8 Cara Transfer BRI ke BRI lewat SMS Banking dan Beda Bank

cara transfer sms banking bri ke bri

" Saya sudah Registrasi dan Aktivasi SMS Banking BRI, Mau transfer tapi nggak tahu Format SMS nya. Bagaimana Cara Transfer SMS Banking BRI Ke Sesama BRI? "


Cara Transfer SMS Banking BRI – Seiring berkembangnya Teknologi, aktivitas perbankan kini dapat dilakukan hanya melalui Smartphone. Bank BRI sendiri juga meluncurkan berbagai aplikasi dan layanan perbankan guna mempermudah nasabahnya dalam bertransaksi.


Adapun jenis - jenis layanan dan aplikasi yang diluncurkan Bank BRI, seperti Internet Banking, Mobile Banking, BRI mobile dan yang terbaru adalah BRImo. Semua layanan tersebut dapat diakses melalui jaringan internet. Meski demikian tidak sedikit dari nasabah yang masih menggunakan SMS Banking BRI untuk transaksi e-banking.





Apa itu SMS Banking BRI?


SMS Banking BRI adalah layanan e-Banking yang bisa diakses tanpa memerlukan Jaringan Internet. Layanan SMS Banking diakses melalui pesan khusus atau format SMS khusus  yang dikirim ke 3300.


Temen - temen dapat melakukan berbagai transaksi cukup dengan mengirimkan format SMS khusus, seperti cek saldo, cek mutasi rekening, beli pulsa, token listrik, pembayaran hingga transfer hanya melalui SMS.


Cara Transfer SMS Banking BRI Ke Sesama BRI


Saat ini transfer ke seseorang bisa dilakukan sangat mudah hanya melalui smartphone. Terlebih lagi layanan ini dapat diakses tanpa memerlukan jaringan internet. Jadi bisa lebih mudah dan cepat.


Dengan SMS Banking temen - temen dapat transfer uang ke nomor rekening sesama BRI dengan mudah hanya menggunkan Format SMS khusus. Bagaimana Caranya?


Langkah - langkah Transfer Uang SMS Banking BRI ke Rekening BRI :


1. Buka Menu Pesan

buka menu pesan


Silakan Buka menu pesan pada Smartphone atau Telepon Anda. Pada setiap ponsel tentu memiliki menu tersebut baik itu Android, Apple, Blackberry, Java maupun ponsel tanpa operasi sistem (ponsel tipe lama).


2. Masukan Format Transfer BRI SMS

Masukan Format Transfer BRI SMS

Untuk Transfer ke Sesama Rekening BRI. Silakan ketikan Format SMS khusus : TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN. Contoh : TRANSFER BRI200401005421508 1100200 123456. Selanjutnya kirim SMS ke 3300.

¤ Perlu diingat penulisan SMS harus huruf besar (kapital).


3. Konfirmasi Transfer

Konfirmasi Transfer


Nantinya akan ada balasan dari 3300, Selanjutnya Konfirmasi Transfer ke sesama rekening BRI dengan mengetikan YA (spasi) Nomor Transaksi yang tertera pada balasan SMS dari 3300. Terlebih dahulu cek dan teliti apakah nomor rekening tujuan, jumlah nominal telah sesuai. Jika benar silakan kirim SMS tersebut.


4. Transaksi Berhasil

Transaksi Berhasil


Selanjutnya akan ada balasan berupa notifikasi bahwa transfer telah berhasil. Temen - temen simpan SMS tersebut atau screnshoot sebagai bukti transfer. Temen - temen juga bisa Cetak Ulang Bukti Transfer BRI bila lupa menyimpannya.


Baca Juga :

Lupa & Salah PIN? SMS Banking BRI Terblokir? ini Solusinya!!

Cara Cek Nama Pengirim Transfer di Internet Banking BRI


Cara Transfer SMS Banking BRI Ke Beda Bank


Selain kirim uang ke sesama rekening BRI, temen - temen juga dapat melakukan transfer ke rekening Bank lain. Tidak seperti layanan e-banking lainnya, SMS Banking tidak membutuhkan ponsel canggih untuk mengakses layanan ini.


