[Cara Cepat] Menumbuhkan Plankton Pada Kolam Terpal / Semen

cara menumbuhkan plankton
" Mau Budidaya Ikan di Kolam Terpal / Semen? Yuks, pelihara Plankton terlebih dulu!! Apa itu Plankton (fitoplankton) ? Bagaimana Cara Menumbuhkan Plankton di Kolam Terpal / Semen? "

Cara Menumbuhkan Plankton - Apa sih Itu Plankton? Apa pula fungsi Plankton? Seberapa penting Plankton pada Kolam budidaya ikan? Sabar dulu Sob!! Kali ini JejakSemut akan membahas seputar cara memelihara Plankton.

Plantok adalah Organisme renik yang bergerak mengikiti arus air, baik itu pada air tawar maupun di Laut. Ada tidaknya plankton biasanya ditandai dengan warna kolam hijau. Dimana Plankton memiliki peranan yang penting pada kehidupan air, dimana organisme satu ini menjadi makanan buat ikan (terutama ikan kecil).

Lalu Bagaimana Cara Menumbuhkan Plakton di Kolam Terpal / Semen? 

OK. Langsung saja, Yuks Simak!! Cara Cepat Membudidaya Plantok pada Kolam.

Baca Juga :

Cara Budidaya Cacing Sutra Paling Mudah [dari 0 hingga Panen]
[Panduan buat Pemula] 10 Cara Ternak Ikan Louhan dari Nol
[Unik & Langka] Begini!! Cara Budidaya Ikan Naga / Palmas




Bahan Menumbuhkan Plankton Pada Kolam Budidaya Ikan


Untuk menumbuhkan fitoplankton lebih cepat pada kolam budidaya sebenarnya mudah kawan. Anda dapat manfaatkan pupuk kandang sebagai media/bahan.

Kenapa pupuk kandang ??

Pupuk kandang adalah olahan dari kotoran hewan ternak yang biasanya digunakan pada lahan pertanian untuk meningkatkan kesuburan tanan. Selain untuk bercocok tanam pupuk kandang juga biasa digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik cair.

Pada dunia budidaya khususnya perikanan, pupuk kandang juga dimanfaatkan sebagai media untuk menumbuhkan plankton pada kolam budidaya ikan, misalnya ikan lele, ikan nila, ikan mujair, ikan mas, ikan patin, ikan bawal dan udang vaname.

Zat hara yang terkandung dalam pupuk kandang kaya akan nitrogen dan mineral logam seperti (magnesium, kalium dan kalsium). Anda dapat menggunakan pupuk kandang dari kotoran kambing atau ayam sebagai bahan bakunya.

Kelebihan Pupuk Kandang Ternak untuk Menumbuhkan Plankton pada Kolam Budidaya :

  1. Berasal dari bahan organik atau alami (bukan kimia).
  2. Tidak akan membuat COD meningkat (yang dapat menyebabkan kadar oksigen terlarut berkurang).
  3. Tidak mengakibatkan akumulasi NH3 dan NO2 yang dapat meracuni ikan. 
  4. Tidak bercampur dengan lumpur pada dasar kolam (yang dapat meningkatkan keasaman tanah di dasar kolam).


Cara Menumbuhkan Plankton Pada Kolam Budidaya Ikan


cara menumbuhkan plankton
foto fitoplankton

Menumbuhkan plankton pada kolam juga sering disebut dengan istilah Green Water / Air Hijau. Berikut cara menumbuhkan plankton pada kolam budidaya :

1. Isi kolam dengan air bersih dengan ketinggian 30 - 40 cm (tergantung kedalaman kolam). Usahakan air bebas dari kadar zat besi dan mangan.

2. Anda dapat memanfaatkan air sungai atau air sawah karena sudah mengandung bibit plankton terlarut yang cukup tinggi. Namun anda juga dapat menggunakan air sumur atau mata air namun perlu dipancing dengan pemupukan dengan pupuk kandang.

3. Masukan pupuk kandang kedalam kolam secukupnya saja. Jika diperlukan anda dapat menambahkan probiotik secukupnya. Penyiraman probiotik pada kolam dapat menumbuhkan bakteri baik.

4. Pada kolam tanah biasanya akan lebih mudah menumbuhkan plankton yang ditandai dengan warna air yang hijau.

5. Sedangkan pada kolam terpal atau kolam beton awalnya memang sulit untuk mengubah warna air. Namun seiring waktu berjalan justru kolan jenis terpal dan beton akan lebih mudah mengontrol kesuburan kolam.

6. Penggunaan pupuk kandang terkadang memang dapat menyebabkan tumbuhnya bakteri patogen pada kolam. Untuk itu sebaiknya lakukan seterilisasi pada kolam guna membunuh virus, bakteri dan jamur.

7. Untuk Sterilisasi air kolam dapat menggunakan cairan pembunuh bakteri.

Mimin kira penjelasan diatas tentang cara menumbuhkan plankton sudah cukup jelas. Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba.  Jika ada pertanyaan atau tambahan silakan tuliskan pada kolom komentar dibawah. Salam Sukses Budidaya Indonesia.