[Solusi] Transfer BRIVA di Shopee Berhasil tapi Status Belum Dibayar

[Solusi] Transfer BRIVA di Shopee Berhasil tapi Status Belum Dibayar
" Belanja Online di Shoppe Berhasil tapi kenapa Status masih belum dibayar? Apa Penyebabnya? Bagaimana Cara Komplain Pembayaran BRIVA seperti itu? "

Transaksi BRI Virtual Account - Belanja Online memang menjadi aktifitas shopping paling banyak digemari masyarakat saat ini. Hanya bermodalkan gadget (Handphone/Tablet/Komputer/Laptop) kegiatan belanja akan lebih mudah dilakukan tanpa harus lama mengantri atau mendatangi toko.

Bahkan anda bisa memilih produk dengan varian yang beragam. Salah satu toko e-commerce terbesar di Indonesia adalah Shoppe.

Baca Juga :

[Penyebab & Solusi] Transaksi BRIVA Gagal Saldo Rekening Terdebet
[Terlengkap] 16 Daftar Kode Kesalahan Internet Banking BRI
Cara Mudah Atasi BBR00Q2 User ID terblokir BRI tanpa Ke Bank


Apa Kelebihan Shoppe dibandingkan Toko Online lainnya?

Selain banyak produk yang bisa pilih,  Shoppe merupakan salah satu toko online terlengkap di Indonesia yang memberikan gratis ongkir.

Kenapa harus memilih Transaksi dengan Sistem BRI Virtual Account (BRIVA)? 

Buat anda nasabah Bank BRI, pembayaran menggunakan BRIVA (BRI virtual Account) akan lebih mudah karena transaksi akan terbayar otomatis tanpa harus menyertakan bukti pembayaran seperti simtem transfer.

Namun kemudahan itu tetap saja ada kendalanya, dimana banyak nasabah yang mengalami Transfer BRIVA di Shopee Berhasil tapi Status Belum Dibayar.

Apa sih Penyebab Transfer BRIVA di Shopee Berhasil tapi Status Belum Dibayar?

Masalah seperti itu memang banyak dikeluhkan para konsumen Shopee terutam mereka yang menggunakan Rekening BRIVA. Dimana Transfer BRIVA saat belanja di Shopee Berhasil namun Status Belum Dibayar.

Terkait hal diatas bisa terjadi karena sistem pembayaran Shoppe mengalami error atau gangguan pada server.

Kasus seperti ini sebaiknya harus segera ditangai pihak perusahaan (Shoppe) selaku pengelola. Karena sangat merugikan konsumen, pelanggan tentunya akan rugi waktu buat ngurusin hal demikian.

Sebenarnya masih banyak Kasus / Masalah lain yang terjadi saat kita berbelanja di Shopee. Berikut beberapa keluhan yang mimin rangkum dari pelanggan Shopee :

  • Sudah bayar shopee di alfamart tapi belum terverifikasi?
  • Sudah bayar shopee tapi belum terverifikasi?
  • Pembayaran shopee dicek otomatis tapi belum terverifikasi?
  • Kenapa pembayaran shopee belum terverifikasi?
  • Cara melihat kode pembayaran shopee?
  • Cara upload bukti pembayaran di shopee?


Lalu Bagaiama Cara Komplain Pembayaran BRIVA BRI Saldo Terpotong Tapi Status Belum Dibayar di Shopee? 

Apabila anda menemui kasus serupa, yakni ketika belanja Online di Shopee dengan sistem pembayaran menggunakan rekening BRIVA. dimana status barang masih belum dibayar,  padahal dana sudah berhasil ditransfer.

Ada beberapa Langkah yang bisa anda tempuh,  diantaranya :

  1. Pastikan bahwa dana (pembayaran) anda sudah benar benar berhasil ditransfer, dengan mengecek mutasi rekening tabungan. Pada keterangan mutasi tersebut akan terlihat saldo keluar yang berhasil ditransfer pada rekening BRI Virtual Account Shopee.
  2. Screenshot dan simpan bukti transfer tersebut,  nantinya dapat digunakan sebagai data komplain ke pihak Shopee. 
  3. Hubungi Customer Service Shopee melaui aplikasi maupun website. Nantinya pihak Shopee akan membantu keluhan anda.
  4. Sertakan screenshot pembayaran anda kepada Custemer Service Shopee, Pihak shopee akan mengecek dana yang masuk dengan mencocokan bukti transfer anda.
  5. Proses ini bisa memakan waktu yang cukup lama,  entah itu beberapa jam bahkan beberapa hari. Jika nantinya memakan waktu berberapa hari lebih dari batas waktu pembayaran,  nantinya pesanan akan secara otomatis dibatalkan dan dana tersebut akan dikembalikan ke ShopeePay maupun Shopee Poin.
  6. Bila dalam waktu 3x24 jam belum ada kejelasan dari pihak Shopee. Dimana jangka waktu tersebut merupakan ketentuan dari pihak Shopee terkait pembayaran. Langkah terakhir, kita bisa mengadukan masalah tersebut ke pihak YLKI (perlindungan konsumen). YLKI merupakan jembatan terkait masalah konsumen. 

Kesimpulan :

Kasus Transfer pembayaran melalui BRIVA di Shopee Berhasil tapi Status Belum Dibayar memang sering sekali terjadi. Untuk itu sebaiknya dapat langsung melakukan mengadukan ke pihak Shopee terkait masalah tersebut. Sesuai ketentuan yang tertera di pihak Shopee,  komplain akan memerlukan waktu 1x24 jam dan paling lama 3 hari kerja.

Itulah penjelasan mengenai masalah Pembayaran di Shopee menggunakan Rekening BRIVA (BRI virtual Account). Bila artikel ini bermanfaat, silakan Share ke teman anda Ya!!