[Sering ZONK] 6 Umpan Ikan Gabus Liar di Sungai Paling Jitu

umpan ikan gabus paling jitu
" Cari Ikan Gabus, Suka sensasi Strike Ikan Gabus? sudah mencoba berbagai macam umpan, tapi tetap saja "ZONK". Apa umpan saya kurang ampuh? Apasih Umpan Ikan Gabus di Sungai yang Paling Jitu? Bagaimana Cara Mancing Ikan Gabus? "

Umpan Ikan Gabus Liar - Dimana Spot favorit kamu? Sungai, Rawa atau Danau? Apa Ikan Target favorit kamu? Gabus atau predator lainnya? Sebagai predator air tawar, ikan gabus memiliki sifat yang sangat agresif saat mencari makan.

Karena itulah banyak Angler (Pemancing) yang mengidolakan ikan gabus sebagai target mereka. Lalu bagaimana Cara Memancing Gabus (Snakehead)? Apa umpan ikan gabus yang jitu di Sungai?

OK SOB!! Langsung saja, Yuks simak penjelasan Lengkapnya tentang Umpan Ikan Gabus di Sungai, Rawa atau Danau!!

Baca Juga :

Begini!! Cara Casting Ikan Gabus Dengan Umpan Buatan / Froggy
7 Umpan Gabus Liar Susah Makan di Danau [No 1 Paling Ampuh]
[Sering ZONK] INI!! Umpan Ikan Mujair Liar yang Susah Makan


Sebenarnya memancing ikan gabus tidaklah susah. Ikan gabus termasuk predator air tawar. Saat lapar ikan gabus akan makan apa saja yang ada dihadapannya. Tak terkecuali anakannya sendiri.

Ikan gabus merupakan ikan air tawar yang punya kemampuan adaptasi yang baik. Tak jarang ikan ini ditemukan di parit, sawah, sungai, rawa, danau bahkan di got depan rumah. Dan ukurannya jangan ditanya lagi bisa mencapai ukuran 50 - 70 cm lebih. Bisa kalian bayangkan bagaimana jika kail kalian disambar ikan satu ini.

Ok kita kembali ketopik awal yaitu cara memancing ikan gabus. Sebenarnya memancing gabus tidaklah susah, yang terpenting kita tahu triknya. Baiklah mimin akan kasih trik dan teknik memancing ikan gabus.


Umpan Mancing Ikan Gabus Paling Ampuh


1. Anakan Katak / Percil


umpan ikan gabus paling jitu

Umpan ini yang paling sering pemancing gunakan untuk memancing ikan gabus.  Anakan katak memang terkenal jitu diklangan pemancing. Tusuk mata kail ke percil dibagian ekor dan usahakan percil tetap hidup. Agar bisa bergerak gerak dan menggoda ikan gabus untuk menyambarnya.

2. Jangkrik


umpan ikan gabus paling jitu

Selain percil jangkrik juga terbilang ampuh untuk mancing ikan gabus. Di habitatnya umpan ini menjadi umpan favorit selain percil. Untuk mendapatkan umpan jangkrik mimin rasa tidaklah sulit. Sekarang sudah banyak yang membudidayakan dan kios kios yang menjual pakan burung.

3. Belalang


umpan ikan gabus paling jitu

Ikan gabus merupakan ikan yang rakus, apa saja yang lewat depan dia langsung disambar tak terkecuali belalang. Suara gemericik belalang saat berada dipermukaan air membuat ikan gabus terganngu dan menyambarnya. Apalagi belalang kayu merah kecoklatan.

4. Anakan ikan mas


umpan ikan gabus paling jitu

Pilih ikan yang sehat dan berwana cerah. Warna ikan mas yang cerah akan sangat mengoda predator untuk memangsanya. Cara mengaitkannya cukup kaitkan kail ke tubuh ikan. Kaitkan ke bagian punggung dan pastikan ikan harus tetap hidup agar bisa berenang bebas.

5. Cacing tanah


umpan ikan gabus paling jitu

Cacing memang makanan favorit buat semua jenis ikan terutama ikan air tawar. Tak terkecuali ikan gabus, bau amis yang dikeluarkan cacing inilah yang yang membuat ikan gabus bernafsu menyantap umpan cacing. Untuk mendapatkan cacing mimin rasa tidaklah sulit. Cacing banyak ditemukan di sekitaran rumah. Cukup kaitkan satu ekor cacing ke kail pada bagian perut bawah dan atas. Usahakan cacing tetap bisa bergerak gerak.

6. Umpan buatan/tiruan/lures


umpan ikan gabus paling jitu

Umpan yang satu ini yang paling mimin sukai, kenapa?? Meskipun hanya umpan buatan/lures yaitu umpan yang dibuat menyerupai umpan alami dengan bahan dasar karet maupun kayu atau metal.  Namun umpan buatan mempunyai kelebihan yakni umpan ini lebih awet dibandingkan umpan alami. Umpan alami hanya bisa di pakai satu kali saja berbeda dengan umpan buatan. Bahan dasar yang kuat dan lentur umpan buatan bisa digunakan berkali-kali.

Selain itu bentuknya yang sangat mirip dengan umpan alami akan mengoda ikan gabus untuk menyambar.

Trik dan Teknik Memancing Ikan Gabus

1. Sebelum memancing ikan gabus pastikan waktu kalian memancing tepat. Salah memilih waktu akan berakibat ZONK. Waktu yang paling tepat adalah pagi dan sore hari. Kenapa?? Karena pada saat itulah ikan gabus akan keluar dari tempat persembunyiannya untuk mencari makan. Dan pada siang hari ikan gabus akan bersembunyi atau berada di dasar air dan berlindung dari terik matahari.

2. Saat berada di spot tertentu usahakan jangan membuat suara bising.  Ikan gabus termasuk ikan dengan kepekaan tinggi. Ikan gabus akan langsung lari jika mendengar suara berisik di pinggir perairan.

3. Karena ikan gabus ikan yang agresif dan punya tarikan yang mantap jadi gunakanlah alat pancing yang bagus dan senar yang kuat.  Gunakan pelampung tidak terlalu besar agar saat umpan disambar bisa terlihat jelas. Biasanya Ikan gabus akan langsung menyambar umpan dan membawanya.

4. Sebaiknya gunakan mata kail ukuran sedang. Ukuran mulut ikan gabus yang besar memungkinkan memakan umpan ukuran besar pula. Pemakaian kail kecil akan mudah putus karena ukuran mulut ikan yang lebar dan gigi ikan yang tajam.

5. Kalian juga bisa menanam umpan ditepian sungai atau rawa. Gunakan umpan hidup seperti belalang, jangkrik, anakan katak. Usaahakan umpan mengambang di permukaan air agar umpan bergerak gerak sehingga menimbulkan suara gemericik air. Suara itu yang akan mengundang ikan gabus datang menyambar. Diamkan beberapa saat sampai umpan disambar.