[Hanya 5 Menit] Cara Mudah Daftar BPJS Online Lewat HP Terbaru

daftar bpjs online lewat hp

" Mau Daftar BPJS Kesehatan, tapi nggak mau ribet tanpa ke kantor Cabang BPJS. Apa bisa daftar BPJS Kesehatan Online lewat HP atau Smartphone dengan JKN mobile? Yuks, Simak Penjelasan Lengkapnya!! "


Cara Daftar BPJS Online Lewat HP - Seiring kemajuan Teknologi tentu memudahkan masyarkat dalam melakukan berbagai hal. Hal ini tentu sangat membantu pengguna telepon pintar (smartphone) untuk mengetahui Dunia luar. Tidak hanya itu smrtaphone juga dapat kita manfaatkan untuk proses registrasi BPJS Kesehatan Loh!!.


Terlebih lagi dimasa pandemi seperti saat ini, dimana Pelayanan offline di Kantor BPJS Kesehatan mulai dibatasi. Jadi nasabah yang ingin menggunakan pelayanan BPJS, sangat disarankan untuk melalui online. Tak terkecuali saat akan melakukan pendaftaran peserta BPJS Kesehatan.


Lewat online kamu bisa mendaftarkan diri sendiri maupun anggota keluarga secara bersamaan. Bagaimana Cara Daftar BPJS secara Online di HP?


Kelebihan BPJS Kesehatan dibandingkan Asuransi Swasta


Setiap jenis Asuransi tentu memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing. Namun untuk BPJS Kesehatan sendiri saya rasa memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan kekurangannya. Hal itu karena BPJS menerapkan sistem gotong royong untuk program jaminan sosial. Lalu Apa saja Manfaat BPJS Kesehatan?

  1. Premi bulanan Murah (bila dibandingkan Asuransi swasta, iuran BPJS tergolong sangat murah. Iuran dimulai dari Rp. 38.000 untuk kelas III, Rp. 110.000 untuk kelas II dan Rp. 150.000 untuk kelas I. Sedangkan untuk Asuransi swasta premi bulanan yang bebankan kisaran Rp. 300 hingga Rp. 1.000.000 perbulan, bahkan bisa lebih).
  2. Tanpa Medical Check Up (biasanya Anda akan diminta cek kesehatan terlebih dahulu saat hendak mendaftar Asuransi Swasta. Bila hasilnya mempunyai penyakit kritis, maka iuran bulanan akan lebih mahal. Berbeda dengan BPJS Kesehatan yang tidak memberlakukan hal tersebut.
  3. Proteksi Seumur Hidup (Anda akan dijamin mendapatkan manfaat proteksi hingga seumur hidup).
  4. Tidak ada Pengecualian (Saat mendaftar di Asuransi swasta  biasanya akan ada penolakan bila calon peserta memiliki penyakit kronis, kalaupun tidak nantinya premi bulanan akan lebih maha. Tapi jangan khawatir, BPJS Kesehatan tidak akan mempermasalhkan hal itu).
  5. Mudahnya perubahan Data lewat Online (Pindah Faskes, informasi tentang BPJS Kesehatan, cek iuran, skrining riwayat kesehatan, Pendaftaran Peserta kini bisa dilakukan secara Onilne).


Baca Juga :


8 Lokasi Kantor BPJS Kesehatan di Provinsi Bali

Lokasi Kantor BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan Jakarta Barat

Lokasi Kantor BPJS Kesehatan & Ketenagakerjaan Jakarta Pusat



Besaran Iuran BPJS Kesehatan Per Kelas


Sesuai peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Perpres Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan memutuskan untuk meneyesuaikan iuran BPJS Kesehatan 2021. Adapun rincian besaran iuran BPJS Kesehatan per 1 Januari 2021 :

  1. Kelas III besaran iuran Rp. 42.000, namun mendapatkan subsidi dari pemerintah sebesar Rp. 7.000. Jadi jumlah iuran kelas III menjadi Rp. 35.000.
  2. Kelas II besaran iuran Rp. 110.000 dengan fasilitas layanan kelas II.
  3. Kelas I besaran iuran Rp. 150.000 dengan fasilitas layanan kelas I.


Cara Daftar BPJS lewat Aplikasi Android (JKN mobile)


1. Langkah pertama download JKN mobile di Play Store lalu buka aplikasi, klik "Daftar" lalu pilih "Pendaftaran Peserta Baru".

Pendaftaran Peserta Baru

2. Selanjutnya muncul halaman Syarat dan Ketentuan, lalu pilih "Saya Setuju".

Syarat dan Ketentuan

3. Silakan isi "Nomor NIK atau Nomor KTP" beserta Caphta yang tersedia, selanjutnya pilih "Lanjutkan"

Isi No. NIK / nomor KTP

4. Pada halaman selanjutnya akan muncul daftar anggota keluarga yang ada di Kartu Keluarga dan terhubung ke nomor NIK KTP. Silakan tambahkan daftar anggota keluarga lalu pilih "Selanjutnya".

5. Silakan isi Alamat lengkap, Alamat ini nantinya juga digunakan untuk surat menyurat. Sebaiknya isi sesuai dengan alamat KTP Ya!!

Alamat Surat Menyurat

6. Pilih "fasilitas kesehatan atau Faskes" yang terdekat dari lokasi Anda. Bisa Puskesmas atau Klinik. 

Pilih Faskes

7. Silakan pilih "Kelas Pelayanan", ada tiga pilih yakni kelas III, kelas II dan Kelas I. Masukan pula "alamat email" untuk prose verifikasi.

Pilih kelas layanan


8. Nantinya kode verifikasi akan dikirim ke email Anda. Buka email lalu salin Kode Verifikasi lalu masukan Kode tersebut pada kolom yang tersedia.

masukan kode verifikasi

9. Silakan pilih Bank Autodebit, bila anda menginginkan pembayaran Autodebet. Adapun Bank yang bisa digunakan seperti Bank Mandiri, BTN atau BRI.

Bank Auto debet

9. Sampai disini sebenarnya Anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. Selanjutnya silakan ikuti proses daftar pembayaran autodebet.

Daftar Autodebet

Penting!! Sebaiknya catat Nomor Kartu (Nomor Peserta BPJS), karena menurut pengalaman pribadi proses ini sering terjadi kegagalan dengan loading yang lama. Namun bila tidak ada kendala silakan lanjutkan proses sesuai pentunjuk.


10.  Nah buat kamu yang terhenti sampai proses "Pendafataran Autodebit" karena error atau loading yang lama. Silakan ikuti langkah langkah ini. 


11. Kembali ke menu utama lalu pilih "Daftar" dan pilih "Aktivasi Akun". 

Verifikasi akun


12. Selanjutnya masukan Nomor Peserta BPJS yang telah dicatat tadi. Masukan data diri lainnya seperti, nomor NIK KTP, Ibu kandung, Tanggal lahir, lalu isi Password yang kamu inginkan, Nomor Telepon dan e-e-mail aktif.

Isi Data diri

13.  Kode verifikasi akan dikirim ke email anda, buka email lalu masukan kode verifikasi tersebut. Selanjutnya klik "Register". Bila berhasil akan muncul notifikasi "Silakan Login dengan Data yang telah di Dafatarkan".

Verifikasi Pendaftaran

14. Selamat Anda telah menjadi Peserta BPJS Kesehatan.


Gimana mudah bukan? Selanjutnya silakan bayar iuran secara manual atau Autodebit bila telah terdaftar. Bila belum terdaftar Autodebet silakan Registrasi Pembayaran Autodedit lewat JKN mobile.