[Terlengkap] 16 Daftar Kode Kesalahan Internet Banking BRI

[ Penyebab & Solusi ] Kode Kesalahan Internet Banking BRI

Penyebab dan Cara Mengatasi Kode Kesalahan Internet Banking BRI - Internet Banking memang menjadi salah satu layanan perbankan yang banyak digunakan nasabah BANK BRI. Selain praktis,  semua transaksi perbankan dapat dilakukan dengan cepat dan mudah secara online.

Hanya dengan duduk manis di rumah (sambil ngopi ma ngemil), kita bisa melakukan transaksi dengan mudah. Misalnya saja transfer dana, pembelian paket internet, pulsa, token listrik, pembayaran angsuran,  PDAM, belanja online dan masih banyak lainnya.

Internet Banking BRI merupakan salah satu yang terbaik dibandingkan layanan yang sama milik Bank Lain. Hanya dengan kode token yang dikirim lewat sms (tanpa token fisik) kita bila melakukan banyak transaksi online.

Baca Juga :

Cara Mudah Atasi BBR00Q2 User ID terblokir BRI tanpa Ke Bank
[Penyebab & Solusi] Kode Kesalahan 114 Internet Banking BRI
[Penyebab Utama] Transaksi Gagal Internet Banking BRI ISO0051


Namun terkadang ada juga kendala yang dialami nasabah saat melakukan transaksi dengan Layanan Internet Banking BRI.


Apa saja Kode Error pada Internet Banking BRI? 

Yuks,  Kita bahas Satu persatu!! 


1. Kode Kesalahan BBR00P2 - User ID / Password Tidak Cocok


Kode Kesalahan BBR00P2

Kesalahan / error ini tergolong sering dialami nasabah Bank BRI. dimana anda terindikasi salah memasukan User ID atau Password saat Login.

Pesan error tersebut akan muncul apabila kita salah memasukan User ID / Password sebanyak 2x berturut - turut. Sebaiknya jangan ulangi yang ketiga kalinya Ya!! Bila tidak ingin User ID anda diblokir.

Namun adapula kasus yang sudah jelas jelas benar mengetikan User ID / Pasaword tapi tetap muncul pesan BBR00P2. " Mungkin jaringan sedang bermasalah "

Solusinya : Pastikan User ID / Password yang anda ketik Benar. Coba Login kembali keesokan Hari. Lihat selengkapnya di [Cara Terbaik] Atasi Gagal Login Internet Banking BRI Kode BBR00P2.


2. Kode Kesalahan BBR00QC


Kode Kesalahan BBR00QC

Kesalahan satu ini mungkin yang paling sering terjadi. Dimana Kode Kesalahan BBR00QC disebabkan oleh koneksi yang terputus antara Aplikasi Internet Banking dengan Web Service (timeout).

Hal ini biasanya ditandai dengan loding yang cukup lama dan tak kunjung selesai. Entah itu saat Login, saat  request kode Token, saat proses transaksi, menjengkelkan bukan?

Solusinya : Coba login dan trnasaksi beberapa waktu kemudian, Hingga loading server kembali normal. 


3. Kode Kesalahan ISO00Q4, ISO00Q1 dan ISO003


Kode Kesalahan ISO00Q1

Kode kesalahan ISO00Q4, ISO00Q1 dan ISO0003 sebenarnya tidak jauh beda dengan BBR00QC. Dimana koneksi dari server Internet Banking terputus,  namun tidak ditandai dengan loading yang lama.

Hal ini biasanya terjadi ketika anda melakukan transaksi seperti mutasi atau transfer (baik itu sesama bank BRI maupun Bank lain).

Solusinya : Logout dan Silakan coba Login kembali beberapa jam kemudian. 


4. Kode Kesalahan BBROOQ2 - User ID Terblokir


Kode Kesalahan BBROOQ2

Pada kode kesalahan BBROOQ2, dimana User ID Internet banking BRI terblokir dan hal yang paling sering terjadi karena kesalahan input password.

Guna menjaga keamanan akun Internet Banking nasabah, pihak Bank BRI akan otomatis memblokir user ID bila kita salah memasukan password sebanyak 3x.

Solusinya : Pastikan input password Internet Banking BRI anda dengan benar. Hubungi Call Center BRI di 14017, 62-21-500017 atau 62-21-57987400.

" Sebenarnya ada cara yang lebih mudah untuk mengatasi Kode Kesalahan BBROOQ2 dan Tanpa pergi ke Bank atau menghubungi Call Center. Bagaimana Caranya?  lihat di Cara Mudah Atasi BBR00Q2 User ID terblokir BRI tanpa Ke Bank. "


5. Kode Kesalahan ISO0053 - Rekening Tidak Ditemukan


Kode Kesalahan ISO0053

Kasus Error satu ini, dimana anda mendapati pesan ISO0053 - Rekening Tidak Ditemukan. Hal ini biasanya terjadi karena saldo rekening tidak cukup atau nomor rekening tujuan tidak benar.

Namun ada juga kasus,  yang sudah mengetikan nomor rekening secara benar tapi tetap muncul pesan error ISO0053.

Solusinya : Sebaiknya pastikan dulu sisa saldo rekening atau periksa nomor rekening tujuan anda.  Ulangi login layanan internet banking BRI beberapa jam kemudian. 


6. Kode Kesalahan BBR2004 - User ID Sedang Dipakai


Kode Kesalahan BBR2004 - User ID Sedang Dipakai

Kesalahan satu ini juga sering dialami nasabah Bank BRI dan biasanya terjadi karena anda tidak Login dengan benar. Misalnya saja, saat Login di Komputer / Laptop lalu belum Logout dan tidak menutup tab.

