12 Cara Transfer BRI ke BRI lewat ATM

cara transfer bri ke bri lewat atm

" Saya mau kirim uang dari BRI ke rekening BRI. Apa memerlukan Kode Transfer? Yuks, Simak Penjelasan Lengkapnya!! "


Cara Transfer Uang dari BRI ke BRI – Hallo Sahabat JejakSemut? Semoga Sehat selalu Ya!! Dengan berkunjung ke Blog ini tentu temen - temen sedang mencari Cara Kirim Uang ke BRI bukan? Tepat sekali kali ini JejakSemut akan membahas informasi tersebut. Bagaimana caranya? Langsung saja Yuks, Simak Penjelasannya!! 


Siapa yang tidak tahu mesin ATM? mesin dengan teknologi terkini digunakan untuk mempermudah nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan. Dengan ATM kamu dapat melakukan transaksi dengan mudah dan cepat, misalnya transfer, tarik tunai, cek saldo, pembayaran, bahkan setor tunai. Jadi lebih simple bukan?


Sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia, Bank BRI memiliki mesin ATM yang bertebaran dimana - mana. Seperti pusat perbelanjaan, mall, pasar, pertokoan, bandara, stasiun, terminal bahkan hingga ke desa – desa. Tentu saja hal 


Mesin ATM BRI saat ini mungkin sering kita lihat bertebaran di mana-mana. Bukan hanya di sebelah bangunan Banknya, kini ATM BRI sudah tersebar di berbagai pusat perbelanjaan, stasiun, bandara, minimarket, hingga jalan- jalan desa.


Tercatat pada September 2019 ada 20.846 mesin ATM dan 3.209 ATM CRM yang tersebar diseluruh Indonesia. Jumlah ini merupakan yang terbanyak untuk jumlah mesin ATM dari semua Bank di Indonesia.


Jenis – jenis mesin ATM BRI


Ada 4 jenis mesin ATM yang biasa kita jumpai, semuanya memiliki fungsi dan fitur yang berbeda - beda. Namun mesin ATM yang paling banyak ditemukan adalah jenis Tarik Tunai. Temen - temen nggak perlu khawatir Berikut ini jenis - jenis mesin ATM BRI dan Penjelasannya :

  1. Non Tunai
  2. Tarik Tunai
  3. Setor Tunai
  4. Setor dan Tarik Tunai 


1. Non Tunai


Mesin ATM Satu ini hanya bisa digunakan untuk transaksi online saja, seperti Transfer, Cek Saldo, Cek Rekening Koran, Beli Pulsa, Token Listrik, Pembayaran dan lain lain. Hanya saja jenis ini tidak bisa Tarik Tunai atau Setor Tunai.


2. Tarik Tunai


ATM jenis ini bisa temen - temen gunakan untuk berbagai transaksi finansial maupun non finansial. Seperti Transfer, Cek Saldo, Beli Pulsa, Token Listrik, Cek Rekening Koran, Pembayaran, Tarik Tunai dan masih banyak lainnya. Jenis satu ini tidak bisa Setor Tunai.


3. Setor Tunai


Buat temen - temen yang ingin menabung, tidak perlu lagi tuh repot - repot pergi ke Bank karena dengan ATM Setor Tunai temen - temen bisa menabung lebih mudah dan cepat. Lihat juga Cara Setor Tunai di ATM BRI.


4. Setor dan Tarik Tunai


Jenis ATM satu ini yang paling lengkap fiturnya selain bisa untuk Transfer, Cek Mutasi rekening, Tarik tunai dan Cek saldo. ATM satu ini bisa juga digunakan untuk Setor Tunai, namun tipe ATM satu sangat jarang ditemukan.

 

Bagaimana Cara Transfer Uang dari ATM BRI?


Buat temen - temen yang baru memiliki Kartu ATM dan belum pernah menggunakan mesin ATM tentu akan kebingungan saat akan Transfer uang. Dari pada salah kirim atau transaksi gagal, sebaiknya lihat dulu Yuks, cara transfer uang yang benar.


Langkah – langkah Cara Transfer dari BRI ke BRI :


1. Kunjungi mesin ATM BRI


Bila tidak tahu silakan lihat Cara Mencari ATM BRI terdekat dari Lokasi Saya Sekarang.


2. Masukan Kartu ATM

masukan kartu atm


Agar dapat terbaca mesin ATM, Pastikan posisi Kartu saat memasukan benar. Biasanya ada petunjuk yang tertera pada mesin ATM, usahakan posisi kartu ATM tidak terbalik atas bawahnya dengan Chip (kuningan persegi mirip SIM Card) berada didepan bagian atas.


