Yuks, Mengenal mesin ATM : Fungsi Tombol, Jenis dan Jaringan

fungsi tombol pada mesin atm


Fungsi Tombol Mesin ATM - Siapa yang tidak kenal ATM (Anjungan Tunai Mandiri), saat ini peranan mesin ATM sudah menjadi kebutuhan yang tidak lepas dari kehidupan sehari hari. 


Terlebih lagi di kota - kota besar, mesin satu ini tersebar di hampir penjuru Kota, seperti Pusat - pusat perbelanjaan, Minimarket, Galery ATM, bahkah banyak pula mini ATM layaknya Agen BRILink.


Tapi tahukah kamu fungsi dari setiap perangkat pada mesin ATM?



Apa Itu mesin ATM?


ATM merupakan kependekan dari Anjungan Tunai Mandiri, dalam bahasa inggris disebut automated teller machine atau automatic teller machine. Yang artinya sebuah alat elektronik yang mempermudah nasabah untuk melakukan berbagai transaksi perbankan,

baik finansial maupun non finansial. Seperti Tarik tunai, Cek Saldo, Setor Tunai, Transfer, Pembayaran Tagihan dan Pembelian.


Bagian - Bagian mesin ATM


bagian bagian mesin atm


Perlu Anda ketahui mesin ATM terdiri dari beberapa perangkat yang memiliki fungsi masing masing dan saling melengkapi.


Pada dasarnya mesin ATM terdiri dari 2 (dua) bagian, yaitu perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software). Perangkat lunak juga dikenal sebagai Sistem Operasi, sedangkan perangkat keras adalah bagaian yang membentuk mesin ATM, seperti :

  1. Card Reader ATM berfungsi sebagai alat untuk membaca Kartu ATM, biasa dikenal juga dengan tempat memasukan Kartu ATM.
  2. Cash Catridge ATM berfungsi sebagai Kotak peti penyimpanan uang yang ada di dalam mesin ATM dan berbentul Kotak Peti.
  3. Cermin Kecil ATM berfungsi sama fungsinya seperti spion pada kendaraan, agar nasabah dapat melihat situasi di belakang saat menggunakan mesin ATM. 
  4. Kamera internal ATM kamera satu ini biasanya berada di belakang cermin kecil yang fungsinya sebagai keamanan nasabah.
  5. Printer Struk ATM adalah alat yang mengeluarkan struk sebagai bukti transaksi nasabah.
  6. Monitor ATM digunakan untuk menampilkan setiap transaksi yang sedang dilakukan nasabah.
  7. Tombol fungsi digunakan untuk memilih setiap jenis transaksi yang di inginkan, tombol fungsi berada di sisi kiri dan kanan monitor ATM. Namun adapula yang digantikan dengan fitur Touchscreen pada layar monitor.
  8. Papan tombol digunakan untuk memasukkan PIN, Nomor Rekening serta Nominal transaksi dan perintah transaksi lainnya.


Baca Juga :

Lupa User Id Mobile Banking BCA? Begini Cara Mengetahuinya!!

Cara Mengatasi Tidak Bisa Login BRImo Akun Sedang Dipakai

Dimana Letak Kode CVV / CVC2 pada Kartu Debit BCA GPN?


Fungsi Tombol Mesin ATM


fungsi tombol pada mesin atm


Semua bagian mesin ATM memiliki fungsi masing - masing yang saling berkaitan, jadi bila salah satunya bermasalah maka tidak akan berfungsi dengan baik.


Lalu tahukah kamu Apa saja fungsi tombol yang ada di papan tombol mesin ATM?

