√ 12 Penyebab Kartu ATM BRI Disable dan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi dan Penyebab Kartu ATM BRI Disable

" Niatnya mau transaksi di mesin ATM BRI, tapi tiba - tiba muncul peringatan "Transaksi Gagal Kartu Anda Bersatus Disabled“. Kenapa dengan Kartu ATM saya? Apa saldo rekening aman? "


JejakSemut.com - Kartu ATM merupakan fasilitas yang diberikan untuk mempernudah nasabahnya dalam bertransaksi, namun terkadang kita mengalami hal yang tidak diduga. Misalnya saja Kartu ATM BRI Disable, tanpa ada penyebab yang jelas.


Bila temen - temen mengalami hal tersebut, dimana Kartu ATM bersatus Disable dan secara otomatis tidak bisa digunakan untuk bertransaksi. Terkait permasalahan tersebut, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal itu dan mungkin temen - temen tidak menyadarinya.



Untuk Kartu ATM BRI yang tiba - tiba Disable tentu saja ada faktor pemicunya sob!! Biasanya disebabkan karena Penyalahgunaan Kartu, bisa juga karena ada transaksi tidak wajar. Dan secara otomatis, demi keamanan kartu nasabah, pihak Bank BRI akan menonaktifkan kartu ATM.


Tentu saja temen - temen merasa khawatir dengan saldo rekening bukan? Apa saldo rekening kita aman?


Perlu temen temen ketahui, Kartu ATM Disable memang tidak bisa digunakan untuk semua transaksi baik itu melalui mesin ATM maupun EDC. Tapi nasabah tetap bisa menggunakan layanan BRI mobile, BRImo, SMS Banking atau Internet Banking. Intinya hanya Kartu ATM saja yang dinonaktifkan.


Jadi temen - temen nggak perlu panik, untuk mengaktifkan kembali Kartu ATM BRI Disable cukup mudah Kok!! Bahkan hanya lewat Hp saja dan tanpa ke Bank. Yuks, Simak penjelasan Lengkapnya!!.


Penyebab Kartu ATM BRI Disable

Cara Mengatasi dan Penyebab Kartu ATM BRI Disable


Dalam pikiran temen - temen tentu tidak terlalu mempersoalkan Kartu ATM yang Disable bukan? Justru keamanan rekening yang dipertanyakan, Apakah saldo rekening saya aman? takutnya ada seseorang yang menyalahgunakan kartu tersebut.


Tenang Sob!! Justru dengan status Kartu ATM Disable berarti rekening Anda terlindungi. Lah kok Bisa? Seperti yang telah saya jelaskan diatas hal itu biasanya disebabkan karena Penyalahgunaan Kartu atau karena ada transaksi yang tidak wajar. Jadi secara otomatis sistem keamanan BRI akan menonaktifkan (Disable) Kartu ATM.


Bisa juga Kartu ATM BRI Disable disebabkan oleh hal berikut :

  1. Kesalahan input PIN ATM sebanyak 3 kali berturut-turut
  2. Sistem Bank BRI mencurigai adanya transaksi yang tidak wajar
  3. Terjadi pembobolan rekening dengan perantara kartu ATM oleh orang tidak bertanggung jawab
  4. Penyalahgunaan Kartu ATM seperti pemerasan atau penipuan yang dilaporkan nasabah
  5. Nasabah tidak mengganti PIN kartu ATM dalam waktu yang cukup lama, sehingga sistem Bank BRI memutuskan untuk mendisable Kartu ATM.
  6. Adanya permintaan langsung dari nasabah, misalnya karena kartu ATM hilang atau tertelan.
  7. Adanya indikasi pencurian data nasabah yang ada di kartu ATM (Skimming ATM). Apa itu Skimming ATM? Skimming ATM adalah pencurian data nasabah yang ada pada Kartu ATM.


Apa sih Ciri-Ciri Kartu ATM Disabled?


Mungkin banyak yang belum tahu, seperti apa sih Kartu ATM Disable? Buat. Dimana saat digunakan tiba - tiba muncul pesan error di layar ATM “Transaksi Gagal Kartu Anda Bersatus Disabled“ dan seketika kartu tidak bisa digunakan.


Sebenarnya cara mengatasinya sudah jelas dan tertera pada layar ATM "Enable - kan Kartu Anda via BRI mobile atau Cabang BRI Terdekat". Artinya temen-temen dapat mengaktifkan kembali kartu ATM melalui aplikasi BRI mobile atau dengan mengunjungi Kantor Cabang BRI.


Cara Mengatasi Kartu ATM BRI Disable

Cara Mengatasi dan Penyebab Kartu ATM BRI Disable


Selain beberapa penyebab diatas, mungkin masih ada beberapa penyebab lainnya. Namun beberapa hal diatas yang biasanya menjadi penyebab utama.