3. Pilih Bahasa yang akan Digunakan

pilih bahasa indonesia


Temen - temen dapat memilih bahasa yang ingin digunakan, ada dua pilihan bahasa yang dapat dipilih, yakni Bahasa " Indonesia atau English ". Agar lebih mudah pilih saja " Bahasa Indonesia ".


4. Masukan PIN Kartu ATM

Masukan PIN


Selanjutnya silakan masukan PIN ATM temen - temen. Pastikan PIN yang temen - temen masukan benar Ya!! agar tidak terblokir bila salah input PIN ATM sebanyak 3x. Baca Juga Penyebab dan Cara Buka Blokir Kartu ATM BRI.

Ingat jangan pernah memberikan PIN kepada siapapun, karena PIN bersifat rahasia untuk mencegah penyalahgunaan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.


5. Pilih Menu Lainnya

Menu Lainnya


Setelah PIN dimasukan akan muncul beberapa menu tarik tunai, seperti 300.000, 500.000, 1.000.000 dan 2.500.000. Karena temen - temen akan transfer maka pilih " Menu Lainnya ". Adapula mesin ATM dengan menu tampilan "Transaksi Lainnya".


6. Pilih Transfer

Pilih Transfer


Selanjutnya pada layar ATM akan muncul piluhan menu Transfer, Pembayaran / Pembelian, Penarikan Tunai, Informasi Saldo, Ubah PIN, Registrasi dan Info Lainnya. Pilih saja menu " Transfer ".


7. Masukan Nomor Rekening Tujuan
 
masukan nomor rekening tujuan

Silakan masukan Kode Bank diikuti Nomor Rekening Tujuan. Kode Bank BRI adalah 002. Karena temen - temen akan transfer ke Bank BRI jadi masukan (Kode Bank BRI ditambah Nomor Rekening Tujuan). Contoh : 002607101030000536. Setelah itu tekan " Benar ".


8. Masukan Jumlah Nominal

masukan jumlah nominal


Selanjutnya silakan masukan jumlah nominal yang akan ditransfer. Misalnya Rp. 100.000, periksa kembali jumlah nominal tersebut apakah sudah sesuai atau belum. Jika sudah tekan " Benar ".


9. Masukan Nomor Referensi (Boleh Dikosongkan)

masukan nomor referensi

Temen - temen dapat memasukan Nomor Referensi bila perlu, namun temen - temen juga boleh mengosongkan nomor referensi. Tekan " Benar " untuk langkah selanjutnya.


10. Konfirmasi Data Penerima

konfirmasi data transfer


Tunggu hingga transaksi diproses dan nantinya akan muncul Informasi mengenai Data Penerima, seperti Bank Tujuan, Nomor Rekening Penerima, Nama Penerima, Nomor Referensi, Jumlah Uang yang dikirim dan Biaya Administrasi. Sebaiknya periksa kembali informasi data penerima tersebut apakah sudah benar atau belum. Jika sudah tekan " Ya ".

  

11. Pilih Jenis Rekening

Pilih Jenis Rekening


Ada 2 jenis rekening yakni Rekening Giro dan Rekening Tabungan. Pilih saja " Dari Rekening Tabungan " dan jenis rekening ini memang yang paling banyak digunakan.


12. Ambil Struk / Resi Transfer

transaksi selesai


Tunggu beberapa saat hingga transakai selesai diproses dan Struk atau Resi Transfer Keluar. Simpan Resi atau Bukti Transfer BRI tersebut sebagai Bukti Transfer yang sah. Selesai. Lihat juga Cara Cetak Ulang Bukti transfer BRI yang Lupa.


FAQ Tentang Cara Transfer BRI ke BRI


Berapa Kode transfer sesama Bank BRI?

Kode Bank BRI adalah 002. Silakan gunakan kode tersebut saat transfer ke rekening Bank BRI.


Berapa Biaya Transfer dari BRI ke BRI?

Karena temen - temen melakukan transaksi transfer dari rekening BRI ke BRI, jadi tidak akan dikenakan biaya transfer atau biaya admin alias Gratis.


Apa bisa transfer dari rekening BRI ke BRI melalui mesin ATM Bank lain?

Bisa. Namun temen - temen akan dikenakan biaya administrasi saat menggunakan mesin ATM Bank lain.


Apakah nomor Referensi harus diisi?

Tidak Juga. Kamu dapat mengosongkan nomor referensi untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.