  1. Tombol angka 0 - 9 digunakan untuk memasukkan PIN, Nomor Rekening, nomor transaksi dan Nominal transaksi yang diinginkan.
  2. Tombol Cancel biasanya berwarna merah, yang fungsinya untuk membatalkan transaksi dan secara otomatis akan mengeluarkan kartu ATM.
  3. Tombol Correction / Clear biasanya berwarna kuning yang fungsinya untuk menghapus angka yang di input, seperti (PIN, nomor rekening, nominal).
  4. Tombol Accept / Enter biasanya berwarna hijau yang fungsinya untuk menyetujui setiap angka (PIN, nomor rekening, nominal) yang telah di input.
  5. Tombol fungsi digunakan untuk memilih setiap jenis transaksi yang di inginkan, tombol fungsi berada di sisi kiri dan kanan monitor ATM. Namun adapula yang digantikan dengan fitur Touchscreen pada layar monitor.
  6. Tombol Help tombol saru ini biasanya tidak diberi keterangan apapun, tombol ini hanya di gunakan oleh teknisi mesin ATM atau pihak Bank.
  7. Tombol huruf A - Z berfungsi untuk memasukkan perintah program ketika mesin ATM di lakukan perbaikan oleh teknisi.
  8. Tombol Karakter (*,-,#,+) merupakan kode program ketika mesin ATM di lakukan perbaikan oleh teknisi.


Jenis - Jenis Mesin ATM


Menurut fungsinya mesin ATM terbagi menjadi empat jenis, Apa saja itu?

  1. ATM Tunai jenis satu ini yang paling banyak ditemukan. Biasanya digunakan untuk transaksi seperti penarikan tunai atau transaksi lainnya.
  2. ATM Non Tunai jenis ATM satu ini hanya bisa digunakan untuk transaksi non tunai, seperti transfer, pembelian atau pembayaran dan tidak bisa digunakan untuk penarikan tunai.
  3. ATM Setor Tunai melalui mesin ATM setor tunai / cash deposit machine (CDM) kamu dapat dengan mudah meyetorkan uang tanpa perlu repot ke Bank.
  4. ATM Serbabisa Jenis ATM satu ini memang sangat jarang ditemui dan disediakan oleh bank. Dengan ATM serbabisa kamu dapat melakukan semua jenis transaksi, seperti transaksi non tunai , tarik tunai hingga setor tunai.


Jaringan-Jaringan pada Mesin ATM


Pada umumnya ada tiga jenis Jaringan mesin ATM dan masing - masing juga telah bekerjasama dengan pihak Bank tertentu.


1. ATM Bersama


ATM Bersama merupakan Jaringan yang didirikan pada 10 Februari 2000 dan telah beranggotakan sekitar 92 Bank dan telah terkoneksi lebih dari 77 ribu mesin ATM yang tersebar di Indonesia. Sebagian dari bank yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama seperti Bank CIMB Niaga, Bukopin, HSBC, Bank Mandiri, Bank Muamalat, dan banyak lagi lainnya.


Biaya transaksi di ATM Bersama


Jenis Transaksi Biaya
Transfer antarbank Rp. 6.500
Tarik Tunai Rp. 6.500
Transfer via Kliring Rp. 5.000
Transfer via RTGS Rp. 25.000


2. ATM Prima


ATM Prima merupakan jaringan ATM yang telah terhubung ke 80 bank dan telah terkoneksi ke lebih dari 120 ribu ATM di Indonesia. Sebagian dari bank yang tergabung ke dalam jaringan ATM Prima seperti Bank Artha Graha, BTPN, BCA dan BNI.


Biaya Transaksi di ATM Prima


Jenis Transaksi Biaya
Transfer antarbank Rp. 7.500
Tarik Tunai Rp. 7.500
Cek Saldo Rp. 4.000


3. ATM Link


ATM Link juga dikenal ATM Merah Putih merupakan Jaringan yang diusung oleh Himpunan Bank-Bank Milik Negara (HIMBARA). Sebagian dari perusahaan bank yang tergabung dalam jaringan ATM Link misalnya Bank BNI, Mandiri, BTN, dan BRI.


Biaya Transaksi di Jaringan ATM Link


Jenis Transaksi Biaya
Transfer antarbank Rp. 6.500
Transfer antarbank BUMN Rp. 4.000
Tarik tunai Gratis


Semoga Informasi diatas bermanfaat Ya!!