membantu Anda mengecek status kepesertaan Anda.


Tidak hanya Cek Status Kepesertaan, Customer Service BPJS juga dapat membantu masalah Anda. Misalnya Pindah Faskes, Mengubah Data, Naik atau turun kelas Layanan atau keluhan mengenai Fasilitas atau Layanan lainnya, semua dapat kamu tanyakan lewat no tersebut. 


Kunjungi Kantor BPJS Kesehatan


Selain melalui HP atau secara Online, Mengecek Status Kepesertaan Kartu Indonesia Sehat bisa pula dilakukan dengan mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan. Lalu tanyakan perihal keaktifan status aktif tidaknya kepesertaan Anda. 


FAQ Tentang Kartu Indonesia Sehat


Tak Perlu Khawatir Ketinggalan Kartu, Ada KIS Digital loh? Bagaimana Cara pakianya?

Untuk meningkatkan layannanya, BPJS Kesehatan selalu menciptakan inovasi terbaru. Salah satunya fitur Kartu KIS Digital pada Mobile JKN. KIS Digital dapat digunakan sebagai pengganti Kartu Fisik.


Kenapa Kartu KIS tidak berlaku?

Kartu Indonesia Sehat di khususkan untuk warga kurang mampu dan merupakan program pemerintah, jadi bila suatu saat pemegang kartu KIS sudah dianggap mampu status kepesertaan bisa dinonaktifkan secara otimatis tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.