[Penyebab & Solusi] Transaksi BRIVA Gagal Saldo Rekening Terdebet

Transaksi BRIVA Gagal Saldo Rekening Terdebet
Transfer BRI Virtual Account Gagal? tapi Rekening sudah Terpotong? Kok Bisa?

BRI Virtual Acount - Padahal Transaksi BRIVA gagal, tapi Kok saldo rekening tetap terdebet? Apa saldo rekening kita aman, atau bahkan hilang karena Transaksi gagal?

Bukan hanya satu dua orang,  ternyata hal ini sering dialami nasabah Bank BRI yang sedang melakukan transaksi menggunakan Rekening BRIVA. Dimana pembayaran BRIVA gagal namun saldo tetap terpotong.

Baca Juga :

[Terlengkap] 16 Daftar Kode Kesalahan Internet Banking BRI
Cara Mudah Atasi BBR00Q2 User ID terblokir BRI tanpa Ke Bank
[Penyebab & Solusi] Kode Kesalahan 114 Internet Banking BRI



Kapan dan Dimana Transaksi BRIVA Gagal Saldo Rekening Terdebet bisa dialami Nasabah?

Kegagalan transaksi tersebut dapat dialami nasabah saat menggunakan Layanan Perbankan, misalnya :

  1. Mesin ATM
  2. Mini ATM (mini ATM BRILink)
  3. Layanan Internet Banking / Mobile Banking
  4. Merchan Merchant yang bekerjasama


Tahukah anda,  Apa Itu BRIVA?

Bicara soal BRIVA? Sebenarnya Apa sih Itu BRIVA? BRIVA merupakan singkatan dari BRI Virtual Account. BRIVA merupakan serangkaian Kode Unik yang terdiri dari beberapa digit dan digunakan sebagai Nomor Rekening Tujuan Pembayaran.

Dengan BRI Virtual Account (BRIVA) transksi anda akan lebih mudah dengan memanfaatkan sistem layanan jaaa perbankan yang nyaman, modern, cepat dan terpercaya.

Terkait Transaksi BRIVA Gagal Saldo Rekening Terdebet. Ada beberapa keluhan yang sering di utaran nasabah?

Tanya : " Saya baru saja melakukan transfer pembayaran melalui Rekening BRIVA lewat Internet Bangking BRI di salah Satu toko Online. Namun pembayaran Gagal, setelah saya cek kok saldo rekeninh sudah terpotong. Apa yang harus saya lakukan? "

Jawab : " Ga Usah Panik Sob, hal tersebut memang sering sekali terjadi buat pengguna Rekening BRIVA. Dimana kita Gagal dalam transaksi Pembayaran,  namun Saldo rekening sudah terdebet. "

Apa Penyebab Transaksi BRIVA Gagal namun Saldo Rekening Terdebet?

Perlu kita ketahui, pembayaran dengan metode BRIVA adalah pembayaran yang diverifikasi secara otomatis oleh sistem pada perusahan, misalnya saja Online Shop. Jadi konsumen tidak perlu lagi melakukan konfirmasi secara manual setelah proses pembayaran.

Namun terkadang masalah bisa saja dialami, saat nasabah melakukan Transaksi pembayaran melalui rekening BRIVA.

Hal tersebut bisa terjadi bila Jaringan server Bank BRI sedang Error, dan biasanya kan muncul pesan " Time Out".

Namun, biasanya saat mengalami Transaksi Gagal tapi saldo sudah terdebet bisa dipastikan saldo sudah masuk rekening tujuan. Hanya saja sistem verifikasi otomatis sedang error alhasil pembayaran tidak ditemukan (status belum dibayar).

Lalu Bagaimana Solusinya ketika Transaksi BRIVA Gagal namun Saldo Rekening Terdebet?

Ada beberapa langkah yang dapat nasabah lakukan untuk mengatasi hal tersebut:

  1. Cek mutasi transaksi terakhir anda,  bila saldo memang benar benar sudah terpotong cobalah cek status pesanan di toko online tersebut. Jika saldo sudah terpotong tentu akan masuk ke rekening BRIVA miliki E-Commerce dengan status telah dibayar.
  2. Namun, bila sampai beberapa jam kemudian status pembayaran masih belum dibayar. Kita bisa menghubungi Custemer Service toko online tersebut. Beritahu Custemer Service bahwa Saldo anda telah terdebet dengan menyertakan bukti Transfer berupa Screenshot. Tentunya Custemer Service akan mengecek dana yang masuk dan status pembayaran akan diubah menjadi telah dibayar.
  3. Namun,  jika langkah kedua gagal dimana status pesanan belum terbayar, dimana setelah dicek Custemer Service tidak menemukan dana masuk ke Rekening mereka. Maka langkah yang harus anda lakukan adalah menghubungi pihak Bank BRI. Kita bisa menghubungi Call Center BRI di 14017 / 1500017. Ceritakan kejadian tersebut dengan menyertakan bukti transfer yang telah terdebet. Nantinya pihak Bank akan melakukan pengecekan terkait permasalahan tersebut.


Itulah Penyebab dan Solusi Transaksi BRIVA Gagal tapi Saldo Rekening Terdebet. Intinya Jangan Panik, Tenang dan dikuti Langkah diatas. Apalagi jika sampai anda melakukan pembayaran ulang dan padahal sebenarnya proses pembayaran pertama sudah masuk. Tentu kita sendiri yang rugi bukan?