Umpan Ikan Mas Musim Hujan [ Resep Rahasia | Teruji ]

umpan ikan mas musim hujan

" Kemarin saya abis mancing ikan mas di kolam harian, pagi hari sekitar pukul 07:00 hingga jam 10:00 berhasil strike 5 ekor. Kebetulan cuaca waktu ini cukup panas, dan tak diduga duga jam Satu siang hujan pun turun. Ikan pun mulai enggan memakan umpan. Yang jadi pertanyaan, Apa beda Umpan Ikan Mas Musim Hujan dengan Cuaca lainnya? "

Umpan Ikan Mas Musim Hujan – Terkait Pertanyaan diatas, dimana hujan turun saat memancing ikan mas. Jawabannya : Tentu saja beda, Antara umpan ikan mas musim panas dengan musim hujan.

Kenapa? Saat hujan turun kadar oksigen dalam air biasanya akan lebih stabil, namun karena butiran - butiran air hujan yang turun pandangan ikan mas akan terganggu. Nah pada saat itulah ikan mas akan lebih dominan menggunakan indra penciuman saat mencari makan.

Untuk itulah, kenapa diperlukan racikan umpan yang berbeda, antara wangi dan amis nya umpan. Dan perlu kalian tahu sebenarnya turunnya hujan berdampak baik loh buat kita. Karena setelah hujan ikan akan cenderung lebih cepat lapar.

Jadi bisa dibilang, setelah hujan turun adalah waktu yang tepat untuk memancing ikan mas.

Umpan Ikan Mas Saat Musim Hujan

Ikan Mas merupakan jenis ikan air tawar yang hidup dengan kondisi air tidak terlalu deras dan tidak terlalu dalam, seperti pinggiran sungai atau danau. Ikan mas termasuk omnivora atau pemakan segalanya, mulai dari tumbuhan air dan hewan hewan kecil. Di Indonesia ikan mas ditemukan dihampir setiap daerah. Sebenarnya tidak sulit menentukan umpan yang cocok untuk mancing ikan mas. Namun perlu diperhatikan faktor yang mempengaruhi kegagalan dalam memancing ikan ini.

Baca Juga :

Dalam memancing faktor cuaca juga sangat mempengaruhi hasil mancing kita. Cuaca sangat berpengaruh terhadap keberadaan ikan di suatu perairan. Pada saat hujan turun suhu permukaan perairan lebih dingin dibandingkan dasar. Hal itu menyebabkan kadar oksigen dipermukaan lebih tinggi di bandingkan di dasar. Ikan - ikan cenderung lebih menyukai berada di permukaan perairan. Setiap ikan mempunyai kemampuan adaptasi yang berbeda beda, namun untuk ikan mas cenderung memilih naik ke permukaan.

 Pada saat mendung ikan mas cenderung lebih agresif saat mencari makan. Begitu pula saat gerimis ikan mas akan naik ke permukaan air dan lebih agresif, saat itulah waktu yang tepat memancing ikan ini. Tapi perlu kalian ketahui pada saat hujan deras nafsu makan akan berkurang, hal ini dikarenakan air akan menjadi keruh dan ikan mas akan sulit mendeteksi keberadaan umpan.

Disinilah kemampuan pemancing dalam membuat umpan sangat perlu diperhatikan. Ketidak mampuan ikan mas mendeteksi umpan  saat hujan mengharuskan pemancing perlu meracik umpan khusus. Umpan saat hujan deras harus beraroma lebih tajam, lebih wangi atau lebih amis.

Dan berikut umpan ikan mas saat hujan turun,

Bahan - bahan :
  1.  Pelet Ikan Mas 48
  2.  Keju Kraft
  3.  Kroto
  4.  Susu bubuk putih
  5.  4 butir telur bebek
  6.  Ikan Tongkol
  7.  1 bks Santan sachet
  8.  Essen nangka
  9.  Air panas secukupnya.

Cara Meracik Umpan Ikan Mas Musim Hujan :
  1. Kukus ikan tongkol sampai matang lalu buang durinya, kukus juga santan sampai berminyak.
  2. Rebus juga telor dan ambil kuningnya saja, parut keju.
  3. Siapkan wadah dan masukan pelet 48, Ikan tongkol, kuning telor, parutan keju, susu bubuk putih dan santan aduk hingga merata.
  4. Campurkan Essen secukupnya kedalam adonan lalu aduk kembali bila adaonan dirasa kurang encer beri air panas secukupnya.
  5. Campurkan kroto pada saat umpan akan digunakan.
  6. Bentuk umpan bulat kecil kecil seukuran kail, dan umpanpun siap digunakan.

Itulah Racikan khusus yang bisa digunakan saat musim hujan. Semoga Bermanfaat Ya!!

FAQ Tentang Umpan Ikan Mas Musim Hujan

Apa saat Musim Hujan Ikan susah dipancing?
Tidak Juga. Justru adanya hujan, kadar oksaigen dalam air akan lebih terjaga. Otomatis nafsu makan ikan lebih besar. Namun butiran hujan akan mengganggu penglihatan ikan mas, untuk itu gunakan racikan umpan yang tepat Ya!!.

Setelah Hujan Apakah Ikan Mas mau makan Umpan?
Justru setelah hujan turun ikan mas akan lebih nafsu makan, jadi lebih galak. Bisa dibilang setelah hujan turun menjadi salah satu waktu yang tepat untuk mancing.

Antara Amis dan Wangi, mana yang lebih disukai Ikan Mas?
Ikan mas lebih menyukai amis atau wangi, jawabannya tergantung cuaca dan kondisi air. Jadi sesuaikan sendiri takaran amis atau wangi umpan.