Bisa juga terjadi saat anda melakukan Login secara bersamaan melalui Aplikasi Mobile Banking dan Website. Namun Kode kesalahan BBR2004 juga bisa terjadi karena Jaringan / Server Bank BRI sedang bermasalah (error).

Solusinya : Clear Canhce pada Browser anda lalu Coba Login kembali beberapa menit kemudian. 


7. Kode Kesalahan ISO0096 - Transaksi Anda Tidak Dapat Diproses


Kode Kesalahan ISO0096 - Transaksi Anda Tidak Dapat Diproses

Untuk Kesalahan satu ini,  Dimana ada pesan muncul ISO0096 - Transaksi Anda Tidak Dapat Diproses. Artinya transaksi yang anda lakukan gagal.

Ada kasus yang mendapatkan pesan error seperti ini,  saat melakukan transaksi tiba - tiba muncul pesan error seperti demikian. Dan transaksi tersebut dilakukan pada tengah malam. Namun pada keesokan harinya (siang hari) transaksi dapat dilakukan dengan lancar.

Jadi bisa disimpulkan bahwa error ISO0096 disebabkan karena transaksi diluar jam online Bank BRI.

Solusinya : Hindari transaksi pada jam offline bank, yakni antara jam 10 malam hingga 6 pagi. Namun sebenarnya kasus seperti ini kecil terjadinya. 


8. Kode Kesalahan 114 - Transaksi Anda Tidak Dapat Diproses


Kode Kesalahan 114 - Transaksi Anda Tidak Dapat Diproses

Sebenarnya Kesalahan dengan Kode 114 tidak jauh beda dengan Kode Kesalahan ISO0096. Dimana transaksi tidak dapat dilanjutkan karena koneksi terputus. Bisa karena Koneksi internet anda yang bermasalah atau bahkan jaringan Bank BRI yang sedang error.

Solusinya : Periska koneksi internet anda atau Coba Login kembali beberapa jam kemudian. 

" Bila ingin penjelasan lebih jelas mengenai kode error 114 bisa baca di [Penyebab & Solusi] Kode Kesalahan 114 Internet Banking BRI. "


9. Kode kesalahan BBR2009 & BBR200GEN


Kode kesalahan BBR2009 & BBR200GEN

Kesalahan BBR2009 & BBR200GEN sering terjadi ketika kita klik tombol login dan malah keluar pesan BBR2009. Lalu kembali lagi kehalama awal Login.

Pesan error yang sama juga sering muncul saat kita sedang bertransaksi dan kode token telat diterima. Alhasil kode token tersebut kadaluarsa,  bila digunakan justru muncul pesan error tersebut.

Solusinya : Hapus Cache pada Browser anda, periksa koneksi internet lalu coba Log In kembali setelah 10 - 15 menit kedepan. 


10. Kode Kesalahan BBR1006 - User ID / Password Salah


Kode Kesalahan BBR1006 - User ID / Password Salah

Pesan Error seperti ini biasanya terjadi ketika kita salah memasukan User ID atau Password. Jadi sebaiknya lebih hati hati dan teliti saat Input User ID / Password.

Namun ada pula kasus, yang yakin kalo User ID / Password sudah benar,  tapi tetap muncul kode error BBR1006. Jadi mungkin saja bisa disebabkan Server yang sedang bermasalah.

Solusinya : Pastikan penulisan Password benar, Coba kembali Log In 1 sampai 2 jam kemudian. 


11. Kode Kesalahan BBR2002 - Sesion Anda Telah Habis


Kode Kesalahan BBR2002 - Sesion Anda Telah Habis

Tak hanya koneksi internet kita,  Server Internet sekelas Bank BRI pun terkadang mengalami error (terputus). Ya!! Namanya juga jaringan internet, pasti sangat mungkin mengalami hal demikian.

Kesalahan BBR2002 memang disebabkan oleh jaringan server yang terputus (gangguan). Biasanya terjadi karena Login terlalu lama atau halaman terbuka terlalau lama. Namun terkadang juga dialami nasabah setelah Login, saat akan Transfer, saat akan Cek Mutasi namun Otomatis Logout sendiri.

Solusinya : Log Out dan Coba Log In kembali beberapa menit kemudian. 


12. Kode Kesalahan ISO0051 – Transaksi Gagal


Kode Kesalahan ISO0051 – Transaksi Gagal

Faktor paling sering yang menyebabkan error ISO0051 adalah saldo rekening tidak mencukupi. Misalnya saat kita transfer dimana sisa saldo setelah dipotong jumlah transfer tidak cukup. Namun hal tersebut terladang juga bisa terjadi karena Jaringan Error.

Solusinya : Jumlah saldo rekening setelah dikurangi Jumlah transfer harus diatas 50 ribu (* Rekening BritAma). Lihat informasi selengkapnya di [Penyebab Utama] Transaksi Gagal Internet Banking BRI ISO0051.

Sebenarnya masih banyak Kode kesalahan lain pada Layanan Internet Banking BRI. Misalnya :
  • Kode Kesalahan BBR2015 – Error ini terjadi ketika anda belum terdaftar pada layanan mToken
  • Kode Kesalahan ISO0076 – Rekening tujuan tidak benar, jadi periksa kembali nomor rekening tujuan anda.
  • Kode Kesalahan ISO0001 – Error ini terjadi biasanya ketika kita melakukan pembayaran. 
  • Kode Kesalahan ISO0092 – Terjadi karena Gangguan Jaringan (Server Bermasalah).


Itulah 16 Kode Kesalahan Internet Banking BRI. Setelah diamati,  Kesalahan / Error tersebut sebagian besar dikarenakan Server Bank BRI yang bermasalah.

Sekian dari JejakSemut. Bila artikel diatas bermanfaat silakan Share keteman anda Ya!!