7 Umpan Sidat Paling Galak plus Cara Mancingnya!!

Umpan sidat paling galak

" Dulu di Sungai deket rumah banyak sekali sidat, tapi sekarang susah dipancing bahkan malam hari sekalipun. Apa sih umpan ikan sidat paling ampuh siang hari atau malam hari? Bagaimana pula cara mancing sidat yang benar?  "

Umpan Sidat Paling Galak – Pada dasarnya sidat merupakan ikan berjenis nokturnal, yakni ikan yang aktif pada malam hari.  Lalu apakah sidat bisa dipancing pada siang hari? Tetap bisa kok!! Namun pada siang hari sidat lebih suka berdiam didalam lubang.

Jadi sebaiknya cari lubang atau sarang sidat terlebih dahulu. Adapun ciri - ciri lubang sidat dan cara mancingnya akan mimin jelaskan lebih detail dibawah.

So!! Temen - temen jangan scroll kebawah cepet - cepet Ya!! Biar nggak kelawat tuh Tips dan Triknya!! 

Cara Mancing dan Umpan Sidat Paling Jitu Siang dan Malam Hari

Sidat merupakan jenis ikan air tawar yang habitatnya di sungai, rawa, saluran irigasi, danau dan kadang juga ditemukan persawahan. Ikan dengan nama latin Angulia Marmorata sering disebut Moa, pelus, lumbon, oleng, ikan lubang, uling, gatheng dan masih banyak lainnya.

Memancing ikan sidat bisa dikatakan sama dengan memancing ikan lainnya. Hanya saja memerlukan waktu yang tepat untuk mancing ikan sidat, berbeda dengan jenis ikan lainya yang bisa kalian pancing kapan saja.

Saat memancing sidat sebenarnya tidak membutuhkan keahlian khusus. Namun diperlukan trik dan teknik saat memancing, misalnya menemukan lubang(sarang), memilih umpan dan perlatan pancing. Dan semua itu akan mimin terangkan pada artikel kali ini.

Terus apa aja sih yang di butuhkan saat Memancing Ikan Sidat ini ??

Tenang gan,
kita akan membahasnya satu persatu. Ok lah langsung saja ke topik utama, 

12 tips yang akan mimin bagikan terdiri dari 6 tips memilih piranti mancing dan 6 tips memancingnya, serta tips-tips lainnya seperti memilh umpan dan mancing sidat pada siang hari. 

Baca Juga :

Peralatan/Piranti Yang di Perlukan Saat Memancing Ikan Sidat

1. Reel | Tips Memilih Reel untuk Mancing Sidat

Saat memancing sidat, reel memang menjadi hal wajib dan sangat minim rekomendasikan untuk memakainya. Meskipun terkadang beberapa angler tetap bisa strike tanpa menggunakan reel. Namun perlu digaris bawahi, mengingat jenis atau sebesar apa sidat yang akan menyambar, entah itu anakan atau justru Babon yang beratnya puluhan kilo. Mengingat ikan ini bisa tumbuh hingga 2 meter lebih.

Adapun Jenis Reel atau size yang pas antara 1000 - 2500 sudah cukup. Namun bila penghuni Spot tersebut berukuran besar kalian bisa menggunakan size 4000 saja. Namun dibebrapa daerah banyak juga yang hanya menggunakan gulungan pipa sebagai pengganti reel. 

2. Joran / Walesan | Tips Memilih Joran untuk Mancing Sidat

Umumnya pemancing (angler) menggunakan joran berbahan fiber yang lebih kaku. Namun tidak ada salahnya bila anda menggunakan joran berbahan carbon agar lebih lentur, sehingga sensasi strik akan lebih menegangkan. Untuk ukuran joran antara 140 - 160 cm saja.

