Ikan Patin Susah Makan? Pakai Resep Ini DIJAMIN!! Anti ZONK

umpan ikan patin susah makan
" Mancing Ikan Patin di Kolam Harian, tapi Ikan Patin Susah Makan? Bingung Pakai Umpan Apalagi? Ini Rekomendasi Umpan Ikan Patin yang Susah Makan di Kolam Harian, Sungai dan Danau. "

Umpan Ikan Patin yang Susah Makan - Hobi memaning ikan patin harian atau di alam liar? Tapi sering kali BONCOS atau ZONK? Sedangkan lapak sebelah Strike terus, Bagaimana cara Membuat Umpan Ikan Patin yang Sulit diPancing?

Tenang Sob!! Kali ini JejakSemut Spesial akan membahas Umpan Ikan Patin yang Susah Makan / Sulit Dipancing!!

Baca Juga : 

[Terlengkap] √ 10+ Umpan Ikan Patin Kolam Harian Paling Jitu
Suka Boncos / ZONK? Ini Cara Mancing Ikan Patin Liar yg Benar
[Pengalaman Pribadi] Umpan Ikan Patin Liar di Sungai & Danau


Apa Alasan Memancing Ikan Patin? 

Bentuknya memanjang serta ukurannya yang tergolong besar, membuat ikan patin menjadi target mancing para Angler Mania. Nah, bicara soal mancing ikan patin. Kebetulan kali ini mimin akan berbagi artikel seputar umpan ikan patin.

Tentu umpan ikan patin kali ini sudah kami siapkan secara lengkap, karena dirangkum dari beberapa sumber terpercaya serta pengalaman pemancing lainnya.

Penasaran umpan seperti apa saja yang Ampuh untuk memancing ikan patin ?? Langsung saja simak artikel dibawah ini ❗


Habitat Ikan Patin dan Pengalaman Pribadi Mimin Saat Memancing


Ikan patin merupakan ikan air tawar yang banyak ditemui di Sungai-Sungai serta Danau yang besar. Namun sebenarnya ikan patin juga dapat hidup di perairan payau (sedikit asin).

Di Indonesia ikan patin menyebar di pulau-pulau besar seperti Pulau Kalimantan, Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Di Pulau Jawa sendiri ikan patin banyak ditemukan di Danau maupun Rawa yang Luas. Misalnya di Serang Baru, Bekasi, Jawa Barat (tempat tinggal mimin).

Luasnya Danau serta banyaknya keramba ikan, membuat Ikan patin berkembang dengan pesat disana. Benar saja, mimin pernah mendapatkan ikan patin babon dengan berat 5 kg lebih.

Mantap Bukan ?? Jelas lah!! Dapat dibayangkan sensasi Strike seperti apa. 

Lebayy lah!! Cuma 5 kg juga !!

Hahaa. Maklum biasanya mimin paling banter cuma dapet ikan 1 kg / 3 ekor. Heeee. Namanya juga Pemancing Liar, Amatir lagi. Tentu beda dengan yang biasa yang mancing di Laut.

Biarin lah !! Yang penting happy Sob !!

Buat mimin memancing itu buka soal berapa banyak atau besar tidaknya ikan Sob, tapi kepuasan. Lihat air banyak aja udah seneng, hati adem, pikiran tenang. Kalau dapet ikan berarti Bonus.

Jadi buat angler semua yang tinggal di daerah cikarang, cibitung maupun serang dan sekitarnya dapat mencoba spot yang satu ini (Danau Pasiraya). Lokasinya gak jauh dari jalan raya kok sob, selain Ikan Patin disana juga banyak ikan lainnya seperti Ikan Nila, Ikan Lele, Ikan wader dan beberapa jenis lainnya.


Waktu yang Tepat Mancing Ikan Patin


waktu mancing ikan patin terbaik

Dilihat dari kebiasaan makan, Ikan patin termasuk jenis ikan yang terbiasa makan di dasar perairan. Banyak sumber yang mengatakan bahwa ikan patin terbiasa makan di dasar. Namun sebenarnya hal itu tidaklah mutlak, ada kalanya ikan patin terlihat makan di tengah perairan atau di permukaan air.

Hal tersebut terbukti banyaknya pemancing yang mendapatkan sambaran saat menggunakan umpan yang mengambang. Bahkan ada beberapa pemancing yang juga mendapatkan sambaran ketika menggunakan teknik casting. Tentu hal tersebut harus disesuaikan dengan waktu memancing ikan patin.

Lalu kapan Waktu yang Tepat Memancing Ikan Patin ??

Ikan patin sangat suka bergerombol, hal tersebut terbukti ketika salah satu ikan menyembul ke permukaan akan di ikuti ikan patin lainnya. Dan perilaku tersebut biasanya akan lebih aktif pada malam hari. Ikan patin biasanya akan muncul kepermukaan air pada tengah malam hingga pagi hari.

"Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan waktu yang paling tepat memancing ikan patin adalah Malam Hari".