Semua tipe ponsel bisa mengakses layanan ini asalkan memiliki menu Pesan. Bahkan ponsel jadul sekalipun (kaya punya saya. . hee).


Langkah - langkah Transfer Uang SMS Banking BRI ke Bank lain :


1. Buka Menu Pesan

Buka Menu Pesan


Pertama tama buka menu Pesan pada Ponsel Anda. Biasanya menu pesan selalu tersedia karena merupakan menu bawaan dari ponsel, bahkan buat HP tipe lama sekalipun.


2. Masukan Format Transfer BRI SMS

Masukan Format Transfer


Karena temen - temen hendak mentransfer ke rekening Bank lain (beda Bank) jadi terlebih dahulu silakan siapkan kode transfer Bank tujuan. Adapun Format SMS sebagai berikut : TRANSFER <spasi> KodeBankTujuan + NomorRekeningTujuan <spasi> Nominal <spasi> PIN. Contoh kita akan transfer ke Bank BCA, dimana Kode Bank BCA adalah 014 : TRANSFER 014200401005421508 500000 123456. Setelah itu kirim SMS tersebut ke 3300.


3. Konfirmasi Transfer

Konfirmasi Transfer


Berikutnya akan ada notifikasi dari 3300, Silakan Cek Data yang akan temen - temen transfer,  nomor rekening tujuan dan jumlah nominal yang akan dikirim. Setelah itu konfirmasi transfer dengan membalas YA (spasi) Nomor Transaksi yang tertera pada SMS. Jika semua sudah benar silakan kirim SMS.


4. Transaksi Berhasil


Tunggu hingga ada notifikasi dari 3300 yang memberitahukan bahwa Transaksi telah Berhasil. Temen - temen dapat menyimpan SMS berikut sebagai bukti transfer.


FAQ Tentang Cara Transfer SMS Banking BRI


Apa Format SMS Banking BRI Transfer ke sesama BRI?

Saat transaksi berupa transfer ke sesama rekening BRI silakan masukan Format SMS khusus berupa  : TRANSFER <spasi> BRI (rekening tujuan) <spasi> NOMINAL <spasi> PIN dan kirim ke 3300.


Apa Format SMS Banking BRI Transfer ke beda Bank?

Untuk transfer ke Bank lain, silakan masukan Format SMS :  TRANSFER <spasi> KodeBankTujuan + NomorRekeningTujuan <spasi> Nominal <spasi> PIN lalu kirim ke 3300. Untuk Kode Bank tujuan tiap - tiap Bank tentu berbeda beda, jadi pastikan Kode tersebut telah benar.


Seperti apa Contoh Transfer SMS Banking BRI Berhasil?

Bila transfer telah berhasil, akan ada notifikasi berupa balasan SMS dari 3300 yang isinya menjelaskan bahwa Transaksi telah Berhasil. Berikut ini contohnya :


Kemana SMS Banking BRI dikirim?

Silakan kirim SMS dengan Format Khusus ke nomor 3300.


Apakah bisa menggunakan nomor HP lain saat Transfer SMS Banking BRI?

Tentu saja tidak bisa. Silakan gunakan nomor telepon yang telah kamu daftarkan pada layanan SMS Banking.


Berapa biaya Transfer SMS Banking dari BRI ke BRI?

Setiap transaksi tentu akan dikenakan biaya admin, untuk biaya transfer melalui SMS Banking BRI ke sesama BRI akan dikenakan biaya sebesar Rp. 250,00.


Berapa biaya Transfer SMS Banking dari BRI ke Bank Lain?

Melalui SMS Banking kamu juga bisa transfer ke Bank lain. Adapun biaya transfer ke Bank lain adalah Rp. 6.500,00. Misalnya saat transfer ke Bank BNI, Mandiri, BCA, BTN, CIMB Niaga, OCBC NISP, HSBC, atau bank lainnya.