3. Senar | Tips Memlilih Senar untuk Mancing Sidat


Senar memang piranti yang sangat riskan, piranti inilah yang sering menggagalkan strike anda, entah itu putus, tersangkut atau hal lainnya. Pemilihan senar sebenarnya mudah dan sama seperti saat memancing ikan jenis lain. Yang terpenting punya kekuatan yang cukup meski ukurannya kecil, karena sekarang memang banyak sekali brand dengan senar size kecil namun lbs (kekuatan besar). Mungkin size 0.30 dan kekuatan 8 lbs (4 kg) mimin rasa sudah cukup. Namun bila kalian ragu dengan kekuatan kenur/senar, bisa menggunakan ukuran hingga 0.50.

4. Hook/Mata Kail | Tips Memilih Mata Kail untuk Mancing Sidat

Pemilihan Mata Kail untuk mancing sidat perlu perhatian khusus, kenapa?? Karena Ikan sidat mempunyai mulut yang besar serta rahang yang kuat. Jadi sebaiknya pilih kail berbahan Stainless Steel. Kenapa Stainless Steel?? Bahan jenis ini punya ketajaman yang bagus serta kuat dan tahan karat. Untuk ukuran bisa menggunakan no. 5 hingga 10, tentunya harus disesuaikan dengan spot tujuan anda.

5. Swivel dan Timbel (pemberat)

Swivel >> Untuk ukuran swivel bisa kalian sesuaikan dengan ikan target atau lokasi yang akan kalian tuju.

Timbel >> Memancing Sidat lebih cocok menggunakan tekni glosor (tanpa pelampung), jadi sebaiknya gunakan timbel ukuran sedang agar umpan tidak mudah terbawa arus.

6. Senter, Sepatu Boat dan Kail Lap

Karena memancing sidat lebih mudah dilakukan pada malam hari jadi sebaiknya bawalah peralatan pendukung seperti Senter (untuk penerangan baik dijalan maupun lokasi), Sepatu Boat (sebagai pelindung kaki dari ular atau hewan lainnya) dan Kain Lap (agar tidak kesusahan saat memegang sidat yang cukup licin).

Umpan Jitu Memancing Ikan Sidat Paling Galak

Umpan merupakan hal penting yang perlu kalian perhatikan dalam memancing. Jadi sebaiknya siapkan umpan terbaik kalian agar acara berburu sidat bisa mulus. Karena sidat merupakan hewan pemakan daging, sebaiknya gunakan umpan berupa hewan-hewan kecil maupun serangga.

Adapun Umpan Ampuh Mancing Ikan Sidat yang bisa kalian gunakan, seperti :
  • Cacing unthel / kruwel
  • Anakan kodok / precil
  • Uret kelapa / gendon
  • Belut
  • Burung emprit
  • Cumi segar
  • Ikan-ikan kecil

Untuk Cacing Unthel, Anakan Kodok, Uret kelapa lebih cocok digunakan pada sungai-sungai kecil atau rawa-rawa yang tidak terlalu dalam. Sedangkan Umpan berupa Belut, Burung Emprit, Cumi dan Ikan-ikan kecil mempunyai bau amis yang lebih dominan lebih cocok anda gunakan pada sungai-sungai besar yang kedalamannya lebih dari 1.5 meter.

Tips dan Cara Memancing Sidat pada Malam Hari

Karena sidat merupakan hewan nocturnal yakni lebih aktif pada malam hari. Jadi malam harilah waktu yang paling tepat untuk memancing ikan sidat.

Berikut Tips dan Teknik Memancing Sidat pada Malam Hari : 

1. Pilih Spot atau Lokasi yang Potensial

Adapun ciri-ciri spot potensial memancing sidat :

  1. Carilah spot dengan kedalaman minimal 1.5 meter. 
  2. Air pada spot tersebut cukup deras.
  3. Adanya beberapa hewan kecil disekitar spot, seperti kodok / nyamuk atau hewan kecil lainnya. 
  4. Spot berupa bebatuan padas yang berlubang (gerowong).
  5. Spot pada tikungan sungai. 
  6. Dibawah bendungan Tua. 
  7. Spot rawa-rawa pada muara.