Lalu Bagaimana Cara Mengaktifkan kembali (Enable-kan) kartu ATM BRI?


Sesuai petunjuk yang muncul pada layar ATM “Transaksi Gagal Kartu Anda Bersatus Disabled" "Enable - kan Kartu Anda via BRI mobile atau Cabang BRI Terdekat".


Dari pesan diatas sebenarnya sudah jelas, temen-temen bisa mengaktifkan kembali kartu ATM melalui Kantor Cabang terdekat atau lewat BRI mobile.


Untuk point melalui Kantor Cabang terdekat mungkin sudah tidak perlu dijelaskan lagi. Silakan datang ke kantor cabang dengan menbawa persyaratan, seperti :

  • KTP (Identitas diri)
  • Kartu Debit / ATM
  • Buku Rekening Tabungan


Nah buat temen-temen yang tidak ingin repot-repot ke Bank bisa menggunakan alternatif kedua, yakni melalui BRI mobile. Sebenarnya JejakSemut juga pernah membahas Cara Mengaktifkan kembali Kartu ATM BRI berstatus Disable melalui BRI mobile dan Internet Banking.


Berikut langkah-langkah Enable-kan (mengaktifkan kembali) Kartu ATM BRI :

  1. Silakan buka Aplikasi BRI Mobile, selanjutnya Pilih menu " Mobile Banking BRI "
  2. Setelah itu pilih menu " Pelayanan Nasabah "
  3. Kemudian Pilih menu " Enable Kartu ATM "
  4. Lalu masukan PIN dan tekan "SEND" lalu ikuti proses selanjutnya
  5. Setelah selesai, kartu ATM sudah aktif kembali dan bisa langsung digunakan


* Selain membuka blokir (Enable), BRI mobile juga memiliki fitur menonaktifkan kartu ATM BRI (Disable).


Tips aman bertransaksi agar Kartu ATM Tidak Disable


Sebagai pengguna kartu ATM, tentu kita harus lebih hati-hati dalam bertransaksi dan menjaga kerahasiaan data pada kartu ATM. Adapun tips aman dalam menggunakan kartu ATM, diantaranya :

  1. Jaga selalu kerahasiaan PIN ATM, jangan sekali kali memberitahu PIN anda kepada siapapun.
  2. Usahakan mengganti PIN ATM secara berkala, namun point ini menurut saya tidak terlalu berpengaruh, pasalnya pengalaman pribadi tidak mengganti PIN hampir 2 tahun lebih. Tapi demi keamanan, temen-temen bisa menggantinya secara berkala.
  3. Usahakan selalu pantau transaksi pada rekening Anda, melalui mutasi rekening. Buat yang  belum tahu bisa lihat di Cara cek Mutasi Rekening BRI.
  4. Usahakan tidak memberitahu data penting pada Kartu ATM, seperti (PIN, nomor Kartu atau Kode CVV). Buat yang belum tahu kode CVV, bisa baca di Apa itu Kode CVV / CVC pada Kartu Debit / Kredit BRI? Dimana Letaknya?.


Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi Call Center Bank BRI pada dial 14017.


FAQ Tentang Kartu ATM BRI berstatus Disable


Kartu ATM BRI Disable artinya?

Disable artinya Kartu ATM dalam keadaan nonaktif dan tidak bisa digunakan melalui mesin ATM.


Kenapa kartu ATM BRI Disable sendiri?

Kartu ATM Disable bisa disebabkan banyak hal, dan salah satunya adalah karena adanya transaksi yang mencurigakan sehingga sistem Bank BRI secara otomatis menonaktifkan kartu.


Saat kartu Disable, apakah saldo Tabungan / Rekening Aman?

Tidak perlu khawatir, saldo rekening tetap aman kok. Karena Disable otomatis merupakan sistem keamanan untuk menjaga rekening nasabah.


Apakah kartu ATM BRI Disable bisa Tarik Tunai?

Tidak. Disable artinya kartu ATM dinonaktifkan jadi tidak bisa digunakan untuk transaksi tarik tunai lewat mesin ATM. Namun tetap bisa transaksi melalui mobile banking, internet banking atau SMS banking.


Apakah Kartu ATM Yang Disable Bisa Diaktifkan Kembali?

Tentu saja bisa. Kamu bisa mengaktifkan kembali melalui BRI mobile, Internet Banking, BRImo atau datang langsung ke Kantor Cabang terdekat.


Mungkin itu saja informasi yang dapat JejakSemut bagikan, semoga dapat bermanfaat Ya!! Bila ada tambahan, pengalaman pribadi atau pertanyaan silakan tulis pada kolom komentar dibawah.