16 Cara Mengatasi Kartu ATM Mandiri Tidak bisa Digunakan

Kartu ATM mandiri tidak bisa Digunakan

" Saya akan cek saldo rekening di mesin ATM Mandiri, namun justru muncul peringatan "Kartu ATM tidak bisa Digunakan". Ada apa dengan Kartu ATM saya? Apakah terblokir? Atau sedang ada Gangguan jaringan? ". 


Kartu ATM Error - OK, Buat temen - temen yang mengalami hal serupa, dimana Kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan. Kali ini JejakSemut akan coba berbagi informasi untuk mengatasi masalah tersebut.


Sebenarnya adapula kasus dimana nasabah mendapati pesan error lainnya yang muncul dilayar ATM seperti Transaksi Tidak Dapat Di Proses, Data Tidak Di Temukan atau terkadang Kartu ATM keluar dengan sendirinya.


Tentu saja semua keterangan error yang muncul berkaitan dengan Kartu ATM yang temen - temen gunakan, bisa karena fisik kartu Debit / ATM rusak atau bahkan karena Terblokir.



Tapi, sabar dulu!! Temen - temen nggak boleh langsung menjusment jelek dulu. Sebaiknya kita cari tahu dulu penyebab dan pelajari pesan error yang muncul. OK, langsung saja kita bahas satu persatu!!


1. Pesan Error "Transaksi Tidak Dapat Di Proses"


Mungkin temen - temen pernah mengalami hal satu ini, dimana saat transaksi misalnya mengecek saldo di ATM Mandiri justru muncul pesan error "Transaksi Tidak Dapat Diproses". Apa penyebabnya? Bagaimana Solusinya?


Penyebab :

  1. Maintenace Service / sedang ada gangguan jaringan sementara pada mesin ATM Mandiri.
  2. Strip Magnetik atau Pita hitam yang ada dibagian belakang Kartu rusak atau terkelupas.
  3. Masa Aktif kartu ATM Mandiri telah kadaluarsa.


Solusinya :

  1. Silakan coba gunakan mesin ATM Mandiri lain atau ATM Bank lain untuk transaksi (cek saldo atau apapun).
  2. Coba cek Fisik Kartu ATM kamu, kondisi Strip Magnetic masih bagus atau terkelupas.
  3. Cek juga masa berlaku Kartu ATM, apakah kadaluwarsa atau tidak.
  4. Jika semua cara sudah dilakukan, tapi masih muncul pesan peringatan "Transaksi Tidak Dapat Diproses". Maka sebaiknya kunjungi Kantor Cabang Mandiri terdekat untuk mengatasi masalah tersebut. Jangan lupa  bawa Buku Tabungan, KTP dan Kartu Debit / ATM tersebut.


2. Pesan Error "Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan"


Kartu ATM mandiri tidak bisa Digunakan


Kasus satu ini juga sering dialami nasabah, Dimana saat akan transaksi muncul pesan error "Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan". Nah buat temen - temen yang mengalami masalah Kartu ATM Mandiri Tidak Di Izinkan Untuk Di Gunakan, berikut ini Penyebab dan Solusinya!!.


Penyebab :

  1. Untuk pesan error "Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan" penyebab utamanya adalah Kartu ATM Mandiri atau Rekening anda berstatus Dormant atau Pasif. Apa itu Rekening Dormant? 
  2. Rekening Dormant  adalah rekening yang tidak ada transaksi selama 6 bulan berturut-turut.


Solusinya :

  1. Perlu temen - temen ketahui rekening pasif akan dikenakan denda, sebagai contoh rekening Mandiri TabunganKu akan dikenakan biaya Rp 2.000,-/bulan. Jika rekening pasif dengan saldo kurang dari Rp 20.000,-, maka rekening akan ditutup otomatis oleh sistem.
  2. Untuk mengaktifkan kembali rekening pasif silakan kunjungi Kantor Cabang Mandiri terdekat dengan membawa Buku Rekening, KTP dan Kartu ATM.

 

Informasi lebih lengkap tentang Rekening Dormat atau Pasif, silakan Baca Cara Mengaktifkan Kembali Rekening Dormant.


3. Pesan Error "Data Tidak Di Temukan"


Saya mau Transfer, tapi saat transaksi muncul pesan peringatan "Data Tidak Di Temukan". Bila temen - temen mengalami hal seperti ini, maka jangan panik. Hal tersebut terjadi karena hal yang sepele.


Penyebab :

  1. Error seperti diatas biasanya terjadi karena adanya Gangguan sementara pada Jaringan Bank Mandiri.


Solusinya :

  1. Silakan coba transaksi kembali beberapa waktu kemudian.
  2. Coba pula gunakan mesin ATM Mandiri lainnya, atau mesin ATM Bank lain.


Baca Juga :

Begini!! Cara Mencari Bank Mandiri Terdekat Dari Lokasi Saya

Lupa User ID / Password / MPIN Mandiri Online? Ini Solusinya

Berapa Limit Transfer Mandiri Internet Bisnis? Cek Disni!!


4. Kartu ATM Keluar dengan sendirinya


Kejadian seperti ini memang sangat menjengkelkan, dimana saat ingin melakukan transaksi tiba - tiba Kartu ATM ditolak dan keluar sendiri. Apa kartu Debit saya diblokir?


Penyebab :

  1. Untuk Kartu ATM yang ditolak mesin ATM, kemungkinan terjadi karena Kartu ATM temen - temen diblokir Bank Mandiri. Entah itu karena salah memasukan PIN ATM atau penyebab lain.


Solusinya :

  1. Silakan Datang ke Kantor Cabang Bank Mandiri dengan membawa berkas pendukung, seperti Kartu ATM, Buku Tabungan dan KTP. Untuk membuka blokir biasanya temen - temen akan dikenakan biaya, kalo nggak salah sih sekarang sekitar 5 ribu rupiah.


FAQ Tentang Kartu ATM Mandiri tidak bisa digunakan


Kenapa kartu ATM Mandiri tidak bisa melakukan transaksi?

Pada umumnya penyebab Kartu ATM tidak terbaca karena beberapa faktor, seperti : Strip magnetic warna hitam di ATM lecet (tergores) atau sudah rusak, ATM kadaluarsa, Rekening Pasif, atau terblokir karena salah memasukan PIN.


Apakah kartu ATM lama masih bisa digunakan?

Bisa. Asalkan masa berlaku kartu ATM masih (belum kadaluarsa). Selain itu Rekening tidak berstatus Pasif (tidak digunakan lebih dari 6 bulan berturut - turut).


Apakah atm mandiri baru bisa langsung digunakan?

Setelah pembukaan rekening selesai, kamu akan diberikan Kartu ATM dan akan langsung bisa digunakan tidak lebih dari 1 Jam.