Umpan Ikan Patin Susah Makan dengan Umpan Alami


umpan ikan patin susah makan

Salah satu umpan terbaik memancing ikan patin adalah umpan alami khususnya yang masih segar. Buat anda yang sedang bingung memilih umpan ikan patin yang ampuh, cobalah umpan alami ini. Umpan alami dapat digunakan entah itu di sungai, danau, waduk maupun kolam.

Mau tahu apa saja umpan alami yang dapat digunakan ?


1. Cacing Kalung

Umpan alami pertama yakni cacing Kalung. Hampir semua jenis cacing tanah dapat anda gunakan untuk memancing ikan patin baik itu di sungai,  rawa, danau maupun kolam. Tak hanya ikan patin ikan lainnya juga menyukai umpan satu ini. Dibandingkan cacing merah, cacing kalung memiliki tekstur yang lebih keras dengan ukuran yang lebih besar sehingga lebih awet didalam air.

4. Udang 

Di alam liar udang juga merupakan pakan alami ikan patin. Seperti yang kita ketahui, udang juga merupakan Umpan mancing ikan ikan besar lainnya. Anda dapat mencarinya dipinggiran danau maupun rawa.

5. Katak Kecil

Satu lagi umpan alami yang cukup jitu yaitu anakan katak / kodok. Katak kecil sangat disukai ikan-ikan predator air tawar seperti ikan patin. Terlebih lagi katak dalam keadaan hidup, dan tak hanya itu ikan gabus juga dapay dijadikan target kedua.

6. Ikan - Ikan Kecil

Karena ikan patin tergolong jenis predator air tawar, jadi tak khayal jika gemar menyantap ikan ikan kecil. Sebaiknya gunakan ikan kecil yang berwarna cerah agar lebih menggoda ikan patin. Seperti ikan mas koki yang banyak dijual di toko alat pancig.


Umpan Ikan Patin Liar Di Sungai atau Danau


umpan ikan patin susah makan

Memancing ikan patin memang sangat mengasyikkan, pasalnya ikan yang terkenal dengan tenaga yang kuat ini akan terus melawan saat kail menancap dimulutnya.

Buat para pamancing senior tentu sudah tidak bingung saat mencari umpan terbaik. Namun berbeda dengan pemancing amatir yang akan kebingungan saat memilih umpan.

Sebenarnya tidak sulit membuat Umpan ikan patin yang ampuh, karena pada dasarnya ikan patin merupakan jenis ikan pemakan segala.

Umpan ikan patin liar di danau sebenarnya tidak jauh berbeda dengan saat memancing di sungai. Karena pada dasarnya dialam liar ikan patin akan lebih terbiasa dengan umpan alami.

Ok, Langsung saja simak Umpan Ikan Patin yang ampuh untuk menggugah selera makan ikan patin. 


1. Usus Ayam

Inilah salah satu umpan ikan patin yang paling ampuh, cara menggunakannya juga cukup mudah yakni cukup rebus usus ayam hingga minyak keluar. Usahakan jangan terlalu lama ya!!

2. Roti Tawar

Umpan ampuh berikutnya adalah Roti tawar, pertama tama buang pinggiran rori yang berwarna coklat lalu kaitkan kedalam kail. Sobat juga bisa menambahkan essen durian agar patin lebih tergoda.

3. Cacing

Di habitat aslinya ikan patin biasa mencari makan pada malam hari atau nokturnal. Dan salah satu makanan kesukaannya adalah cacing. Dari berbagai jenis cacing, ada beberapa jenis yang tergolong ampuh untuk memancing ikan patin. Diantaranya cacing merah, cacing kristal, cacing bayam, cacing fosfor dan cacing tanah, tapi lebih disarankan gunakan cacing kalung.

Cara pemasangannya cukup mudah, kaitkan 1 atau 2 ekor cacing kedalam kail sekaligus.

4. Ulat Daun

Pada dasarnya ikan patin termasuk kedalam jenis omnivora (atau prmakan segala). Jadi tak aneh jika ulat daun menjadi makanan favorit ikan patin. Bau amis yang keluar dari ulat daun akan sangat menggoda ikan patin untuk menyambarnya.

Untuk cara pemasangan ulat daun, cukup kaitkan satu ekor ulat daun kedalam kail dan pencet bagian ujung ulat agar bau amis bisa keluar.

5. Belalang

Sama seperti ulat daun, belalang merupakan makanan alami di habitat asli ikan patin. Untuk anda dapat menggunakan umpan ini untuk berburu ikan patin.

Dan cara menggunakannya cukup mudah, kaitkan beberapa ekor beleleng pada kail lalu pencet hingga isi perut sedikit keluar.

6. Serangga Kecil lainnya

Selain belalang dan ulat daun anda juga dapat menggunakan jenis serangga kecil lainnya seperti laron, jangkrik dan lain-lain. Cara pungunaannya juga sama, tinggal kaitkan beberapa ekor serangga ke kail.