2. Perhitungkan waktu berburu/memancing sidat

Waktu yang tepat memancing sidat sekitar jam 5 sore hingga 7 malam, itulah waktu awal ikan sidat keluar dari sarang. Dan biasanya sidat mulai memangsa umpan dari tengah malam hingga menjelang subuh.

3. Saat mulai memancing usahakan suasana tetap hening (jangan berisik). Sidat paling takut dengan suara-suara dan kemungkinan akan pergi menjauh.

4. Agar sidat mendekat atau berkumpul, anda bisa menggunakan umpan bom agar berkumpul di spot tertentu. Umpan bom bisa menggunakan Keong sawah, darah ayam atau apapun yang berbau amis. Dipastikan sidat akan mendekat ke spot kalian.

5. Bila anda memancing di sungai kecil, anda bisa menggunakan umpan cacing, anak kodok atau ulat daun. Namun bila memancing di sungai yang besar bisa menggunakan burung emprit, belut atau cumi segar (yang jelas umpan tersebut dominan berbau amis).

6. Saat sidat menyambar umpan dan terkait kail, usahakan benang atau kenur jangan sampai terlilit sidat. Hal ini membuat sidat akan lebih mudah meloloskan diri dari kail.

Tips dan Cara Memancing Sidat Pada Siang Hari

Meskipun Sidat merupakan hewan nokturnal atau yang aktif pada malam hari. Ternyata sidat tetap dapat dipancing pada siang hari. Dengan catatan kalian harus tahu lubang persembunyian / sarang sidat tersebut.

Ciri-ciri Sarang / lubang tempat sembunyi ikan sidat ialah :

  1. Pada Lubang tersebut tidak ada kotoran atau bersih.
  2. Aliran air tidak normal, artinya air yang mengalir disekitar lubang tidak beraturan. 
  3. Adanya serangga atau hewan kecil seperti katak di dekat lubang.
  4. Bentuk lubang sangat tidak beraturan.
  5. Bila itu Sidat besar, biasanya tercium bau bangkai didekat lubang.

Setelah mengetahui lubang/persembunyian sidat, Kalian bisa mulai memancingnya didekat lubang tersebut. Dan tunggu hingga umpan disambar. Selain itu saat banjir / air sungai meluap sidat biasanya juga keluar dari sarang untuk mencari makan. Hal tersebut dikarenakan air sungai saat banjir berwarna coklat sehingga sidat berani keluar dari sarang meski siang hari sekalipun.

Itulah Tips, Cara dan Teknik memancing Sidat yang bisa mimin bagikan. Jika ada masukan, tambahan mengenai umpan, tips dan teknik memancing sidat yang lain bisa anda tuliskan di kolom komentar. Salam Mancing Liar.

FAQ tentang Umpan Sidat Paling Galak

Apa Sidat Mau makan Umpan pada Siang Hari? 
Tentu saja mau. Meskipun sidat lebih aktif pada malam hari namun tetap bisa dipancing siang hari kok. Yang terpenting cari dulu tuh lubang atau sarang sidat tersebut. 

Apa Umpan Sidat Paling Ampuh Siang Hari? 
Karena pada siang hari sidat lebih suka di dalam lubang,  jadi langkah pertama sebaiknya cari lubang atau sarang sidat terlebih dahulu. Kecuali saat kondisi air berwarna coklat keruh biasanya sidat keluar dari sarang. Untuk umpan bisa menyesuaikan yang penting berbau amis,  misalnya anakan kodok, cacing atau potongan belut. 

Apa Umpan Sidat Paling Jitu pada Malam Hari? 
Kalian bisa menggunakan umpan seperti Cacing unthel / kruwel, Anakan kodok / precil, Uret kelapa / gendon, potongan Belut, Burung emprit, potongan Cumi segar, Ikan-ikan kecil. Dan biasanya sidat akan lebih aktif pada malam hari.

Berapa Ukuran Mata Kail untuk Mancing Sidat? 
Silakan gunakan kail mulai dari no. 5 hingga no. 10. Karena mulut sidat cenderung lebih besar dibanding jenis ikan lainnya.