Umpan Ikan Patin Kolam Harian


umpan ikan patin harian susah makan

Sebenarnya umpan dan cara mancing ikan patin tidak jauh berbeda baik itu di alam liar maupun di kolam harian. Hanya saja dibutuhkan racikan khusus agar menjadi juara, anda di haruskan membuat racikan yang berbeda dari kebisaan orang yang mnacing disana.

Untuk menemukan umpan racikan yang ampuh terkadang memang sulit. Tentunya dibutuhkan percobaan misalnya dengan bahan sederhana maupun campuran essen, hingga menemukan radikan umpan ikan patin yang pas.

Berikut ini kami sajikan racikan umpan ikan patin kolam harian yang jitu dan ampuh untuk ikan yang susah makan.

1. Resep Umpan Ikan Patin yang Susah Makan

Bahan-bahan :

  • 4 lembar Roti tawar
  • 1 bungkus Fermipan (ragi)
  • 2 helai Daun serai
  • 1 lembar Keju kraff kecil
  • 1 bungkus Susu Dancow sachet


Cara membuatnya :

Caranya cukup mudah, rajang kecil-kecil daun serai lalu masukan kedalam blender bersama bahan lainnya kecuali roti tawar dan fermipan. Setelah itu masukan adonan kedalam wadah plastik lalu tambahkan fermipan, diamkan adonan hingga 1 minggu. Setelah 1 minggu tambahkan roti tawar lalu aduk adonan hingga tercampur merata. Bentuk adonan sesuai kebutuhan dan umpan siap digunakan.

2. Resep Umpan Ikan Patin yang Susah Makan 2

Bahan-bahan :

  • Essen rasa pisang jawara
  • Satu butir kelapa yang sudah tua
  • Dua papan tempe (masih baru)


Cara Membuatnya :

Parut kelapa lalu peras dan ambil santannya, setelah itu blender tempe hingga halus. Kemudian siapkan wadah plastik lalu masukan kedua bahan menjadi satu lalu aduk hingga merata. Diamkan adonan selama 3 hari agar terfermentasi. Setelah itu tambahkan essen saat akan digunakan.

3. Umpan Ikan Patin Harian Paling Jitu

Bahan-bahan umpan ikan patin jitu :

  • 3 lembar Roti Tawar
  • 5 sdm Tepung kanji
  • 2 butir Telur Ayam Kampung Rebus (ambil kuningnya saja)
  • 1 bungkus Santan Kara
  • 1 sachet Vanily
  • 2 sdm Minyak ikan Scotts
  • Air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Patin Jitu :

Masukan semua bahan menjadi satu lalu aduk hingga tercampur merata. Bila adonan terlalau keras, tambahkan air secukupnya. Umpan siap digunakan.

4. Umpan Ikan Patin Paling Ampuh

Bahan-bahan :

  • 3 bitir Bakso
  • Roti Marie milk
  • 1 gelas Pelet
  • 3 sendok Madu
  • 2 butir kuning Telur rebus
  • Air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Patin paling Ampuh :

Siapkan wadah lalu masukan roti marie dan pelet. Uleni adaonan hingga halus dan merata. masukan bahan lainnya bakso, madu serta kuning telur. Kemudian aduk kembali hingga tercampur merata. Bila adonan kurang kenyal tambahkan sedikit air. Umpan siap digunakan.

5. Umpan Ikan Patin Segala Cuaca

Bahan yang dibutuhkan Umpan Ikan Segala Cuaca :

  • 2 terasi
  • 2 genggam pelet pf 1000
  • 2 roti rasa keju
  • 1 kuning telur rebus
  • 2 sendok madu
  • air secukupnya


Cara Membuat Umpan Ikan Patin Segala Cuaca :

Masukan kuning telur lalu uleni hingga halus. Setelah itu tambahkan pelet pf 1000 dan roti rasa keju lalu aduk kembali hingga merata. Terakhir tambahkan madu dan terasi kemudian aduk kembali adonan hingga tercampur rata. Bila adonan kurang kenyal tambahkan air panas secukupnya. Umpan Siap digunakan.

6. Kroto + Pelet PF 1000

Umpan ikan patin selanjutnya adalah kroto ditambah pelet pf 1000. Seperti yang kita ketahui pelet merupakan pakan buatan dengan bau yang khas. Pelet sangat disukai berbagai macam ikan termasuk ikan patin. Tambahan kroto akan semakin menggoda ikan untuk menyambar umpan.

Cara membuatnya :

Ambil pelet pf 1000 lalu tambahkan sedikit air hangat lalu masukan kroto secukupnya. Aduk adonan hingga tercampur merata dan umpan siap digunakan.

7. Resep Umpan Ikan Patin dengan Tepung Udang

Bahan-bahan :

  • Tepung Pelet
  • Tepung Udang
  • 2 butir Telur
  • Pelet PF 1000
  • Air hangat secukupnya


Cara Membuatnya :

Pertama-tama rebus telur terlebih dahulu lalu kupas. Masukan telur kedalam wadah berserta bahan lainnya. Aduk aduk adonan hingga tercampur merata, tambahkan juga air secukupnya hingga adonan terasa kenyal. Umpan siap digunakan.